Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xenorangersAvatar border
TS
xenorangers
Irwandi, Gubernur Aceh yang Suka Piloti Pesawat Sendiri Saat Dinas
Irwandi, Gubernur Aceh yang Suka Piloti Pesawat Sendiri Saat Dinas
Banda Aceh - Seminggu usai dilantik sebagai gubernur Aceh, sosok Irwandi Yusuf menarik perhatian. Dia suka menyetir mobil dan pesawat sendiri saat melakukan perjalanan dinas. Gayanya itu memang tidak jauh beda dengan waktu kepemimpinannya periode 2007-2012 silam.

Saat hendak melantik bupati Aceh Utara dan Walikota Lhokseumawe pada Rabu (12/7/2017) kemarin, Irwandi berangkat sendiri dari Banda Aceh. Ia terbang ke sana dengan menggunakan pesawat pribadi jenis Shark Aero dan mendarat mulus di Bandara Malikussaleh, di Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Kedatangan orang nomor satu di Tanah Rencong ini disambut oleh beberapa pejabat dan protokoler yang sudah berangkat duluan dari Banda Aceh. Usai mendarat, iring-iringan mobil Irwandi selanjutnya berangkat ke lokasi pelantikan dengan pengawalan voorijder.

"Kalau agenda resmi, beliau (Irwandi) tetap pakai jalur protokoler. Sejak dilantik sampai sekarang masih agenda resmi (pelantikan bupati dan walikota)," kata ajudan Irwandi, Hendri Yuzal, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (13/7/2017).

Meski mengikuti jalur protokoler, tapi tetap saja kadang Irwandi membuat petugas Patwal serta personel Pengamanan Tertutup (Pamtup) kelimpungan. Saat hari pertama masuk ngantor, misalnya, mobil resmi jenis Land Cruiser lengkap dengan sopir sudah disiapkan sebagai kendaraan menuju ke kantor gubernur. Polisi juga sudah bersiap-siap untuk melakukan pengawalan.

Mereka menunggu Irwandi di depan rumah pribadinya di kawasan Lampriet, Banda Aceh, Aceh. Setelah sekian lama ditunggu, Irwandi malah keluar rumah melalui pintu belakang dengan menggunakan mobil Toyoto Prius putih. Ia menyetir sendiri. Petugas Patwal dan Pamtup panik. Mereka terpaksa mengejar orang yang seharusnya mereka kawal.

Kebiasannya menyetir sendiri memang bukan kali itu saja terjadi. Saat masih menjabat sebagai gubernur pada periode 2007-2012, Irwandi hampir tidak pernah memakai sopir pribadi. Kemana saja bepergian, dia selalu duduk di depan setir. Kemampuan mengemudinya tidak diragukan lagi baik di jalan aspal atau pun medan berlumpur.

Pernah suatu ketika, mobil pribadi Irwandi jenis Rubicon menembus belantara pegunungan Jalin di Jantho, Aceh Besar, Aceh. Saat itu, dia bersama rombongan berangkat ke lokasi untuk melepas orangutan ke habitatnya di tengah hutan. Medan yang harus dilewati memang menantang, jalanan terjal dan licin.

Beberapa orang di dalam rombongan meminta Irwandi untuk tidak ikut saja. Tapi ia tetap bersikukuh untuk memimpin tim. Dalam perjalanan, dua mobil pengawal tidak mampu melewati 'rintangan'. Alhasil, Irwandi tetap berangkat meski tanpa pengawalan. Ia tiba di lokasi dan kemudian menyaksikan langsung empat orangutan dilepas ke alam liar.

"Sosok pak Irwandi ini unik. Nggak ditemukan karakter seperti ini pada seorang pejabat di Indonesia. Kalau kita bilang, selama (Irwandi) masih bisa menyelesaikan sesuatu sendiri beliau akan kerjakan itu. (Gaya periode lalu) kalau dikaitkan dengan konteks sekarang masih ada sebenarnya," jelas alumni S2 di University of Hawai, Amerika Serikat itu.

Bukan itu saja, Irwandi juga pernah menjemput seorang menteri ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh dengan mobilnya. Ia menjadi sopir sementara menteri duduk di samping. Padahal, posisinya ketika itu adalah seorang gubernur.

Usai menggelar pertemuan dan rapat di Banda Aceh, menteri tersebut kembali diantar ke bandara untuk balik ke Jakarta. Setelah tak lagi menjabat, hobinya mengemudi tetap ia salurkan. Hendri yang kerap bersama Irwandi mengaku pernah beberapa kali duduk disamping pria yang akrap disapa Bang Wandi itu.

"Saya sering disetirin sama dia. waktu di Jakarta itu, ke mana-mana dia yang nyetir. Saya ke Bandung misal berdua kan, dari Jakarta ke Bandung itu dia yang nyetir," ungkap Hendri.

Setelah dilantik sebagai gubernur periode 2017-2022, kini Irwandi tak hanya gemar mengemudi mobil saja. Tapi ia juga kerap menyetir sendiri pesawat jika harus berangkat ke luar daerah. Dari Banda Aceh, ia terbang sendiri sementara tim protokoler dan pejabat provinsi lain berangkat lebih dulu via jalur darat.

"Gayanya masih sama, tapi sekarang sudah nambah satu lagi yaitu pesawat. Dulu dia nggak pakai pesawat sekarang pakai pesawat. Jadi dia akses ke daerah-daerah seperti Simeulue bisa jalan sendiri saja. Itu bisa diakses dalam sehari saja," ungkap pria yang pernah bekerja sebagai staf khusus Deputi Insfratruktur di Badan Rehabiliasi dan Rekontruksi (BRR) Aceh-Nias tersebut.

Menurut Hendri, Irwandi memilih menggunakan pesawat ke daerah-daerah untuk menghemat waktu. Dengan pergerakannya yang cepat seperti itu, banyak hal yang dapat Irwandi selesaikan. Hendri memberi tamsil seperti rentan waktu pelantikan bupati di Aceh Timur dan Bener Meriah yang berselang waktu sehari.

"Nah satu hari itu bisa beliau pakai untuk balik ke Banda Aceh. Jadi nanti ke Bener Meriah dari Banda Aceh. Nah waktu balik ke Banda Aceh ada hal lagi kan yang bisa beliau selesaikan di sana," ungkapnya.

Irwandi, Gubernur Aceh yang Suka Piloti Pesawat Sendiri Saat Dinas
Irwandi setiri mobil sendiri terjang sungai (Foto: Suparta)

https://news.detik.com/berita/d-3558...iri-saat-dinas
0
3K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.