Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
544
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/597aab82c2cb171b1a8b456b/mie-instan-tidak-sebahaya-yang-kamu-pikirkan-loh
Mendengar kata mie instan, pasti yang terlintas di pikiran kamu pasti murah meriah, enak, ga sehat. Faktanya, di awal Kemunculannya, mie instan itu makanan mewah loh. Mie instan
Lapor Hansip
28-07-2017 10:12

Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!

Past Hot Thread
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh! Mendengar kata mie instan, pasti yang terlintas di pikiran kamu pasti murah meriah, enak, ga sehat. Faktanya, di awal Kemunculannya, mie instan itu makanan mewah loh. Mie instan lahir di Jepang dari tangan Momofuku Ando, pendiri perusahaan ramen instan Nissin. Pada tahun 1958, ramen instan pertama pun hadir dengan rasa ayam yang khas. Ramen instan ini diharapkan dapat menjadi panganan yang praktis dan dapat dimakan di mana serta kapan saja. Namun saat itu yang umum ditemui di pasar swalayan adalah mie atau udon yang fresh. Mie instan pun dianggap barang yang wah karena baru dan masih belum mudah ditemui. Hasilnya, harga ramen instan pun melambung hingga 6 kali lipat dari harga udon yang fresh. Mahal juga, ya?

Untungnya, saat ini harga mie instan sudah sangat bersahabat. Jadi, kita-kita yang anak kost bisa tetap menjadikannya pilihan terbaik di akhir bulan.

1. Mie Instan Mengandung Zat Lilin.

Kalau kamu sering mendengar bahwa mie instan mengandung zat lilin, itu hanyalah mitos. Mie instan bisa saling tidak melekat satu sama lain bukanlah karena penggunaan zat lilin, melainkan karena adanya kandungan minyak di dalam mie instan. Pada pembuatannya, mie instan melalui proses deep frying yang bertujuan untuk mengurangi kadar air dan membuat mie instan tetap awet. Dari proses inilah, minyak terserap ke dalam adonan mie instan dan akhirnya dikeluarkan pada saat pemasakan. Jadi, sudah terbukti bahwa mie instan tidak lengket karena minyak bukan disebabkan penggunaan zat lilin oleh produsen.

2. Mie Instan Mengandung Pengawet Dalam Kadar Tinggi.

Tidak dipungkiri, makanan dalam kemasan yang dijual di pasar swalayan pasti menggunakan pengawet supaya umurnya bisa tahan lama. Di Indonesia, telah ditetapkan penggunaan bahan pengawet secara aman hanya 250mg saja per kilogramnya. Untuk mie instan sendiri, penggunaan bahan pengawet pada kecapnya saja hanya berjumlah 1 mg saja. Kadar yang sangat kecil, ‘kan?

Lalu, sebenarnya pada mie mie-nya sendiri kenapa bisa sangat awet bukan karena pengawet kimia, namun metode khusus yang diaplikasikan selama pembuatannya. Mie instan digoreng dengan teknik deep frying. Proses penggorengan ini dilakukan pada suhu yang tinggi, yaitu 140 – 160 derajat Celcius. Pada suhu ini, dapat dipastikan tidak ada mikroba yang dapat bertahan hidup karena kadar air pada mie telah turun hingga 3% saja. Kalau tidak ada mikroba, makanan pun tidak akan busuk. Itu lho, sebenarnya, rahasia kenapa mie dalam kemasan mie instan bisa sangat awet.

3. Air Rebusan Mie Instan Tidaklah Berbahaya, Namun Justru Mengandung Zat Gizi.

Banyak kabar berseliweran yang menyatakan kalau mie instan harus direbus sebanyak 2 kali supaya tidak ada lagi zat kimia di dalamnya. Selain itu, air rebusan mie instan yang pertama juga katanya tidak boleh dijadikan kuah karena di situlah banyak terkandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Menurut Prof. Dr. F.G. Winarno, kabar mengenai bahayanya air rebusan mie instan yang pertama adalah salah. Justru, di dalam air rebusan pertama itulah terdapat kandungan zat besi, zinc, vitamin, dan beta karoten tinggi yang dibutuhkan oleh tubuhmu.
Pada proses pembuatannya, mie instan telah mengalami proses fortifikasi atau penambahan zat-zat gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Zat-zat gizi dan vitamin ini akan larut dan berpindah dari mie instan ke air pada saat perebusan. Maka dari itu, air rebusan mie instanlah yang justru memiliki kandungan gizi bagi tubuhmu. Kalau airnya dibuang dan diganti dengan yang baru, zat-zat gizi dan vitamin yang terkandung pun ikut terbuang dan hilang. Mie instanmu pun jadi makanan yang tidak lagi memiliki nilai gizi yang cukup.

4. Memasak Mie Instan Dengan Bumbunya Tidak Menyebabkan Kanker.

Ada info yang menyatakan bahwa kamu tidak boleh merebus mie instan bersamaan dengan bumbunya. Katanya, saat berada pada suhu 120 derajat Celcius nanti, kandungan kimia pada bumbu mie dapat berubah menjadi senyawa karsinogen dan berpotensi memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuhmu. Namun faktanya, sampai saat ini belum pernah ditemukan adanya senyawa karsinogen pada mie instan. Di sisi lain, pemasakan mie instan tidaklah sampai pada suhu 120 derajat Celcius. Mie instan sebelumnya telah melalui proses penggorengan sehingga yang dijual dalam kemasan sudahlah setengah matang. Untuk menyantapnya, kamu hanya perlu memanaskan mie instan pada suhu air mendidih, yaitu sekitar 90 – 100 derajat Celcius, dan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Salah satu alasan mengapa mie instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya adalah karena dapat mengurangi cita rasa yang telah dibentuk oleh produsen. Mie instan dianjurkan untuk memiliki kuah sebanyak 400 cc, tapi seringnya kita memasak air rebusan tidak menggunakan takaran sehingga bisa saja berlebihan. Nah, kalau bumbunya sudah telanjur tercampur, bisa jadi bumbunya tidak akan terasa sama sekali. Mie instan jadi hambar dan tidak enak, deh.


5. Mie Instan Tidak Cukup Untuk Menutupi Seluruh (Kebutuhan Gizi) Tubuhmu.

Mie instan memang bukan makanan yang sempurna. Kandungan gizinya memang ada, namun jumlahnya tidak seberapa dan terbilang sedikit dibandingkan panganan lain. Untuk itu, mie instan tidak bisa dimakan sendirian. Oleh karena itu mie instan yang disajikan lengkap dengan telur, daging ayam, dan sayuran pada kemasan bukanlah hanya sekadar pemanis saja melainkan saran penyajian yang dianjurkan oleh produsen dan para ahli gizi untuk membuat mie instan menjadi panganan yang lebih lengkap. Jadi, jika ingin menyantap semangkuk mie instan, tambahkanlah bahan makanan lain sebagai pelengkap. Kamu bisa mencampurnya dengan telur rebus, sawi, wortel, atau daging. Selain lebih sehat, rasanya juga pasti tambah nikmat.

SUMBER: KUMPULANFAKTA
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 28
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:08
T: Mie intant katanya bikin orang goblok.
J: Kalau udah goblok mah goblok aja. Ga perlu nyalahin mie instant.


T: Makan mie instant mulu cepet mati.
J: Makan aja pagi siang malam pake duren.


T: Makan mie bikin lambung rusak
J: Lambung lu emang udah bocor.


T: Makan mie instant bikin gemuk
J: Udah tau karbo masih tambahin sop jagung, perkedel, bala bala + nasi. Makanan penutup makan singkong lagi.



emoticon-Ngakak
Diubah oleh aquatrium
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:09
yang penting jangan berlebihan makan mie instan
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:11
dan ane baca trit ini sambil makan mie instan emoticon-Ngakakemoticon-2 Jempol
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:12
udah lah ya
makanan enak begini jangan dianggurin
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:13
Ane demen nihh tritnya.. emoticon-Cool
Diubah oleh blackkhat
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:13
Bingung dah mana yang bener antara bahaya sama kagak, yang penting kenyang dah emoticon-Traveller
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:14
yang penting enyak
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:14
mie instan indeks glikemiknya tinggi, bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, karena mie instan merupakan sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih.

jadi kalau mau makan mie instan jangan dicampur dgn nasi putih. karena sama2 karbohidrat. campurkan dengan sayur dgn porsi yang banyak.

mie instan kalorinya tinggi, sebungkus bisa 300-400 kalori, kalau yg jumbo atau isi 2 bisa 2xlipat juga kalorinya. tidak disarankan untuk dikonsumsi seperti saran penyajiannya seperti dicampurkan telur, ayam, dan daging. karena akan membuat kalorinya sangat tinggi dlm satu porsi. akibatnya ya bisa jadi obesitas. resiko penyakit semakin tinggi apabila tubuh mengalami obesitas.

bumbu2 mie instan mengandung pengawet dan penyedap, serta kadar garam yang tinggi. dampaknya bisa membuat penumpukan toxin di usus. dan dokter menyatakan ada 100 jenis penyakit yg disebabkan oleh usus yang kotor. kadar garam yg tinggi jg meningkatkan resiko penyakit jantung, darah tinggi, dan pengentalan darah.

bijaklah dalam memilih makanan.
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:15
bagus lah
lanjut lagi indomai goreng
enakk
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:16
ya udah lu makan aja tiap hari 3xsehari, ga usah lu bikn TRIT SAMPAH kek gini
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:17
mie instan , telor, keju, susu , bon cabe.. sluurpp
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:18
adek suka mie goyeng nih om
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:18
ane doyan banget mie instan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:18
mie rebus + telur + sawi + saus + es teh manis + rokok dan bubu .. huahahahaha
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:18
cerewet emang... klo ga mau makan ya sudah..... emoticon-Ngacir

0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:19
akhirnya mitos-mitos tentang mie instan terpecahkan
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:19
Seminggu seenggaknya 3x pasti makan mie instan ane

Point 3 berarti mi goreng yg emang cara penyajianya kering, lebih sedikit vitaminnya dibading mi kuah yak
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:19
kurang baiknya karena bumbu nya banyak mengandung garam...
0 0
0
Mie Instan Tidak Sebahaya yang Kamu Pikirkan Loh!
30-07-2017 14:21
bingung jadinya. disana ngmong A dsini ngomong B, tapi bodo ah anak kos lambung nya cyborg emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 3 dari 28
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia