Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
RI Raih Satu Emas di Olimpiade Kimia
RI Raih Satu Emas di Olimpiade Kimia


TIM Indonesia yang terdiri atas sejumlah pelajar sekolah menengah atas (SMA) berhasil meraih 1 emas dan 3 perak dalam Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olimpiade (Icho) ke-49 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 6-15 Juli 2017.



"Ini prestasi yang sangat membanggakan karena berhasil meraih satu emas dan tiga perak," ujar Kasubdit Peserta Didik Direktorat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Suharlan, di Jakarta, kemarin (Minggu, 16/7).



Medali emas diraih Dean Fanggohans (SMAN 8 Pekanbaru). Sementara itu, medali perak diraih Fahmi Naufal Rizki (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), M Ridho Setiyawan (SMAN 1 Tahunan, Jawa Tengah), dan Mario Lorenzo (SMAK BPK Penabur Gading Serpong).



Kompetisi itu diikuti 80 negara dari seluruh dunia. Pada Icho tahun lalu di Georgia, Indonesia meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Dalam kompetisi itu, kemampuan setiap siswa diuji dalam bidang teori dan keterampilan kala melakukan percobaan (praktik) di laboratorium.



Sementara itu, pada Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad/Ipho) ke-48 yang digelar di Yogyakarta pada 16-24 Juli, Indonesia mengikutsertakan lima siswa terbaik hasil seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan pembinaan pada 2016. Mereka ditargetkan dapat meraih lima medali emas.



"Kami berharap, di Ipho tahun ini, pelajar Indonesia dapat meraih prestasi yang lebih membanggakan dan kita sukses dalam penyelenggaraan sekaligus sukses prestasi," kata Direktur Pembinaan SMA, Kemendikbud, Purwadi Sutanto, kemarin (Minggu, 16/7).



Purwadi menyatakan penyelenggaraan kompetisi pelajar SMA internasional itu sekaligus dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia aman, ramah, dan bersahabat.



Selain berkompetisi, para peserta akan diajak mengikuti wisata edukatif dengan mengunjungi Candi Borobudur dan bekas jejak erupsi Gunung Merapi. Tempat itu sangat berkaitan erat dengan ilmu fisika.



Sekretaris Ipho 2017, Samsyu Rosyid, menambahkan suasana Yogyakarta yang khas akan memberikan kesan yang kuat kepada seluruh peserta tentang harmoni antara gaya hidup masa kini, pendidikan berkualitas tinggi, suasana alam yang menarik, dan peninggalan budaya bersejarah. (Bay/Ant/H-3)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...mia/2017-07-17

---

Kumpulan Berita Terkait :

- RI Raih Satu Emas di Olimpiade Kimia Pemprov DKI Siapkan Air Mancur Bergoyang di Monas

- RI Raih Satu Emas di Olimpiade Kimia Simpang Susun Semanggi Berfungsi Optimal Usai MRT Selesai

- RI Raih Satu Emas di Olimpiade Kimia Putra Artis Jeremy Thomas Diduga jadi Korban Penyekapan Oknum Polisi

0
747
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.6KThread1.4KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.