• Beranda
  • ...
  • Spiritual
  • [Merged] Semua tentang Buddhis ( Theravada, Mahayana and Vajrayana )

sauchi88
TS
sauchi88
[Merged] Semua tentang Buddhis ( Theravada, Mahayana and Vajrayana )
Namasthe^^

Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sam Buddhassa ( 3x )

Terpujilah Sang Bhagava, Sang Arahanta yang telah sadar dan maha Sempurna..


mohon ijin dari sesepuh semuanya, momod, mimid dan senior2 semuanya untuk buka threat nie sebagai tempat sharing dan berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang Ajaran Sang Buddha..^^

No SARA please..just Forum for sharing^^



Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya Sang Buddha Siddharta Gautama. Dan merupakansalah satu agama tertua yang masih dianut di dunia saat ini..



( Statue Mahamuni Buddha,Maha Myat Muni Paya, Paya Rakhine, Payagyi yang merupakan salah satu Patung Buddha yang paling suci di Myanmar,dan diyakini memiliki kemiripan yang Sama dengan Rupa Sang Bhagava, dilapisi dengan logam mulia dan sangat dihormati di Myanmar )

Dalam proses perkembangannya ini, agama ini praktis telah menyentuh hampir seluruh benua Asia. Dalam Perjalanannya selama 2500 tahun Agama Buddha terbagi menjadi beberapa Mazab yang Utama di antaranya adalah aliran Tradisi Theravada , Mahayana, dan Vajrayana ( Tantrayana ).

Buddha Siddharta Gautama dilahirkan dari suku Sakya pada awal masa Magadha (546–324 SM), di sebuah kota, selatan pegunungan Himalaya yang bernama Lumbini. Sekarang kota ini terletak di Nepal sebelah selatan. Ia juga dikenal dengan nama Sakyamuni (harafiah: orang bijak dari kaum Sakya").

Setelah kehidupan awalnya yang penuh kemewahan di bawah perlindungan ayahnya, raja Kapilavastu (kemudian hari digabungkan pada kerajaan Magadha), Siddharta melihat kenyataan kehidupan sehari-hari dan menarik kesimpulan bahwa kehidupan nyata, pada hakekatnya adalah kesengsaraan yang tak dapat dihindari. Siddharta kemudian meninggalkan kehidupan mewahnya yang tak ada artinya lalu menjadi seorang pertapa yang keras. Kemudian Beliau sadar dan berpendapat bahwa bertapa terlalu keras juga tak ada artinya, dan lalu mencari jalan tengah (majhima patipada ). Jalan tengah ini merupakan sebuah kompromis antara kehidupan berfoya-foya yang terlalu memuaskan hawa nafsu dan kehidupan bertapa yang terlalu menyiksa diri.

Di bawah sebuah pohon Bodhi yang Agung,Beliau berkaul tidak akan pernah meninggalkan posisinya sampai ia menemukan Kebenaran. Pada usia 35 tahun, Beliau mencapai Pencerahan. Pada saat itu Beliau dikenal sebagai Gautama Buddha, atau hanya "Buddha" saja, sebuah kata Sansekerta yang berarti "ia yang sadar" (dari kata budh+ta).

Untuk 45 tahun selanjutnya, Beliau menelusuri dataran Gangga di tengah India (daerah mengalirnya sungai Gangga dan anak-anak sungainya), sembari menyebarkan Dhamma yang Luarr Biasa Kepada Dunia...


Semoga threat nie dapat menjadi Tempat berbagi dan wadah untuk berkumpul dan sharing hal-hal yang positif.....^^

semoga dapat bermanfaat...

Saddhu-sadhu-sadhu...!!!


emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
Skyhowlernona212honeybee88
honeybee88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
227.9K
5K
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Spiritual
Spiritual
Spiritual
icon
6.2KThread2.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.