Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laziestgulzzAvatar border
TS
laziestgulzz
5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah
5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

Selamat siang.. emoticon-Hai

Seorang manusia pasti punya cita-cita yang ingin dicapai dalam hidupnya, cita-cita yang akan membuat hidupnya lebih baik di masa depan. Ya iyalah, siapa sih yang tidak mau hidupnya tenang dan nyaman di masa tuanya nanti? Semua orang pasti mau. Bagaimana kita di masa depan nanti, semua tergantung bagaimana kita hidup sekarang.

Di bawah ini adalah 5 hal yang harus kita siapkan mulai sekarang demi masa depan yang lebih baik.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

1. Lahir dan Batin

Siapkan lahir dan batin karena sepuluh tahun mendatang keadaan kita mungkin akan berbeda dari sekarang. Kita punya istri/suami, kita punya anak. Kita bukan lagi seorang jomblo yang bebas hidup tanpa memikirkan orang lain. Kita harus bisa mengajarkan keluarga kita agar mempunyai iman yang kuat, agar tidak mudah terpengaruh atau terjerumus kepada hal-hal buruk.

Baik suami atau istri harus bisa saling mengingatkan untuk kebaikan kepada diri masing-masing dan kepada anak. Terutama suami yang nantinya akan menjadi seorang pemimpin dalam keluarga. Seorang pemimpin harus bisa menjadi panutan bagi istri dan anak-anaknya. Untuk itu, persiapan lahir dan batin sangat dibutuhkan untuk ini.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

2. Tempat tinggal

Meskipun tinggal bersama orang tua adalah hal yang menyenangkan, tapi ketika kita sudah mempunyai keluarga sendiri, kita akan berpikir bahwa tinggal terpisah dari orang tua adalah yang terbaik. Di saat kita sudah berumah tangga, kita tidak bisa lagi membagi privasi rumah tangga kita dengan siapa pun, sekalipun itu adalah orang tua kita. Selain karena malu aib kita dan pasangan akan diketahui oleh orang tua, juga karena tidak ingin merepotkan orang tua lagi. Mau tak mau jika kita tinggal dengan orang tua, pasti sedikit banyak kita akan meminta bantuan mereka untuk beberapa hal. Belajarlah mandiri dan cari tempat tinggal sendiri.

Contohnya adalah gw sendiri. Sejak awal menikah gw tinggal sama mertua di Bekasi. Gw dan istri gue kerja di Cikarang, kalau pulang kerja pasti capek dan istri gak sempet masak, apalagi nyuci piring dan lain-lain. Berangkat pagi pulang malam. Akhirnya gw dan istri memutuskan untuk beli apartemen di Cikarang, supaya dekat kantor pilihan kami adalah Apartemen Meikarta CIkarang, apartemen baru yang masih dalam tahap pembangunan. Sementara ini kami baru bayar booking feenya aja Rp 2.000.000. Kalau apartemennya sudah selesai pembangunan, gw dan istri bisa langsung pindah. Otomatis jarak antara kantor di kawasan industri dan tempat tinggal makin dekat, aksesnya pun mudah (keluar pintu tol Cibatu Cikarang). Kalau sudah ditempati, kami tidak perlu berangkat terlalu pagi dan pulang larut malam lagi.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

3. Biaya pendidikan anak

Jangan pernah katakana bahwa biaya pendidikan anak adalah hal penting tapi tidak penting untuk dipikirkan. Biaya pendidikan anak adalah hal yang sangat penting untuk kita pikirkan sejak dini! Bayangkan kalau kita tidak punya rencana untuk pendidikan anak. Setiap kali akan memasuki sekolah, kita akan bingung mendaftarkan anak kita ke sekolah yang mana. Niat hati ingin daftar ke sekolah terbaik, tapi apa daya dana tak sampai.

Biaya pendidikan semakin hari akan semakin mahal. Apalagi untuk perguruan tinggi, sangat tepat kalau kita sudah mulai merencanakan pendidikan dari sekarang. Mau sekolah dimana, berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa perkiraan jumlah uang yang harus disiapkan. Setelah itu, mulailah menabung untuk pendidikan anak.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

4. Asuransi jiwa

Mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk adalah hal yang harus dilakukan, karena kita sama sekali tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Dengan asuransi jiwa, kita bisa menjamin bahwa hidup kita akan terlindungi dari beban finansial ketika kita terkena musibah.

Misalnya, tiba-tiba kita sakit atau kecelakaan, pastinya aka nada biaya tak terduga untuk biaya pengobatan kita, dengan suransi kita tidak perlu lagi ketakutan tidak akan mendapat pengobatan karena tidak ada uang, asuransi akan meng-cover semua itu. Maka dari itu, dengan asuransi kita bisa hidup dengan tenang karena semua sudah di-protect oleh asuransi.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

5. Dana cadangan

Dana cadangan disini maksudnya adalah dana yang berguna disaat kita benar-benar sudah tidak punya uang. Contoh kecilnya adalah seandainya kita tiba-tiba terkena PHK. Di saat kita kehilangan pekerjaan, kita pasti tidak punya penghasilan lagi. Sedangkan keluarga tetap harus diberi nafkah. Dana cadangan bisa jadi solusi untuk mengantisipasi hal-hal semacam ini.

Selain itu, dana cadangan juga berguna jika kita sudah tidak bekerja lagi. Kita bisa mengambil alternatif menjadi seorang pengusaha dan menggunakan dana cadangan sebagai modal tambahan.

5 Hal Penting Untuk Masa Tua Supaya Hidup Gak Susah

Dari 5 hal ini adakah yang sudah kita siapkan? Jika belum ayo siapkan mulai sekarang. Lebih baik kita berusaha keras dulu sekarang, nanti kita tinggal memetic hasilnya saja.


0
7.6K
76
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.