Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Perjuangan Gadis Cantik yang Sukses Jadi CEO Demi Bayar Utang Ayah Rp 23 Miliar

kangnulisAvatar border
TS
kangnulis
Perjuangan Gadis Cantik yang Sukses Jadi CEO Demi Bayar Utang Ayah Rp 23 Miliar

Dok. Koreaboo

Gadis Cantik Ini Mengubah Kemalangan Jadi Keberuntungan. Kim Syu Kung CEO muda asal Korea Selatan ini berjuang dengan menjalankan bisnis online setelah ayahnya pergi dengan meninggalkan utang.

Setelah ayahnya pergi meninggalkan utang sebesar 2 miliar won atau sebesar Rp 23 miliar, Kim Su Kyung tidak lagi memikirkan bagaimana Ia bisa melanjutkan sekolahnya.

Di usia yang masih sangat muda, yaitu 15 tahun, Su Kyung mengambil keputusan yang tidak mudah dan penuh resiko, yaitu berhenti sekolah dan mulai berbisnis. Dengan susah payah Ia mengatur bisnis online-nya agar bisa mendapatkan uang dan berhasil membayar utang ayahnya.

"Banyak orang mengira menjalankan bisnis online itu tidak terlalu sulit. Hanya unggak foto dan orang akan membeli, tapi sebenarnya itu tidak mudah," ungkap Su Kyung dalam wawancara bersama The Korea Society.

Meski banyak yang menentang keputusannya untuk berhenti sekolah, Su Kyung bersikeras dan tidak menyesalinya. Melihat kesuksesannya saat ini, Su Kyung merasa bahwa itu adalaha keputusan yang tepat dan berhasil membawanya menjadi seorang founder sekaligus CEO pusat perbelanjaan online terbesar di Korea Selatan, Victoria Garconne.


Dok. Koreaboo

Dari awal, gadis yang menyukai dunia fashion ini, menjalankan bisnisnya itu sendirian. Dilansir oleh Mutzine, Su Kyung hanya meminta bantuan teman-temannya buat jadi model pakaian yang bakalan dijual. Selebihnya, kegiatan seperti pemilihan item, style, model, pengeditan foto, sampai pengiriman barang cuman dia yang ngelakuin tanpa bantuan orang lain setiap hari. Meski terlihat sangat sibuk dan repot, rupanya hal tersebut adalah cita-cita Su Kyung sedari kecil.

"Saat SD, aku suka membuat scrapbook dari koleksi majalah fashion yang aku punya. Aku juga suka memperhatikan bagaimana cara orang berpakaian. Aku senang menata busana dan aku bercita-cita ingin merilis merek buatanku sendiri dan melihat orang lain memakai pakaian buatanku," papar Su Kyung.

Ia memulai bisnisnya ini dengan pengetahuan bisnis yang minim. Sembari ngejalanin usahanya, Su Kyung belajar segala hal yang berkaitan dengan bisnis dari berbagai sumber, baik internet maupun buku di perpustakaan. Bahkan, Ia sempat bekerja paruh waktu sebagai karyawan pusat perbelanjaan agar bisa mendapatkan pengalaman lebih dan uang tambahan.

Pengetahuannya mengenai fashion yang Ia miliki sejak kecil terbukti berpengaruh untuk menyukseskan bisnis online-nya ini. Su Kyung memilih berbagai jenis pakaian dari supplier di wilayah Dongdaemun dan menatanya sendiri dalam berbagai gaya. Ia juga menentukan aksesoru dan perhiasan apa yang cocok.

Dilansir dari Koreaboo, 5 bulan pertama Ia berhasil ngumpulin uang sebanyak 30 juta won atau sekitar Rp 350 jutaan. Akhirnya di bulan berikutnya Ia berhasil mencapai keuntungan total hingga 100 juta won atau sebesar Rp 1.1 miliar.

Sekarang, Su Kyung gak hanya berhasil ngebayarin utang sang ayah yang banyak itu, tetapi juga sukses bantu ekonomi enam orang dalam keluarganya dan menyediakan lapangan pekerjaan. Salah satu kunci kesuksesan Su Kyung rupanya terletak pada usianya yang muda.

"Karena targetku buat remaja, jadi aku ngerti dengan apa yang mereka butuhkan. Aku juga mematok harga yang gak terlalu tinggi tanpa perlu mengorbankan kualitas. Lalu, aku juga sering meminta feedback dan berinteraksi dengan para pelanggan untuk mengetahui keinginan mereka. Di waktu tertentu, aku membuka semacam pesta diskon di suatu tempat dan ketemu para pelanggan buat ngobrol langsung," ujar Su Kyung.

Meski kedengerannya seru ya Gan karena dia berhasil jadi CEO dan motivator di usia muda, Su Kyung juga pernah lho ngerasa kesulitan pas harus berurusan dengan para debt collector yang sangat banyak dan selalu menagihnya.

Kesulitan lainnya adalah Ia hanya memiliki sedikit teman di usia sekolah karena sibuk ngurusin masalah keuangan keluarga. Gak cuman itu, wanita asal Daegu ini juga perlu menangani permasalahan yang berkaitan dengan bisnis di usia yang terbilang sangat muda.

Tapi kini Ia sudah memetik buah dari hasil kerja kerasnya ya Gan. Masih 21 tahun, Su Kyung udah jadi CEO dari perusahaan yang Ia dirikan sendiri.

Su Kyung bisa jadi contoh buat kita untuk terus berusaha dan menemukan potensi diri kita, biar bangkit dari kesulitan hidup.

Pelajaran lainnya, kalo gak bisa bayar utang, mending jangan ngutang Gan!

Terus kalo jadi pengusaha masih ngutang, jangan kebanyak hedon lah, malah gali lubang tutup lobang itu


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss


Sumber: Wolipop
Diubah oleh Kaskus Sport 19-07-2017 09:01
0
34.9K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.