Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xutux06Avatar border
TS
xutux06
Raih Perpanjangan Kontrak di Papua, Saham Freeport-McMoran Melonjak
Raih Perpanjangan Kontrak di Papua, Saham Freeport-McMoran Melonjak
PT Freeport Indonesia (Foto: Antara/M. Agung Rajasa)


Saham induk usaha PT Freeport Indonesia (PTFI), Freeport-McMoRan Inc melonjak ke level tertinggi sepanjang 16 bulan terakhir pada Selasa (25/7). Kenaikan saham ini karena pertumbuhan harga tembaga dan menyusul adanya sinyal positif dari pemerintah Indonesia terkait izin operasi Freeport di Indonesia.

Pada perdagangan Selasa, saham Freeport-McMoRan yang diperdagangkan di New York Stock Exchange dengan kode FCX ditutup menguat 14,74 persen menjadi 14,87 dolar AS per saham.

Adapun pelaku pasar mengesampingkan laporan keuangan Freeport semester I-2017 dan proyeksi pendapatan perseroan sepanjang 2017 yang lebih rendah dari ekspektasi. Kenaikan harga saham lebih fokus pada harga tembaga yang menyentuh level tertinggi selama dua tahun terakhir, dan pernyataan CEO Freeport Richard Adkerson yang optimistis bisa mencapai kesepakatan pada Oktober mendatang terkait Tambang Grasberg di Papua, Indonesia.

"Kinerja harga saham Freeport didorong oleh harga tembaga, kemajuan negosiasi dengan pemerintah RI dan berdasarkan fakta bahwa saham tersebut tidak terlalu banyak dimiliki," kata analis pertambangan Jefferies Christopher LaFemina, dilansir dari Reuters, Rabu (26/7).

Kenaikan harga tembaga didorong oleh pasokan yang ketat, yang mencerminkan gangguan pasokan dari Kanada ke Cile, didorong tanda-tanda permintaan kuat dari konsumen papan atas yakni China dan dolar yang melemah.

Baca Juga :




Sebelumnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan telah mencapai kesepakatan dengan PT Freeport Indonesia terkait kelanjutan operasinya di Indonesia.

Ketua Tim Perundingan Pemerintah sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji, mengatakan ada dua kesepakatan yang telah diraih, yaitu pembangunan smelter yang harus selesai sebelum Januari 2022, dan perpanjangan kontrak Freeport dari 2021 menjadi 2031.

Freeport sebelumnya menyebutkan, tanpa mendapatkan stabilitas investasi jangka panjang, perusahaan akan mengurangi investasi sampai 700 juta dolar pada 2017 dan 750 juta dolar AS pada 2018, dalam proyek pengembangan tambang bawah tanah di Grasberg.

Sementara itu, dalam laporan keuangan semester I tahun ini, Freeport-McMoran mencatatkan laba bersih sebesar 496 juta dolar AS, melonjak dari periode sama tahun lalu yang mencatatkan rugi 4,66 miliar dolar AS. Pendapatannya tercatat 7,05 miliar dolar AS atau tumbuh dari 6,57 miliar dolar AS.

Namun Freeport kembali memangkas perkiraan penjualan 2017 menjadi 3,7 miliar pon tembaga, dari sebelumnya 3,9 miliar pon, dan 1,6 juta ons emas, dari 1,9 juta ons.

Sumber: https://kumparan.com/edy-sofyan/raih...moran-melonjak
0
3.5K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.