Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

barricade.gearAvatar border
TS
barricade.gear
Tentang Everyday Carry atau EDC

Everyday Carry (EDC) adalah sekumpulan peralatan kecil dan bahan-bahan yang bisa selalu dibawa untuk keperluan sehari-hari untuk membantu mempermudah kita dalam situasi yang umum / biasa sampai dengan situasi bencana.

Istilah EDC mengacu pada filsafat atau semangat “kesiapan” yang sejalan dengan pemilihan dan membawa barang-barang tersebut. Secara implisit bahwa EDC adalah pilihan pribadi seseorang untuk berbagai peralatan yang jauh lebih berguna, daripada peralatan standar. Perlengkapan EDC biasanya dalam ukuran yang muat di kantong atau dalam kemasan kecil, dan / atau dapat dilengkapi pada pakaian seperti ikat pinggang. Penekanannya biasanya terletak pada kegunaan, kemudahan aksesibilitas dan keandalan perlengkapan tersebut. Beberapa inti dari sebuah EDC biasanya termasuk pisau lipat / saku, senter, ponsel, dan alat multifungsi.

Ada beberapa spektrum situasi untuk mempersiapkan EDC dari yang mungkin dipersiapkan untuk situasi sehari-hari sampai dengan situasi yang serius. Beberapa fanatik EDC berfokus pada situasi sehari-hari dan terutama pada cara-cara yang lebih efisien dalam mengatur barang-barang umum seperti pena, kunci, handphone / smartphone dan uang tunai / kartu kredit. Namun, sebenarnya pola pikir EDC bersandar pada arah untuk mengatasi masalah atau menghadapi tantangan sehingga sangat jarang untuk menemukan EDC yang tidak dilengkapi beberapa jenis alat (misal: alat multifungsi). Selain itu, banyak EDC mencakup beberapa ketentuan untuk mengatasi situasi yang kurang umum atau keadaan darurat, seperti cedera, tersesat atau terdampar. Dengan demikian, perlengkapan EDC bisa mencakup peluit darurat / emergency whistle, firestarter dan first-aid kit.

Beberapa Penggemar EDC melengkapi perlindungan pribadi dalam kriteria seleksi mereka ketika memilih peralatan. Perlengkapan EDC mereka mungkin termasuk pistol, pisau yang cocok untuk pertahanan atau barang-barang seperti pena yang juga dapat berfungsi sebagai Kubotan. Pada saat memilih kriteria untuk melengkapi EDC, kita harus kembali pada faktor peraturan dan perundang-undangan setempat. Banyak negara yang telah memberlakukan pembatasan pada membawa pisau dan mengatur kepemilikan senjata api. Di negara-negara di mana warga sipil diijinkan untuk membawa senjata api, seperti Amerika Serikat, akan ada hukum lokal tambahan yang mengatur tata cara membawa senjata.

EDC Bag

Beberapa EDC ekstrim akan dirancang terlebih dahulu untuk digunakan pada saat bencana besar dan sering bersamaan dengan tas bug-out. Selain itu, Penggemar EDC jenis survivalist akan mempersiapkan diri untuk keadaan kacau, misal: kerusuhan sipil.

Sementara beberapa EDC yang lebih sederhana dapat didistribusikan secara efisien di antara kantong dalam pakaian sehari-hari, bagi banyak orang pilihan yang ideal terkadang akan bertentangan dengan cara mereka berpakaian. Untuk mengatasi hal tersebut, opsi membawa EDC sering dilengkapi dengan penambahan aksesori pakaian seperti tas kecil, atau bahkan sepatu laras panjang / boot atau rompi dengan banyak kantong. Berbagai celana kargo juga akan menjadi pilihan populer bagi penggemar EDC.

Perlengkapan EDC (jenis pisau saku, senter dan perlengkapan lainnya) seringkali cenderung berharga mahal. Perlengkapan EDC juga mungkin dirancang untuk apa yang biasa disebut sebagai penggunaan “taktis” / “tactical”, yang berarti bahwa mereka dirancang untuk kegiatan yang menyerupai kegiatan militer, polisi atau organisasi serupa. Salah satu pertimbangan untuk memilih perlengkapan EDC yang relatif mahal adalah bahwa ini adalah barang-barang yang mungkin disiapkan untuk jangka waktu yang lama sebelum peralatan tersebut akhirnya diperlukan. Pemikirannya adalah bahwa mungkin akan terjadi keadaan dimana penggemar EDC mungkin menyesal memilih untuk barang murah atau tidak handal.

List dari perlengkapan umum EDC yang sering ditemui:

Sebuah pisau lipat / folding knife, alat multifungsi dan atau Pisau Swiss Army
Sebuah jam tangan / wrist watch

Sebuah senter / flashlight (senter kecil, senter kepala / headlamp, atau senter “taktis” / “tactical” flashlight yang akan memberikan output jauh lebih terang untuk digunakan sebagai alat pengalih perhatian / menyilaukan mata penyerang untuk sementara)
Sebuah alat pembuat suara (emergency whistle, air horn)
Sebuah telepon selular / cell phone dan atau perlengkapan elektronik lain seperti kamera digital
Pada kondisi EDC untuk keperluan outdoor / remote area, biasanya juga melengkapi diri dengan sebuah alat GPS dan telepon satelit
Asupan untuk bertahan hidup seperti botol air dan makanan tinggi energi
Pen, pensil, dan atau tactical pen dengan konsep menyerupai sebuah Kubotan untuk menyerang atau menikam
Media mencatat seperti memo / buku notes (saat ini seringkali sudah dicakup oleh smartphone)
Obat-obatan umum (biasanya obat masalah perut, masalah kepala dan anti alergi)
First-aid kit kecil
Tali atau paracord
Sapu tangan atau kain penyeka lainnya
Gantungan Kunci / Key chain
Aksesoris lainnya seperti gunting kuku, botol obat, gunting lipat, carabiner, Kubotan
Sarung tangan
Alat pertahanan diri seperti Pepper spray atau stun gun / tazer
Pistol dan holster-nya
Korek api atau alat pembuat api lainnya

Pilihan perlengkapan untuk EDC akan bervariasi tergantung dari jenis aktivitas dan lingkungan:

Sehari-hari
EDC bagi mereka yang ingin melengkapi diri untuk kegiatan sehari-hari, misal untuk pekerja gudang atau pekerja lapangan. Umumnya dilengkapi pisau saku dan sarung tangan.
Persiapan Bencana
Bagi mereka yang hidup di daerah rawan bencana, lampu senter dan alat komunikasi akan sangat penting.
Menyiapkan tas siap bencana dengan persediaan air dan makanan yang cukup, mudah ditemukan dan siap dibawa pada saat terjadi bencana.
Dukungan Team
Bagi yang partnernya membawa perlengkapan berat seperti senjata, maka team pendukung harus membawa first-aid kit.
Kesehatan
Bagi pengguna yang memerlukan perhatian kesehatan khusus dan berpotensi untuk memerlukan pengobatan darurat harus melengkapi dirinya dengan obat-obatan yang sesuai.
Ketepatan Waktu
Memiliki alat penunjuk waktu yang handal untuk keperluan pengukuran waktu yang kritis, kegiatan sehari-hari atau untuk menjadi orang yang tepat waktu.
Keamanan
Keamanan pribadi adalah istilah yang sangat luas dalam EDC. Umumnya diartikan membawa alat pertahanan diri seperti senjata api, senjata tajam / pisau, senter taktis, pena taktis, pepper spray, stun gun, atau peralatan kecil yang bisa digunakan sebagai senjata pertahanan diri.
Kegiatan Alam Bebas
Sebuah kompas untuk menunjukkan arah akan sangat peting dalam alam bebas. Saat ini sudah ada alat GPS dengan harga yang relatif terjangkau untuk melengkapi kebutuhan tersebut. Pelaku kegiatan alam bebas juga biasanya melengkapi diri dengan tali, alat pembuat api / fire starter dan air minum atau alat penyaring air. Sebuah alat pembuat suara keras (misal: air horn) bisa berguna untuk menakuti hewan liar.

Diambil dan disadur bebas dari berbagai sumber dan Wikipedia

TS akan berusaha merapihkan treat ini step by step

Semoga tidak repost ya
Diubah oleh barricade.gear 02-05-2014 08:47
0
11.8K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.