destop92
TS
destop92
Ingin Tidur Pulas, Coba Hindari 6 Kegiatan Ini Sebelum Tidur


Semua orang pasti membutuhkan istirahat. Ya, dengan memiliki jam tidur yang cukup membuat kualitas tidur akan terpenuhi dengan baik. Lebih dari itu, tidurmu pun menjadi lebih nyenyak. Kebanyakan orang menyamakan tidur yang baik adalah dengan waktu delapan jam berturut-turut.

University of California di San Diego mengadakan penelitian mengenai waktu tidur. Hasilnya, dari 1,1 juta orang menetapkan bahwa tidak ada alasan statistik untuk tidur lebih dari enam setengah jam per malam dalam setiap harinya. Bahkan, orang-orang yang tidur enam setengah jam setiap malam justru memiliki hidup yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidur delapan jam.

Dengan demikian, penelitian ini memfokuskan jika kualitas tidur sangatlah penting. Karena kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, menambah berat badan, bahkan meningkatkan risiko kematian. Hal ini tentunya sama pentingnya untuk menghindari melakukan hal-hal yang salah sebelum tidur. Berikut adalah enam hal penting yang harus dihindari sebelum tidur seperti yang dilansir dari womenshealth.

1. Duduk di lampu terang

Setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk menghindari lampu yang terang. Selain lampu, matikan pula peralatan ponsel dan televisi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan terkena cahaya putih dari layar selama lima menit dapat menekan tingkat melatonin lebih dari 50 persen. Tingkat melatonin dalam darah bisa meningkat tajam dan bisa mengganggu waktu tidur.

2. Menonton televisi

Hal-hal lain yang dapat mengganggu waktu tidur Kamu adalah menonton televisi. Apalagi jika Kamu menonton film yang menakutkan, yang bisa membuat kesulitan untuk tidur.

3. Berolahraga berat

Dua jam sebelum tidur ada baiknya jika tidak melakukan pekerjaan dan olahraga terlalu berat. Namun, jika kamu ingin berolahraga lakukanlah yang ringan-ringan saja seperti yoga yang bisa mengatur pernapasanmu. Menurut David Asprey, pendiri dan CEO dari Bulletproof mengatakan jika berolahraga secara rutin bisa membantu tidur. Sebuah jejak pendapat mengenai tidur pada tahun 2013 di Amerika juga mengutarakan bahwa orang yang mengeluarkan keringat setelah berolahraga ringan pada setiap mau tidur akan merasa lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga.

4. Meminum kopi

Para peneliti di Rumah Sakit Henry Ford, Michigan yang menangani gangguan tidur, Pusat Penelitian dan Wayne State College of Medicine menemukan bahwa kafein yang dikonsumsi enam jam sebelum tidur mengakibatkan kurangnya kualitas tidur.

5. Memaksa diri untuk tetap bangun

Asprey mengatakan bahwa jika Kamu tidak pergi tidur namun memilih untuk tetap terjaga, akan merugikan kesehatanmu secara keseluruhan.

6. Rasa khawatir dalam pikiran yang menumpuk

Mungkin salah satu alasan paling umum yang mengganggu waktu tidur adalah mereka tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan pikiran dari rasa khawatir. Untuk itu, Asprey memiliki solusi dengan mencoba melakukan yoga untuk melatih pernapasan dan pikiran agar menjadi lebih baik.


sumber: arah.com

Baca Juga
Quote:
Diubah oleh destop92 20-07-2017 01:15
0
15.3K
114
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.2KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.