• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Piper: Film animasi berbobot, nontonnya cuma 6 menit, buatnya butuh 3 tahun

ADRKUSAvatar border
TS
ADRKUS
Piper: Film animasi berbobot, nontonnya cuma 6 menit, buatnya butuh 3 tahun
Ya, ada sebuah film animasi pendek berjudul ‘Piper’ (rilis Juli 2016) yang durasinya hanya sekitar 6 menit, tetapi proses pembuatannya memakan waktu 3 tahun. Film produksi Pixar Animation Studios dan Walt Disney Studios ini disutradarai oleh Alan Barillaro dan diproduseri oleh Mark Sondheimer. Film pendek ini menjadi film pembuka saat penayangan perdana film 'Finding Dory' di bioskop-bioskop.



Film ini hanya memiliki durasi sekitar 6 menit, dengan tokoh utamanya seekor anak burung, yang dalam bahasa inggris disebut 'piper' atau 'sandpiper', tepatnya jenis 'sanderling' (Calidris alba). Film pendek ‘Piper’ ini menceritakan pengalaman anak 'sanderling' yang lapar untuk mengatasi rasa takutnya terhadap gelombang air.



Dilansir dari businessinsider.co.id, bahwa inspirasi film ini datang dari pantai yang tak jauh dari lokasi Pixar Studios di Emeryville, California, di mana animator dan sutradara kawakan Alan Barillaro ketika itu sedang berjalan-jalan di pantai. Ia melihat tingkah laku ribuan burung 'sanderling' berlari menghindari air, tetapi kembali lagi setelah gelombang surut untuk mencari makan.


'sanderling' (salah satu jenis burung 'piper')

Ok, mari kita bahas ulang lagi sinopsisnya secara singkat. Film pendek ‘Piper’ ini menceritakan tentang seekor anak burung 'sanderling' yang mencoba mencari makanannya sendiri dengan dorongan induknya. Namun, dalam prosesnya , dia mengalami sebuah pengalaman yang membuatnya trauma akan gelombang air laut, dan si bayi burung yang 'cute' tersebut harus bisa mengatasinya untuk bisa bertahan hidup.



Gara-gara pengalamannya tersebut, si anak burung 'piper' menjadi takut terkena gelombang air pasang. Ia sempat menolak untuk meninggalkan sarang. Namun, akhirnya ia belajar dari sekelompok kelomang (dalam bahasa inggris disebut 'hermit crab') yang menggali pasir lebih dalam untuk menemukan makanan sekaligus melindungi diri saat gelombang air pasang datang, dengan cara masuk ke dalam lubang tersebut.





Pelajaran yang kita dapat, dalam setiap bidang kita harus belajar banyak dari orang-orang yang memiliki banyak pengalaman. Kalau kita belum mencoba, maka kita tidak bisa menguasai atau terampil dalam bidang tertentu.

Nontonnya cuma 6 menit, proses pembuatannya menghabiskan waktu 3 tahun. Kenapa ya? Diperlukan lebih dari satu setengah tahun untuk mengerjakan animasi bagi "Piper", yang mencakup 7 juta bulu-bulu yang diciptakan untuk burung-burung 'sandpiper' dan milyaran pasir untuk membuat pantai. Satu setengah tahun lagi dipakai untuk mengerjakan berbagai banyak hal. Benar-benar butuh banyak pengabdian dan pengorbanan.

Hasilnya tentu saja sangat berkualitas, terutama dari segi karya grafis dan 'visual effect' yang menggunakan teknologi animasi tercanggih masa kini. Tidak heran 'Piper' akhirnya dianugerahi piala Oscar untuk kategori Short Film (Animated) dalam Academy Awards 2017.

Penasaran? Coba lihat beberapa klip dari 'Piper', 'the best short animated film 2017'.


emoticon-Toast
0
76.3K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.