Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rahmadajiAvatar border
TS
rahmadaji
Mahakarya FKY 29, Jogjakarta Video Mapping Project
Ada yang sudah lihat video dibawah ini belum. Kalau belum silahkan di lihat dulu.

[VIDEOCARD]


Festival Kesenian Yogja (FKY) kembali di gelar. Seperti FKY sebelumnya, FKY29 kali ini juga menyuguhkan serangkaian agenda besar. Rentetan agenda tersebut dimulai dari tanggal 27 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

Pada 27 lalu, kegiatan FKY29 kali ini dibuka dengan Pawai sekaligus pembukaan yang berlangsung di Jalan Malioboro hingga titik nol kilometer. Dalam pembukaan tersebut diisi pula dengan serangkaian penampilan diantaranya pertunjukan Gamelan Sekar Wangi, Tari Pink Kavaleridan Jogja Hip Hop Foundation. Selain itu, pada acara pembukaan FKY29 ini hadir pula bintang tamu Total perkusi feat Dominique Naura.

Festival rutin yang digelar tahunan kali ini mengangkat tema Umbar. Secara definitif, umbar yang berasal dari bahasa Jawa memiliki dua makna yang serupa dengan waktu luang. Pertama, umbar diartikan sebagai aktivitas beristirahat, bermain-main hingga inkubasi. Sedangkan pengertian kedua, umbar berarti wujud mengeskpresikan sesuatu (mengumbar) secara total ide, gagasan serta kreativitas.

Hal tersebut dimanifestasikan dari berbagai agenda yang direncanakan serta kegiatan yang disuguhkan dalam FKY ke-29 ini. Seperti kegiatan Jogjakarta Video Mapping Project yang baru saja berlangsung malam tadi, Jumat (28/7). Jogjakarta Video Mapping Project merupakan bagian dari agenda FKY yang menampilkan pertunjukan proyeksi video mapp dari berbagai insan kreatif.

Kegiatan yang menampilkan berbagai kreasi video mapp tersebut digelar secara langsung di panggung Krapyak. Proyeksi yang dimulai dari pukul 19.30 hingga selesai tersebut merupakan kolaborasi dari Fanikini, Modar, Rubah Hitam, Agung Moyo Balance, Kevin Rajabuan bersama Sarinade juga Lapaskendali Labs bersama-sama dengan Wirosatan serta Heruwa. Alhasil pertunjukan proyeksi yang disuguhkan cukup mencengangkan mata.

Festival Kesenian Jogja ke XXIX dengan mengangkat tema Umbar kali ini diharapkan mampu menjadi ruang bermain untuk mengekspresikan gagasan bagi semua pihak yang berkonstribusi di dalamnya baik itu seniman, budayawan, desiner, pembuat acara maupun pasar seni.

Tentunya konsep permainan yang disuguhkan bukan asal permainan biasa, melainkan permainan atau stand yang mampu menciptakan engagement dan kreativitas pada audies saat berinteraksi. Di sisi lain, FKY ke 29 ini diharapkan mampu menjadi ruang bagi masyarakat unyuk melepas lelah, penat sehingga merangsang masyarakat memperoleh kesegaran jiwa raga dan kreativitas baru saat menghadiri kegiatan yang disuguhkan oleh FKY ke-29 kali ini.(NA/IB)

Sumber : Jogjakarta Video Mapping Project
0
1.4K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.