Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
KRL ke Cikarang bakal beroperasi September mendatang
KRL ke Cikarang bakal beroperasi September mendatang

Kementerian Perhubungan menargetkan beroperasinya kereta rel listrik sampai ke Cikarang pada September mendatang. Hari ini, sejumlah sarana dan prasarana diuji coba dengan menggunakan satu rangkaian kereta commuter line.

"Ditargetkan September diresmikan, karena sejumlah stasiun baru belum selesai 100 persen," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jendral Perkeretaapian, Kementrian Perhubungan, Zulfikri di Stasiun Bekasi, Jumat (28/7).

KRL ke Cikarang bakal beroperasi September mendatang

Menurut dia, stasiun baru tersebut antara lain; Stasiun Bekasi Timur, Cibitung, dan Cikarang. Adapun Stasiun Tambun masih menggunakan infrastuktur lama karena renovasi terbentur dengan bangunan bersejarah.

"Kalau di Tambun menyesuaikan saja infrastuktur yang dibutuhkan," kata dia.

KRL ke Cikarang bakal beroperasi September mendatang

Dia mengatakan, infrastuktur stasiun baru kini baru rampung sekitar 90 persen. Karena itu, butuh waktu sekitar sebulan lagi untuk menyelesaikan. Sebab saat ini sudah masuk tahap finishing.

"Tapi, paling penting adalah asas keselamatan penumpang, makanya diuji coba dulu, kalau sudah benar-benar safety diresmikan, karena penumpang menjadi tanggungjawab kami," ujarnya.

https://www.merdeka.com/peristiwa/kr...mendatang.html

KCJ Uji Coba KRL Jakarta-Cikarang
PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ) melakukan uji coba pertama kali Kereta Rel Listrik (KRL) rute Jakarta-Cikarang pada Jumat (28/7). Uji coba ini meliputi uji coba sistem persinyalan dan rel.

KRL ke Cikarang bakal beroperasi September mendatang

Menurut VP Komunikasi KCJ Eva Chairunisa, persinyalan salah satu unsur utama dalam pengoperasian KRL untuk menghindari terjadi kecelakaan kereta dan memastikan perjalanan kereta sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Ini pertama kalinya KRL dijalankan ke Cikarang, ini kita akan mengecek kondisi listrik aliran atas yang akan dilalui kereta sepanjang Jakarta-Cikarang," ujar Eva, Jumat (28/7).

Berdasarakan pengalaman CNNIndonesia.com yang mengikuti uji coba tersebut, perjalanan KRL dari stasiun Manggarai menuju Cikarang memakan waktu sekitar 1 jam. Namun dalam keadaan normal nantinya, perjalanan Jakarta-Cikarang akan memakan waktu hingga 1 jam 20 menit.

Sepanjang jalur rel rute Bekasi-Cikarang pun telah dibangun prasarana yang nantinya akan digunakan oleh KRL. Adapun stasiun yang akan digunakan adalah Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung dan berakhir di Stasiun Cikarang.

Pembangunan satu jembatan tambahan di atas Kali Bekasi telah rampung meski belum terpasang rel. Begitu juga dengan dua rel Bekasi-Cikarang yamg belum dibangun. Meski begitu, Stasiun Bekasi Timur di Kota Bekasi sudah dibangun dan nyaris rampung.

Manajer Operasional KCJ Agus Barkah mengatakan, dalam perpanjangan rute ini, KCJ akan mengoperasikan sebanyak sembilan kereta dalam satu rangkaian dengan kapasitas 230 orang per kereta. Dengan kuantitas perjalanan mencapai 32 kali perjalanan pulang pergi.

Kendati memperpanjang jalur hingga Cikarang, KCJ menjamin tidak akan menggangu perjalanan di stasiun Bekasi

"Tapi kita tidak akan mengganggu perjalanan Bekasi. Tapi yerlu diantisipasi adalah penumpang Bekasi yang biasanya dapat tempat duduk jadi harus sedikit berjuang karena perjalanan pertama KRL akan dimulai dari Cikarang," ujarnya.

Humas Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Joice mengatakan, saat ini pembangunan stasiun di kawasan Cikarang itu masih dalam proses. Joice menargetkan, pembangunan sejumlah stasiun dari Bekasi hingga Cikarang akan selesai pada akhir 2017. Dengan demikian, KRL Jakarta-Cikarang dapat dioperasikan pada awal 2018

Joice melanjutkan, pembangunan stasiun-stasiun ke Cikarang merupakan modernisasi stasiun yang dilakukan Ditjen Perkeretaapian. Pasalnya, jauh sebelum wacana ini tercetus, stasiun-stasiun itu telah lebih dulu ada dan beberapa di antaranya telah dilakukan perbaikan. Nantinya di stasiun itu akan dibangun delapan lajur.

Berdasarkan pantaun CNNIndonesia.com di Stasiun Cikarang, kondisi pembangunan tidak jauh berbeda dengan Stasiun Maja dan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pergerakan manusia difokuskan di flyover orang yang dilengkapi dengan tangga berjalanan atau eskalator untuk mengantarkan penumpang ke tiap lajurnya.

Selain di Stasiun Cikarang dan Bekasi, Ditjen Perkeretaapian juga sudah melakukan renovasi di beberapa titik stasiun, yakni Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, dan Stasiun Buaran

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...arta-cikarang/

MANTAB, 30 TAHUN NUNGGU KRL MASUK KE CIKARANG AKHIRNYA TERLAKSANA JUGA, JADI MUDAH DAN MURAH emoticon-cystg
Diubah oleh nevertalk 28-07-2017 17:10
0
5K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.