Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menelusuri Keindahan Pulau Morotai yang Menyimpan Segudang Sejarah Perang Dunia II

febriansurya95Avatar border
TS
febriansurya95
Menelusuri Keindahan Pulau Morotai yang Menyimpan Segudang Sejarah Perang Dunia II
Menelusuri Keindahan Pulau Morotai yang Menyimpan Segudang Sejarah Perang Dunia II


Pulau Morotai merupakan pulau paling utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina. Jika dilihat secara administratifnya, Pulau Morotai merupakan salah satu daerah hasil pemekaran di Kabupaten Halmahera Utara, sehingga pulau paling utara Indonesia ini dinamani Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk menuju Pulau ini, kamu bisa menggunakan kapal motor cepat untuk menyeberangi lautan dari Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara menuju Pulau Morotai, perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 3 jam. Selain jalur laut, kamu juga menggunakan jalur laut untuk sampai ke Morotai, akan tetapi jadwal dan maskapai yang melayani masih tidak tentu.

Ketika sudah sampai disana tim ekspedisi mulai melakukan kegiatan eksplorasinya ke beberapa tempat yang memiliki keindahan di Pulai Morotai yakni situs wisata, museum, berbagai pulau-pulau, dan tentunya menikmati keindahan pantai Dodola yang mempesona dan menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu destinasi favorit di Pulau Morotai.

Tercatat keindahan Pulau Morotai ini memiliki luas sekitar 2.474,94 kilometer persegi, dan dihuni oleh setidaknya 53 ribu orang. Selain memiliki banyak tempat wisata, pantai dan museum. Pulau Morotai juga menyimpan segudang sejarah yang berasal dari perang dunia II, hal ini bisa dibuktikan dari bekas-bekas peninggalan perang dunia II yang masih bisa dilihat di museum-museum sejarah di Pulau Morotai.

Konon pada abad 15 hingga 16, Pulai Morotai masih menjadi wilayah kekuasaan Kesultanan Ternate, dan juga pernah ditempati oleh penjajah Jepang kala itu saat terjadinya perang dunia II.

Menelusuri Keindahan Pulau Morotai yang Menyimpan Segudang Sejarah Perang Dunia II

Tetapi pada masa penjajahan kala itu, negara Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Jenderal Doughlas MaCarthur berhasil merebut wilayah Pulau Morotai dari tangan Jepang pada September 1944. Ini dikarenakan Jepang menyerah tanpa saat syarat setelah mengalami kekalahan pada perang dunia ke II pada Agustus 1945.

Menelusuri Keindahan Pulau Morotai yang Menyimpan Segudang Sejarah Perang Dunia II

Negara Indonesia pun juga pernah menjadikan Pulau Morotai sebagai pangkalan militer untuk menyusun strategi untuk merebut kembali wilayah Irian Barat, operasi tersebut dinamai Operasi Tiga Komando Rakyat (Trikora). Jadi tercatat dalam sejarah, Pulau Morotai pernah 3 kali dijadikan pangkalan militer oleh Jepang, Amerika Serikat dan Indonesia.

Untuk menggali dan mengetahui informasi lebih banyak mengenai keindahan sejarah perang dunia II di Pulau Morotai, alangkah baiknya berkunjung ke Museum Sejarah Perang Dunia II yang berada di Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai. Disana kamu akan menemukan segudang kekayaan alam dan kekuatan sejarah masa lalu Indonesia tercinta. Gimana guys? Tertarik untuk ke Morota?

sumber
Diubah oleh febriansurya95 22-07-2017 14:53
0
4.7K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.