Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Bicara tentang pesona wisata Kyoto, kesan pertama yang langsung terbayang adalah aneka kuilnya yang megah nan anggun yang mana sebagian diantaranya telah menempuh perjalanan waktu ribuan tahun; aroma jejak peninggalan keluarga kerajaan yang masih terasa; dan tentu saja ada imaji tentang geisha yang melintas di jalanan kota, dengan latar bangunan-bangunan tua yang usianya jauh lebih tua dari kakek-nenek kita.

Itulah sebagian image yang terpatri setiap kali nama Kyoto disebut. Kota yang terletak di region Kansai tersebut memang punya segudang pesona yang sulit untuk diabaikan. Tak heran jika Kyoto laris manis menjadi salah satu kota tujuan wisata Jepang favorit bagi para traveler, termasuk traveler dari Indonesia.

Namun, jangan hanya puas untuk sekedar datang dan update status Facebook kalau kalian tengah berada di Kyoto. Kota cantik ini punya segudang pesona yang tak hanya memukau penglihatanmu, namun juga legit untuk dibagikan dalam akun Instagram-mu.

Coba deh abadikan sejumput kenangan di tempat-tempat fotogenik berikut ini. Jangan salahkan jika follower Instagram kalian bakal ikut jatuh cinta dengan Kyoto, seperti halnya kalian yang akan terus rindu untuk kembali bisa menjejakkan kaki lagi di kota ini.


1. Gemerisik bunyi dedaunan bambu di Arashiyama Bamboo Forest tak hanya sukses menenangkan hati yang galau. Pemandangan hutan bambu ini pun akan terlihat keren di Instagram-mu.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Arashiyama Bamboo Forest, via frenchiesenvoyage/instagram

Hutan bambu sih banyak ditemukan di Indonesia. Tapi pemandangan jalan setapak membelah hutan bambu yang tingginya menjulang beberapa puluh meter? Itu baru luar biasa. Epik. Dan pemandangan tersebut bisa kalian temukan di Arashiyama Bamboo Forest di Kyoto, yang secara wajar dianggap sebagai salah satu pemandangan ikonik di Kyoto.

Menyusuri jalan setapak diantara deretan pohon bambu yang berdiri rapat jelas memberikan sebuah pengalaman yang sensasional. Apalagi pada momen dimana batang bambu sedikit menari kala ditiup angin, dan gemerisik dedaunannya terasa menggelitik telinga; membuat jalan sepanjang kurang lebih 500 meter ini pun terasa lebih panjang dari seharusnya karena waktu yang seolah berhenti disini. Bagian paling kerennya, jalan ini bisa kalian jelajahi tanpa tiket apapun alias gratis.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/dozPp
Akses: jalan kaki 5-10 menit dari Stasiun Saga-Arashiyama


2. Alam takkan pernah berhenti memukaumu. Begitu juga dengan keindahan lembah sungai Hozugawa yang dapat kalian nikmati sambil menaiki Sagano Romantic Train dan Hozugawa River Cruise.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Lembah Sungai Hozu, via kallae83/instagram
Sungai Hozu, atau Hozugawa, merupakan salah satu sungai yang punya makna sejarah penting bagi warga Kyoto. Semula sungai ini berfungsi sebagai jalur logistik dan transportasi. Saat popularitas jalur air sudah digantikan oleh jalur darat, sungai ini tetap saja mengundang orang untuk datang dan mengagumi keindahan pemandangan lembah di tepian sungai yang selalu berubah di keempat musim.

Ada dua cara istimewa untuk menikmati suasana di lembah sungai Hozu, yaitu dengan menggunakan Sagano Romantic Train dan Hozugawa River Cruise. Untuk pengalaman maksimal, lakukan saja kedua cara ini! Pertama, naiklah kereta wisata Sagano Romantic Train dari Stasiun Torokko-saga menuju Stasiun Torokko-kameoka. Lanjutkan dengan naik bus menuju titik keberangkatan Hozugawa River Cruise untuk naik kapal menyusuri sungai Hozu kembali ke arah hilir.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/eA10b
Biaya:



3. Selesai mengarungi Sungai Hozu, jangan lupa menyematkan keindahan jembatan ikonik Togetsukyo dalam galeri Instagram-mu.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Jembatan Togetsukyo, via mitsu_uno/instagram

Petualangan menggunakan perahu menyusuri Sungai Hozu akan bermuara di dekat sebuah jembatan paling ikonik di kawasan Arashiyama, yaitu jembatan Togetsukyo. Sekilas, bentuk jembatan ini terlihat sederhana. Namun jika diabadikan bersama pemandangan gunung yang jadi latar belakangnya, derajat keatraktifan jembatan ini pun akan meningkat berkali lipat.

Mau meningkatkan derajat kekerenan jembatan ini hingga ke level maksimal? Datanglah pada periode terbaik, seperti saat bunga Sakura di sekitar jembatan mulai bermekaran di musim semi; atau saat pepohonan di gunung yang jadi latar belakang jembatan ini mulai berubah warna di musim gugur; maupun saat jembatan Togetsukyo diberi iluminasi khusus pada momen festival Hanatoro di musim dingin.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/pr40y


4. Bukan sekedar nama, tapi paviliun emas di kuil Kinkakuji ini betul-betul terbuat dari emas. Kemilaunya yang tak lekang oleh waktu akan mengajari kalian tentang makna keindahan yang sebenarnya.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Seorang turis berkimono berpose di depan paviliun emas, via kanokrat_tawokhat/instagram

Salah satu bangunan yang paling banyak diabadikan di Kyoto adalah pavilun emas yang dimiliki oleh kuil Kinkakuji. Jadi, belum sah rasanya mengunjungi Kyoto jika kalian belum menambahkan sentuhan efek Instagram pada paviliun cantik yang terletak di tengah danau ini. Untuk melengkapi koleksi foto Instagram bertema Kinkakuji, berpose di tempat minum teh outdoor yang ada di jalur keluar akan menambahkan elemen “Jepang” dalam momen wisata kalian.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/jsyIB
Akses: 5 menit jalan kaki dari halte bus Kinkakuji-michi mae (bus no 101, 102, 204, 205)
Harga tiket: JPY400* (dewasa)
Website: < link > http://www.shokoku-ji.jp/k_access.html#


5. Walau nggak sungguh-sungguh berselimut perak, paviliun perak di kuil Ginkakuji tetap terlihat menawan dalam balutan efek kamera Instagram.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Ginkakuji, via kanokrat_tawokhat/instagram

Kyoto punya paviliun yang terbuat dari emas asli di kuil Kinkakuji. Selain paviliun emas, ada juga paviliun perak yang terdapat di kuil Ginkakuji. Sayangnya paviliun perak ini hanya sekedar nama, alias nggak sungguh-sungguh terbuat dari perak.

Pemilik awal dari paviliun perak ini adalah keturunan dari pendiri paviliun emas yang memang punya ambisi untuk menyaingi kejayaan nenek moyangnya dengan membangun paviliun tandingan. Sayangnya, hingga abad berganti pun paviliun ini nggak pernah merasakan kilaunya perak melapisi dindingnya.

Walau begitu, gaya arsitekturnya yang cukup mirip dengan paviliun emas membuat paviliun perak ini cukup keren dalam galeri Instagram-mu. Dan, jangan lupa juga untuk mengabadikan lautan pasir putih beserta gunung pasir buatan berbentuk kerucut terpancung yang menghiasi halaman Ginkakuji; sesuatu yang nggak bakalan kalian temukan di paviliun emas Kinkakuji.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/RRMQ3
Akses: naik bus no 5, 17, atau 100 dari Stasiun Kyoto
Harga tiket: JPY500*
Website: < link > http://www.shokoku-ji.jp/k_access.html#


6. Sambangilah Fushimi Inari Taisha, dan rasakan sendiri sensasi dramatis saat menyusuri ribuan torii berwarna merah.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Fushimi Inari Taisha, via sherendevina/instagram

Mau menambahkan unsur dramatis dalam galeri Instagram-mu? Kunjungilah kuil Fushimi Inari Taisha. Kuil ini memiliki sesuatu yang nggak dimiliki oleh kuil lain yang ada di Kyoto, yaitu senbon torii. Apa itu senbon torii?

Sebelum kenalan dengan senbon torii, ketahui dulu jika kuil Shinto memiliki sebuah pintu gerbang yang khas, yaitu berbentuk 2 pilar dengan batang horizontal di bagian atasnya dan disebut torii. Nah, senbon torii di Fushimi Inari Taisha ini sejatinya merupakan torii yang biasa ditemukan di berbagai kuil.

Hanya saja jumlahnya sangat fantastis karena mencapai ribuan torii! Aneka torii ini disusun rapat hingga membentuk lorong berwarna merah. Cobalah untuk melangkahkan kaki menyusuri lorong ini dari ujung ke ujung. Tak hanya nuansa dramatis yang akan didapat saat menikmati cahaya yang jatuh disela-sela torii. Kalian pun bisa mengabadikan sepenggal suasana fantastis untuk disematkan dalam Instagram.

Lokasi: < google maps > https://goo.gl/maps/tMJmB
Akses: via Stasiun JR Inari
Website: < link > http://inari.jp/


7. Jangan lupa untuk menyambangi kuil Kiyomizu-dera. Dari panggung kayunya yang tersohor itu kalian dapat menikmati pemandangan Kyoto dari ketinggian, dan foto-foto yang akan membuat takjub follower Instagram-mu.
Sepenggal Pesona Kyoto yang Akan Terlihat Keren di Instagram-mu
Kiyomizudera, via jhw_snap/instagram

Dari sekian banyak tempat fotogenik yang tersebar di penjuru Kyoto, Kiyomizudera termasuk salah satu yang paling mencuri perhatian para pecinta fotografi. Bintang utamanya tentu saja adalah panggung kayu setinggi 12 meter yang usianya sudah ratusan tahun. Jika dilihat dari hall Okunoin yang ada di sebelahnya, panggung kayu ini seolah terlihat berdiri anggun di tengah rimbunnya pepohonan, dengan latar pemandangan kota Kyoto di kejauhan.

Namun, jujur saja. Kiyomizudera ini termasuk salah satu spot yang paling mudah ditemukan dalam galeri Instagram para traveller yang pernah mampir di Kyoto. Walau begitu, kalian tetap bisa menambahkan sesuatu yang unik untuk membedakannya dari jepretan traveller lain.

Kuncinya ada pada pemilihan waktu berkunjung yang tepat. Jika kebanyakan foto mengabadikan keanggunan panggung kayu ini di tengah hamparan pohon berwarna hijau, mengapa tak mencoba melirik spot ini di musim gugur saat dedaunan berwarna merah menyala? Atau datanglah saat kuil ini tengah bermandi cahaya khusus, yaitu pada periode iluminasi Hanatoro di bulan Maret dan saat iluminasi musim gugur di pertengahan November.

Bonus:

Pagoda Koyasu yang terletak di ujung selatan area kuil ini termasuk salah satu spot keren untuk diabadikan lho. Dan kabarnya mereka yang mengunjungi tempat ini akan diberi kelancaran dalam proses melahirkan.

LANJUTAN
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
3.6K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.