Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

death51Avatar border
TS
death51
Penyakit GBS (Guillain Barre Syndrome)
Ini thread pertama ane
BISMILLAHIROHMANIRROHIM
Spoiler for Bukti No Repost:



Apa itu GBS?
GBS (Guillain Barre Syndrome) atau yang dikenal dengan Acute Inflammatory Idiopathic Polyneuropathy (AIIP) atau yang bisa juga disebut sebagai Acute Inflammatory Demyelinating Polyneuropathy (AIDP) adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf perifer. setelah era penyakit polio berakhir, kini penyakit langka Guillain-Barre Syndrome (GBS) yang menjadi penyebab tersering kelumpuhan.



Penyakit GBS merupakan penyakit autoimun, artinya antibodi tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan zat asing seperti virus, justru menyerang sel-sel tubuh sendiri. Risiko terberat GBS dapat mengancam jiwa karena menyebabkan kelumpuhan otot pernapasan sehingga penderita harus menggunakan ventilator, terkena infeksi paru dan sepsis akibat imobilisasi lama.

Menurut Kepala Divisi Neurofisiologi Klinik & Penyakit Neuroamuskuar, Departemen Neurologi FKUI- RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S, GBSmerupakan gangguan imunologi yang menyebabkan kelainan saraf perifer sehingga terjadi kelumpuhan ekstremitas secara asenden dan simetris. Gejala klinis GBS yang timbul meliputi kelumpuhan, gangguan sensibilitas, gangguan fungsi otonom, kegagalan pernafasan.

Penyebab penyakit GBS yang pasti sampai saat ini belum diketahui. Tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Virus yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah Cytomegalovirus (CMV), HIV, Measles dan Herpes Simplex Virus. Sedangkan untuk penyebab bakteri paling sering oleh Campylobacter jejuni. Lebih dari 60% kasus mempunyai faktor predisposisi antara satu sampai beberapa minggu sebelum onset, antara lain :

1. Peradangan saluran napas bagian atas
2. Vaksinasi
3. Diare
4. Kelelahan
5. Peradangan masa nifas
6. Tindakan bedah
7. Demam yang tidak terlalu tinggi

Gejala pertama dari GBS ini meliputi berbagai tingkat sensasi kelemahan atau kesemutan di kaki. Dalam banyak kasus sensasi kelemahan dan abnormal menyebar ke lengan dan tubuh bagian atas. Gejala ini dapat meningkatkan intensitas sampai otot-otot tertentu tidak dapat digunakan sama sekali dan, bila berat, pasien hampir sepenuhnya lumpuh. Sebelum adanya gejala tersebut, 4 sampai 6 minggu sebelumnya pasien akan didahului oleh infeksi seperti diare, demam atau radang tenggorokan.



Pasien yang diduga mengidap GBS di haruskan melakukan test:

1. Darah lengkap
2. Lumbar Puncture
3. EMG (electromvogram)

Sesuai urutannya, test pertama akan dilakukan kemudian test ke dua apabila test pertama tidak terdeteksi adanya GBS, dan selanjutnya.

Pengobatan GBS hanya ada 1 macam yaitu GAMAMUNE (Imuno globuline) yang harganya 4jt – 4,5 jt rupiah /botol biasanya obat ini diinfuskan ke pasien dengan jumlah yang dihitung dari berat badan, untuk lebih jelasnya tanya ke dokter, contoh kasus yang dialami Bunga dengan berat badan pada saat sakit 58 kg Bunga menghabiskan obat ini sebanyak 20 botol, (5 botol / hari).

Namun demikian, Anda dapat menggunakan cara alami dengan menggunakan Susu Kolostrum (dengan kandungan Immunoglobuline G Plus 150mg) yang harganya hanya Rp. 300.000/kotak untuk 10 hari sampai 20 hari.

SUMBER 1
SUMBER 2

Spoiler for Maaf:

Ini thread pertama ane jadi mohon kritik dan sarannya aja...
terima kasih
Diubah oleh death51 24-05-2013 15:22
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
10.9K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.