destop92Avatar border
TS
destop92
Cara Mudah Tangkal ‘Ketindihan’ Makhluk Gaib


Acung jari jika agan pernah mengalami fenomena ‘ketindihan’ makhluk gaib. Tidak bisa dianulir memang kalau fenomena ini menjadi salah satu pengalaman paling mengerikan saat tertidur.

Biasanya, keadaan itu membuat kita sulit bergerak, tidak bisa berteriak, bicara, hingga meminta bantuan.

Secara ilmiah, gangguan tidur itu disebut sleep paralysis. Gangguan tidur itu terjadi akibat gangguan pada bagian otak yang membawa ‘peta diri’.

Gangguan tersebut biasanya datang saat masa rapid eye movement (REM) atau yang biasa dikenal dengan masa bermimpi. Dalam kondisi itu, tidak ada makhluk gaib yang terlibat.

Munculnya sosok gaib yang terlintas hanyalah bentuk halusinasi yang disebabkan oleh gangguan otak sesaat ketika masa REM berlangsung. Lalu bagaimana mana mengatasinya? Seperti yang dilansir healthmeup.com, berikut hal yang harus kamu lakukan saat mengalami fenomena ‘ketindihan’ makhluk gaib.

Jangan menolak


Dalam kasus gangguan tidur seperti ini, kita selalu mengalami sebuah pertempuran untuk berusaha bangun atau bergerak. Padahal, upaya itu justru memberi pengalaman buruk. Hal yang harus kamu lakukan, cobalah untuk rileks. Ketika merasakan tekanan, ikuti arus ke mana kamu akan dibawa dan jangan melawannya.

Menggoyangkan jari kaki


Menggeliatkan jari tangan dan jari kaki dapat membantu memecahkan kelumpuhan tidur yang kamu alami. Di banyak kasus, upaya tersebut terbukti membantu mengatasi fenomena gangguan tidur itu.

Atur pernapasan


Hal ini jadi poin penting saat mengalami tindihan ketika tidur. Mengontrol pernapasan bisa mempengaruhi rasa takut yang kamu alami. Usahakan untuk mendapat pernapasan secara normal dan buang napas sebebas mungkin agar paru-paru kamu bekerja dengan baik.

Meminta bantuan


Jika kamu tidur bersama rekan atau anggota keluarga, pastikan bahwa rekan tersebut menyadari kondisi gangguan tidur yang sedang kamu alami. Anda bisa berteriak seminim mungkin meskipun tidak semua orang bisa melakukannya. Atau berikan tanda-tanda untuk mencuri perhatian rekan satu kamar agar bisa membangunkan kamu dari kelumpuhan tidur.

Batuk


Batuk juga jadi cara paling mudah untuk melepaskan diri dari gangguan tidur yang secara medis dikenal dengan sebutan sleep paralysis. Dalam kondisi itu, kamu dapat mencoba untuk batuk agar terbangun dari tidur.

Mengernyitkan wajah


Lakukanlah gerak-gerakan wajah saat kamu berada dalam situasi buruk itu. Buatlah gerakan wajah seperti kamu mencium bau busuk. Lakukanlah hal itu sebanyak tiga kali untuk bangun.


sumber: arah.com
0
6.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.