Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faktamenarikAvatar border
TS
faktamenarik
Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan
Dua Presiden Indonesia yang terlupakan. Indonesia sudah beberapa kali berganti sistem pemerintahan. UUD 1945 telah berlaku di empat periode kepemerintahan, masa Kemerdekaan (1945-1959), era Demokrasi Terpimpin (1959-1966), masa Orde Baru (1966-1998) dan era Reformasi (1998-Sekarang).
Spoiler for :

Namun, bukan hanya pergantian sistem pemerintahan ternyata yang terjadi di Indonesia. Para pemimpin yang biasa dikenal dengan sebutan presiden pun telah beberapa kali berganti di Indonesia. Seberapa hafalkah kamu jika ditanya siapa saja presiden di Indonesia? Mungkin yang bisa kamu sebutkan presiden di Indonesia hanya Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo (yang menjabat hingga saat ini). Sebenarnya ada dua nama Presiden yang tidak banyak diketahui orang loh.

Dua orang presiden tersebut ialah Syafrudin Prawiranegara dan Mr. Asaat. Dua orang ini pernah menjabat sementara di era Soekarno.

1. Syafrudin Prawiranegara
Syafrudin Prawiranegara lahir di Banten, 28 Februari 1911. Beliau menjabat Presiden/ketua PDRI (Pemerintahan DaruratRepublik Indonesia) ketika Soekarno dan M. Hatta ditawan Belanda dan ketika ibukota Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda. Agar pemerintahan tetap eksis dan berjalan, akhirnya dibentuklah PDRI dengan Syafrudin Prawiranegara sebagai penjabat presiden.Syafrudin menjabat Presiden Indonesia Darurat sejak 19 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949.
Spoiler for Syafrudin Prawiranegara:

2. Mr. Assaat
Lahir di dusun pincuran landai kanagarian Kubang Putih Banuhampu pada 18 September 1904, beliau merupakan tokoh pejuang Indonesia, pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Mr. Assaat menjadi pemangku jabatan sementara presiden RI sejak 27 Desember 1949 hingga 15 Agustus 1950 melakukan tindakan makar.
Spoiler for Mr. Assaat:


SUMBER: KUMPULANFAKTA
0
3.1K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.