Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Olimpiade Fisika Internasional Masuki Tes Eksperimen I
Olimpiade Fisika Internasional Masuki Tes Eksperimen I


OLIMPIADE Fisika Internasional (International Physic Olympiad/IPhO) 2017 telah memasuki uji tes eksperimen babak pertama. Ujian babak I ini digelar Rabu (19/7) sejak pukul 09.00 WIB di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menghadapi ujian eksperimen pertama ini, Tamisha Segbefia dari Ghana mengaku merasa sedikit gugup. “Jujur saja kami tidak banyak melakukan latihan eksperimen untuk persiapan IPhO 2017 ini,” terang dia sebelum tes. Timnya lebih banyak berlatih tes teori. Ia pun mengaku tidak yakin dapat menyelesaikan semua soal dalam waktu 5 jam. Walau demikian, ia tetap optimistis paling tidak dapat menyelesaikan 80% dari soal yang diujikan.



Seusai tes, Euan Tebbutt yang mewakili Inggris mengaku bersemangat sebelum tes. Terbukti dirinya telah menyelesaikan semua soal yang diujikan. Ia mengaku sudah sering berlatih ujian eksperimen.“Pengalaman saya, begitu mulai membaca soal dan mulai melakukan eksperimen, perhatian saya pasti terpusat secara penuh. Jadi, mungkin 5 jam tidak begitu terasa,’’ pungkas dia. Soal eksperimen dibuat tim pembuat soal yang terdiri dari 10 fisikawan kompeten dari berbagai institusi ternama di Indonesia. Proses pembuatan soal eksperimen membutuhkan waktu sekitar satu tahun.



Masukan soal dari berbagai institusi diseleksi tim akademik dengan mengacu pada statuta IPhO. Soal dibuat dengan tingkat kesukaran yang tinggi untuk peserta tingkat SMA. Setelah diputuskan memilih dua soal, soal itu diajukan ke International Board Meeting (IBM) IPhO. Tim akademik membuat dan memproduksi alat yang dibutuhkan untuk praktik secara massal. Koordinator Pembuat Soal Eksperimen IPhO 2017 Budhy Kurniawan menjelaskan soal eksperimen itu ialah perpa­duan antara konsep, praktik, dan keterampilan.



Pertama, soal itu diambil dari konsep fisika sehingga kemampuan konsep siswa dapat diuji. Kedua, soal juga mengasah keterampilan dalam melakukan suatu ekspe­rimen. Ketiga, soal menuntut siswa menggunakan logika dan kreativitas. “Ketika tahapan-tahapan soal dipahami dengan baik, mereka akan dapat berpikir logis dan kreatif untuk bisa menemukan solusi terbaik dalam memecahkan masalah di dalam kedua soal tersebut,’’ terang Budhy. Olimpiade yang digelar di Yogyakarta itu diikuti hampir 400 siswa (86 negara). IPhO ialah ajang bertanding ilmu fisika siswa-siswi terbaik SMA dari seluruh dunia. IPhO ke-48 pada 16-24 Juli 2017 ini bertujuan memacu fisikawan muda terlibat pengembangan ilmu fisika serta manfaatnya bagi umat manusia. (AT/H-1)





Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...n-i/2017-07-20

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Olimpiade Fisika Internasional Masuki Tes Eksperimen I Para Pelajar Diharap dapat Perluas Wawasan

- Olimpiade Fisika Internasional Masuki Tes Eksperimen I Kue Kering hingga Bela Diri

- Olimpiade Fisika Internasional Masuki Tes Eksperimen I Kampanyekan #Savejanda

0
641
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.6KThread1.4KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.