Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buku312Avatar border
TS
buku312
5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai
5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Hai gan.. emoticon-Hai

Apa ada diantara agan dan sista yang beberapa waktu terakhir ini menjalani hidup dengan penuh rasa khawatir? Apa hampir setiap hari kalian menjalani hidup dari hari ke hari dalam kondisi keuangan yang kritis? emoticon-cystg

Kalau kalian udah gak pernah bikin anggaran keuangan yang akurat, bisa gue pastiin kalian sedang berjalan menuju jurang kebangkrutan hiii. Kemampuan mengelola keuangan dengan baik bisa kita mulai sedini mungkin, gak perlu nunggu gelar sarjana dulu atau dapet sertifikat dulu untuk menjadi seseorang yang bisa mengatur keuangan dengan baik. Yang dibutuhkan hanyalah kedisiplinan dan kejujuran dalam menggunakan uang. Gimana kita mau sukses, kalau mengatur keuangan saja masih berantakan. emoticon-Stick Out Tongue

Biar kalian waspada, dibawah ini gue akan share 5 tanda kalau kalian sedang menuju kebangkrutan atau kegagalan dalam mengatur keuangan. emoticon-Metal

1. Selalu merasa kurang

5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Kalau lo udah mulai ngerasa sering kehilangan kekasih, eh kehilangan kendali dalam keuangan maksud gue hahaha. Nah, kalau lo udah mulai gak bisa ngendaliin keuangan dan terus menerus cemas karena gak punya cukup uang buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Solusinya adalah dengan memasukkan daftar kebutuhan extra dan pengeluaran yang bersifat mewah dalam rencana pengeluaran. Jadi, kalau semua udah direncanakan, kita bisa mempertimbangkan kembali ketika akan membeli kebutuhan tersebut. Apakah harus dipenuhi atau tidak, karena kita bisa langsung menyesuaikan biaya pengeluaran ekstra tersebut dengan pendapatan tetap kita.


2. Sering membayar dengan kartu kredit

5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Meski kita diberi banyak kemudahan dengan menggunakan kartu kredit, bukan berarti kita harus melakukan semua transaksi keuangan dengan menggunakan kartu kredit. Orang akan menggunakan kartu kredit hanya karena tidak punya uang tunai atau memang kehabsian uang. Ini bisa dipastikan kalau keuangan kita memang buruk. Dengan menggunakan kartu kredit untuk membayar banyak transaksi, hanya akan menambah beban hutang kita. lebih baik ditinjau kembali, apakah anggaran keuangan yang kita buat sudah tepat akurat dan apakah kita sudah disiplin dalam membayar tagihan tepat waktu.

3. Tidak bisa menabung

5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Udah lama gak nabung? Udah sering ngalamin defisit setiap bulan? Itu artinya keuangan kalian bener-bener udah nyaris hancur. Masa buat nabung 20% dari penghasilan aja gak bisa? Kalau bukan karena uangnya habis untuk hal konsumtif, lalu buat apa lagi?

Kalau kalian udah bener-bener ngalamin hal ini, segera lah lakukan perbaikan agar keuangan kalian kembali normal. Mulailah untuk memaksakan diri menabung berapapun jumlahnya. Nanti kalau keuangan sudah normal kembali, kita bisa kembali menabung 20% dari penghasilan. Inget lho gan/sist, menabung itu penting banget buat hidup kita di masa sekarang maupun masa depan.

4.Dana habis untuk bersenang-senang

5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Gajian baru lewat seminggu, tapi uang udah tinggal ratusan ribu, semua karena dipake buat seneng-seneng manjain diri sendiri. Entah itu buat rekreasi, makan di restoran mahal atau mungkin membeli sesuatu dengan harga yang sangat mahal. Kalau kebiasaan ini terus berlanjut, siap-siaplah bangkrut bahkan sebelum kalian merasa sudah kaya raya. Kendalikan diri untuk gak gampang tergiur dengan hal-hal yang sifatnya terlalu konsumtif itu sangat penting, jangan sampai uang gaji yang kita peroleh dengan susah payah setiap bulan malah habis begitu saja tanpa ada bekasnya.

5. Gali lubang, tutup lubang

5 Tanda kebangkrutan yang harus ente waspadai

Ini tanda yang paling jelas terlihat. Orang kalau punya uang yang cukup, gak mungkin kan ngutang sana sini buat Menuhin kebutuhan hhidupnya sehari-hari. Tiap abis gajian, uang kepake buat foya-foya sampe lupa nyisain buat biaya hidup, akhirnya harus ngutang sama temen dulu. Gajian bulan depan harus bayar hutang, terus dipake buat foya-foya lagi, terus pinjem uang lagi sama temen. Gitu aja terus sampe avatar aang jadi gondrong.


Gak mau kan tiap bulan harus gali lobang tutup lobang? Makanya benerin deh anggaran keuangan kita. Ubah gaya hidup kita jadi lebih sederhana dan sesuai sama penghasilan kita biar gak besar pasak dari pada tiang.

emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir Tubrukan

Gue yakin pasti saat ini diantara kita ada yang lagi ngalamin tanda-tanda kebangkrutan diatas. Kalau emang ada yang lagi ngalamin, coba deh untuk berubah jadi lebih bijak dalam menggunakan uang. Nah, buat yang belom ngalamin, harus bisa lebih pinter nih nyimpen uang. Jangan berhenti untuk nabung, tambah investasi buat masa depan. Kalau bisa makin hari tabungan harus makin nambah jumlahnya.

Kenapa gak coba investasi apartemen aja? Kayak yang sekarang lagi gue lakuin. Gue ada rencana mau investasi apartemen di Kota Baru Meikarta di Cikarang. Kemarin udah booking fee 2juta, booking fee ini refundable kok! Gue pilih invest disini karena lokasi apartemennya strategis (keluar pintu tol Cibatu Cikarang), dan Kota Meikarta ini bakal dibangun jadi kota modern, dimana didalamnya bakal dilengkapi sama fasilitas-fasilitas umum yagn kita butuhkan. Misalnya rumah sakit, kampus-kampus ternama, convention center dan masih banyak lagi. Inilah yang bikin gue berpikir bahwa invest disini akan ngasih prospek yang bagus buat masa depan.

Segitu aja dari ane gan.


Terima Kasih.

emoticon-Kiss


Diubah oleh buku312 17-07-2017 19:56
0
6.1K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.