Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dwipasyaAvatar border
TS
dwipasya
Pilih Beli Apartemen atau Condotel ya gan ??
Kali ini ane mau bahas mengenai investasi gan, tau kan kalo investasi itu penting apalagi di properti. kalo kita punya anak nanti saat dewasa anak kita bisa nikmatin tuh gan hasil kerja keras kita beli properti itu. Jujur ane juga gak melek investasi, tapi ane nemu artikel mengenai apartemen dan condotel yang konon katanya mirip-mirip gitu gan. cekidot aje deh emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Perbedaan berinvestasi apartemen dengan condotel

Banyak sekali yang bertanya dan membandingkan investasi properti yang menguntungkan itu apartemen atau condotel disaat situasi seperti ini. Seperti yang kita ketahui, saat ini dari awal tahun 2015 hingga artikel ini dibuat, kondisi perekonomian Indonesia mengalami lampu kuning, mengapa dikatakan begitu?

Ø Terjadi perlambatan pertumbuhan dimana-mana, pembangunan infrastruktur tidak berjalan sesuai dengan semestinya
Ø Banyak pabrik yang sudah mulai berguguran
Ø Nilia turar mata uang asing terus menguat, kurs dollar masih diangka Rp 13.000 – Rp 13.500
Ø Dan hal lainnya berdasarkan pengamat dari pengusaha-pengusaha Indonesia

Tentunya kita yang saat ini masih memiliki dana untuk investasi, harus lebih jeli mau dialokasikan untuk instrument apa. Dalam hal ini, kami akan memberikan penjelasan instrumen investasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk referensi anda.


Pilih Beli Apartemen atau Condotel ya gan ??
Investasi Apartemen
Apartemen, Menurut Wikipedia adalah merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Dapat kita artikan bahwa apartemen adalah bangunan bertingkat, terdiri dari ruang-ruang unit, yang memiliki fasilitas didalamnya seperti swimming pool, children playground, fitness center, dan lainnya.

Lalu apa saja keuntungan bagi investor yang membeli apartemen ?

1. Capital Gain
Apartemen merupakan investasi property yang kenaikan harga unitnya sangat cepat, kita sering mendengar kata beli sekarang atau harga unit naik besok. Itulah daya tarik dari apartemen untuk para investor. Kenaikannya pun signifikan bisa lebih dari 24% dalam setahun tapi itu semua tergantung dari lokasi, konsep apartemen yang dijual, dan lain hal sebagainya. Untuk memaksimalkan capital gain, anda harus membeli apartemen saat sebelum launching, jadi jika anda ingin jual unit anda di tahun ke-2 atau saat unit sudah jadi anda sudah mendapatkan keuntungan yang tinggi.

2. Nilai Sewa
Investor dapat keuntungan lainnya berupa nilai sewa setiap bulannya jika unit apartemen yang dibangunnya sudah jadi. Tapi, anda sebagai investor apartemen harus mencarikan sendiri orang yang akan menyewa unit anda. Namun, biasanya pihak developer sudah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu memasarkan unit yang ingin disewakan.

Kekurangan dari apartemen
Karena penghasilan pasif dari apartemen diperoleh dari penghasilan bersih nilai sewa dengan mengalihkan beban biaya maintenance bulanan, biaya listrik, ini merupakan beban tersendiri bagi pemilik unit jika tidak mendapatkan penyewa unitnya dikarenakan biaya maintenance & service Charge terus berjalan setiap bulannya. Keadaan ini yang membuat investor bukannya untung malah buntung.



Pilih Beli Apartemen atau Condotel ya gan ??
Investasi Condotel
Condotel merupakan gabungan dari kata Condominium Hotel. Awalnya, condotel berasal dari Amerika yang merupakan bangunan tinggi dan mewah. Sama halnya dengan condominium, unit condotel juga dapat dimiliki oleh perseorangan. Dan saat pemilik tidak menempati unitnya, unit tersebut dapat disewakan layaknya hotel, dan biasanya dikelola oleh hotel management.

Tiap unit memiliki dapur, ruang duduk, kamar, balkon yang hampir semuanya mirip dengan apartemen. Fasilitas yang diberikan pun tergolong lengkap bahkan bisa lebih lengkap dari apartemen. Fasilitas outdoor dan indoor yang sangat lengkap seperti Private Jacuzzi, Mini Zoo ( Bird Cage ), Floating SPA, Jogging Track, Children Playground, Sky Lounge, Put-Put Golf, Riverside Resto, Wall Climbing, Wedding Chapel, Swimming Pool, Infinity Pool ( warm water), Tennis Court, Badminton Court, Canoo Beach, Rice Field, Villa, Cottage , Ballroom ( dapat menampung 800 orang dengan luas 1100 m2 ), Business Center, Convention Hall , Sport Center, Squash, Library, Karaoke Room, dan lain sebagainya. Jadi, bisa kita artikan condotel adalah condominium (apartemen) yang dioperasikan layaknya sebagai hotel.

Keuntungan memiliki Condotel
Saat anda membeli unit condotel, anda akan mendapatkan 6 keuntungan secara langsung :

1. Capital Gain, seperti halnya berinvestasi di instrument properti lainnya,membeli unit di condotel anda akan mendapatkan keuntungan nilai harga unit perbulannya. Hal ini juga tergantung lokasi condotel yang akan dibangun, developer yang membangun, konsep dari condotel itu sendiri, dan minat masyarakat untuk membeli condotel tersebut.

2. ROI (Return of Investment), yaitu guarantee yang diberikan pihak developer saat bangunan sedang berjalan atau saat operator baru mulai beroperasi. Biasanya besarnya nilai dari ROI berkisar antara 16 – 18 % untuk 2 tahun pertama dari developer. Nilai ROI tersebut pun tergantung pihak developer mau memberikan berapa kepada investornya.

3. Free Staying Point
Artinya Anda dapat mengguanak unit yang anda miliki berbasis pada point yang diberikan. Semisal developer memberikan free stay point 30 yang anda bisa habiskan dalam setahun. Cara menggunakannya adalah jika pada hari weekday terhitung 1 point untuk satu hari, sedangkan weekend terhitung 2 point yang dihabiskan untuk satu malam. Masing-masing developer pun memiliki konsep yang berbeda untuk perhitungan free stay point ini.

4. Free Service Charge dan Maintenance Fee
Berbeda halnya dengan apartemen, untuk investor condotel dibebaskan biaya servis dan maintenance karenan untuk pengelolaannya sudah diurus oleh pihak operator hotel.

5. Profit sharing
Karena pengelolaannya adalah dari pihak operator hotel, maka untuk keuntungan dari nilai sewa permalam di condotel menggunakan konsep bagi hasil. Biasanya pembagian hasil ini adalah 50 : 50 atau 40 : 60 untuk operator dan untuk pemilik unit. Anda sebagai pemilik unit hanya tinggal menunggu saja profit perbulan atau pertahun yang akan anda peroleh tanpa perlu repot mencari penyewa, mengurusi biaya manintenance dan lain-lain.

6. Buy Back Guarantee
Keuntungan lain dari memiliki condotel adalah anda selain dapat capital gain dan juga sharing profit, anda bisa dipastikan mendapatkan break event point dari nilai investasi yang anda tanamkan saat membeli unit. Misalnya anda membeli unit condotel saat harga 800 juta, pada saat 2 tahun kemudian harga menjadi 1,6 milyar, dan saat pengoperasian condotel anda mendapatkan 160jt pertahun. Diihat dari keuntungan tersebut, anda tentunya akan menyesal jika tidak berfikir cepat untuk segera berinvestasi di condotel.

Nah gan, tentunya agan dapat menarik kesimpulan apakah lebih memilih berinvestasi di apartemen atau condotel sekarang.

Sumber : Investasi Condotel

Maap ya gan kalo postingan ane jelek, maklum newbieemoticon-Ngakak (S)

Makasi ya agan-agan yang ganteng dan cantik-cantik udah mau mampir di thread ane emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Polling
0 suara
Beli Apartemen atau Condotel ya gan ?
hendri9158
hendri9158 memberi reputasi
1
4.3K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.2KThread25.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.