Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

undeclima11Avatar border
TS
undeclima11
Sepak Bola Antara Rivalitas Dan Solidaritas
HT ke 4


Sepak bola olahraga nomor satu yang digemari.sepak bola tidak hanya digunakan sebagai olahraga saja tetapi juga sebagai permusuhan atau rivalitas di daerah musuh bebuyutan,faktor permusuhan terjadi karena ras,sejarah,suku dll sepak bola tak jarang menunjukkan sisi humanis di balik persaingan ketat antarklub seteru.contoh solidaritas istimewa insan sepak bola yang dilakukan dengan mengesampingkan rivalitas. Beginilah sepak bola, menyatukan kita semua:
1.Athletic Bilbao Vs Real Sociedad (1976)

Rivalitas untuk menentukan siapa yang terbaik di wilayah Basque sempat dialami Real Sociedad dan Athletic Bilbao. Perseteruan akhirnya sejenak berubah beberapa saat setelah kematian diktator Spanyol, Jenderal Franco. Solidaritas sendiri berawal dari sebuah hal yang cukup simpel, yakni bendera.
Setelah sekian tahun dilarang untuk diekspos ke publik, bendera Basque akhirnya dibentangkan jelang derbi antara Sociedad kontra Bilbao pada 1976 silam. Alhasil, peristiwa monumental ini juga disebut-sebut sebagai penanda relegalisasi pengibaran bendera Basque setelah dicekal bertahun-tahun di bawah era kepemimpinan Jenderal Franco. Beberapa waktu lalu, solidaritas ditunjukkan Sociedad lewat dukungan untuk pemain Bilbao yang tengah berjuang melawan kanker, Yeray Alvarez.

2.Lazio Vs AS Roma (2007)

November 2007 jadi momen memilukan bagi suporter klub Serie A Italia. Di sela-sela kerusuhan pendukung sepak bola di kota Roma, seorang suporter Lazio yang tengah duduk di mobilnya, Gabriele Sandri, tewas setelah tembakan yang dilepaskan seorang polisi mengenai lehernya. Kabar meninggalnya Sandri didengar ultras seantero Italia, tak terkecuali rival sekota Lazio, AS Roma.
Pendukung I Giallorossi melakukan aksi spesial dengan bersatu bersama suporter Lazio untuk menghadiri pemakaman mendiang Sandri. Solidaritas dilanjutkan jelang laga derby della Capitale dipentaskan. Ketika itu pentolan ultras dari kedua kubu saling berangkulan bersama kapten masing-masing tim, Francesco Totti dan Tommaso Rocchi, di depan tribun suporter Lazio yang mengusung spanduk besar bergambar wajah Sandri.

3.Al Ahli Vs Zamalek (2012)

Jalanan kota Kairo, Mesir, sekejap berubah jadi arena berkumpulnya suporter sepak bola. Kali ini bukan ajang kumpul sembarangan. Kelompok suporter dari dua klub musuh bebuyutan, Al-Ahly SC dan Zamalek SC, memilih bersatu guna memprotes militer negara tersebut. Protes terjadi setelah peristiwa yang disebut-sebut paling berdarah dalam sejarah olahraga Mesir di mana 74 suporter tewas pada kerusuhan pada laga Al-Masry kontra Al-Ahly di Port Said.
Dua kelompok besar suporter, Ultras White Knights dan Ultras Ahlawy, melupakan sejenak perseteruan dan menggalang solidaritas guna pengusutan kasus kerusuhan berdarah tersebut. Banyak yang menyebut peristiwa itu didalangi pemerintah karena aparat keamanan terkesan membiarkan suporter membawa benda tajam ke dalam tribun hingga terjadi invasi ke lapangan dan mengakibatkan banyak korban jiwa.

4.Liverpool Vs Manchester United (2012)

Dua klub dengan sejarah rivalitas terpanas di Inggris hingga saat ini, Liverpool dan Manchester United, sempat membuat kagum publik sepak bola dunia pada pertemuan di liga, September 2012 silam. Solidaritas hebat ditunjukkan Red Devils dengan turut menunjukkan angka 96 pada bagian belakang jaket yang dipakai sebelum pertandingan di Anfield.
Alhasil tercipta pemandangan menakjubkan kala 22 pemain baik tim tuan rumah maupun United berbaris dan menunjukkan angka 96 di jaket, guna mengenang 96 suporter Liverpool yang meninggal dunia pada Tragedi Hillsborough, 15 April 1989 silam. Gesture sang rival mendapat apresiasi tinggi, apalagi setelah jaket tersebut diperuntukkan jadi barang lelang dan hasil penjualan diberikan kepada Hillsborough Family Support Group (HFSG).

5.Persija Jakarta Vs Persib Bandung (2012)

Rivalitas sengit antara dua kelompok suporter, The Jakmania dan Viking Persib Club (VPC), masih kerap terlihat. Namun, bukan berarti tak ada upaya perdamaian. Satu yang paling ikonik adalah spanduk besar bertuliskan “The Jak Mania – Viking, Bersatulah” yang diusung pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Indonesia Super League (ISL) musim 2011/2012.
Belakangan, upaya perdamaian terus digelorakan Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, yang setidaknya dua kali berkunjung ke Bandung dan berbincang akrab dengan Ketua VPC, Herru Joko. Bahkan ada satu momen luar biasa kala Herru membonceng Ferry dengan sepeda motor. Hingga saat ini lewat pernyataan yang dilansir beberapa media dan kelompok suporter keduanya, mereka memang terus saling menyambut baik rencana perdamaian

6.Liverpool Vs Everton (2012)

Kartu merah bukanlah sesuatu yang asing pada laga derby Merseyside antara Liverpool kontra Everton. Tapi jika berbicara tentang kemanusiaan, keduanya patut diacungi jempol. Bahkan The Toffees pernah melakukan sebuah aksi yang menyentuh dalam tribut untuk korban tragedi Hillsborough. Jelang laga kontra Newcastle United di Goodison Park, dua anak kecil memimpin barisan.
Seorang anak perempuan mengenakan kostum biru Everton bernomor punggung 9 sementara tangannya menggandeng bocah laki-laki berseragam Liverpool dengan angka 6 di bagian belakang. Jika diurutkan, terlihat angka 96, jumlah korban pada tragedi memilukan tersebut. Solidaritas Everton berlanjut dengan lagu pengiring berjudul He ain’t heavy, He’s my brother.

7.Barcelona Vs Real Madrid (2016)

Rivalitas yang didasarkan banyak aspek mulai dari geografis hingga status politik, membuat laga Barcelona kontra Real Madrid selalu berlangsung panas dan keras. Akan tetapi, kedua manajemen tim sepakat untuk sedikit meredakan ketegangan, tepatnya Maret tahun lalu setelah kabar meninggalnya legenda Blaugrana, Johan Cruyff.
Dipimpin langsung Presiden klub, Florentino Perez, delegasi Madrid ditemani Josep Bartomeu selaku Presiden Barcelona, mengunjungi memorial untuk Cruyff di salah satu sudut Stadion Camp Nou. Pada kesempatan itu Perez menyebut Cruyff tak hanya berjasa bagi Barcelona, tapi juga sepak bola dunia. Penghormatan juga diberikan suporter Los Blancos saat pendukung Barcelona membuat mosaik untuk sang maestro asal Belanda tersebut pada laga El Clasico beberapa waktu lalu.

8.Besiktas, Galatasaray, Trabzonspor, dan Fenerbanche (2016)

sepak bola Turki identik dengan militansi suporter yang tak jarang berakibat rivalitas sengit. Notabene, ibu kota negara, Istanbul, menjadi rumah bagi klub besar semisal Besiktas, Galatasaray, dan Fenerbahce yang sayangnya, punya tensi panas setiap masing-masing bersua, plus satu wakil kota Trabzon, Trabzonspor. Namun, rivalitas sama sekali tak terlihat pada Piala Liga Turki antara Besiktas kontra Kayserispor di Vodafone Arena, akhir 2016 lalu.
Ribuan penonton dari kelompok suporter berbeda, utamanya Besiktas, Galatasaray, Fenerbahce, dan Trabzonspor, membaur dan saling menunjukkan solidaritas atas peristiwa teror yang terjadi beberapa waktu sebelumnya. Aksi ini merupakan bentuk dukungan atas tragedi bom yang menewaskan 44 orang di luar Vodafone Arena beberapa saat setelah laga Besiktas melawan Bursaspor dilangsungkan.

Untuk suporter Indonesia ingat rivalitas hanya 2X45 menit selebihnya kita bersaudara, Karena lagu kita masih sama yaitu Indonesia Raya emoticon-I Love Indonesia

Sekian dan terima kasih udah baca thread ane
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh undeclima11 30-07-2017 23:24
0
13.7K
81
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.