Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
6 Tips dan Trik Wahid Agar Sukses Wisata Hemat ke Jepang
Bicara tentang Jepang memang nggak ada habisnya. Negeri yang kerap dijuluki sebagai negara matahari terbit dan negeri sakura tersebut memang layak dijadikan topik utama dalam berbagai bahasan, mulai dari segi teknologinya yang selalu terdepan, hingga aneka budaya pop-nya (seperti anime dan manga) yang dikenal oleh banyak negara di dunia.

Jika dilihat dari segi pariwisata, Jepang pun termasuk salah satu negara yang seksi di mata wisatawan. Ayolah, jujur saja. Siapa sih diantara kalian yang nggak berminat untuk pergi ke Jepang minimal sekali saja dalam seumur hidup? Jepang memang punya 1001 hal menarik yang akan menggoda iman para wisatawan untuk menjejakkan kakinya kesana.

Sayangnya, Jepang juga terkenal dengan image negara mahal. Segala sesuatu yang mahal dan berkelas identik dengan Jepang, dan image tersebut kurang cocok dengan budget traveller yang punya anggaran wisata setipis kertas.


Tokyo Tower di antara bangunan di Tokyo, via timecaptures


Fakta: Jepang memang mahal, tapi tak semahal yang dibayangkan

Pada kenyataannya, Tokyo memang dikenal sebagai salah satu kota termahal di dunia, begitu juga dengan Osaka. Tapi bukan berarti Jepang 100% mahal. Layaknya dua sisi dalam sebuah koin, dibalik image mahal yang disandang oleh Jepang, negara ini ternyata cukup ramah untuk wisatawan bermodal cekak. Tentunya, asalkan kalian tahu beberapa trik untuk melakukan wisata murah yang akan dibagikan disini.


Osaka Castle, via vebkraze


1. Semakin Murah Tiket Pesawat Yang Kalian Dapat, Semakin Besar Biaya Wisata yang Bisa Dihemat

Ilustrasi pesawat terbang, via isralux

Tiket pesawat jelas menjadi salah satu item yang memiliki porsi cukup dominan dalam sebuah anggaran wisata. Karenanya, perlu kejelian ekstra untuk memilih tiket yang akan dibeli. Coba deh rajin-rajin menyatroni berbagai situs budget airlines.

Terkadang ada saja promo yang diberikan oleh budget airlines dan membuat harga tiketnya terjun bebas hingga terjangkau masuk dalam dompet budget traveller . Jika normalnya harga tiket ke Jepang kira-kira 5-8 juta untuk pulang pergi, budget airlines bisa menawarkan antara 1,5-2 jutaan (pp)! Tentunya ada beberapa tips lain yang perlu kalian perhatikan agar bisa mendapat harga terbaik.

- Maskapai Budget airlines Berbasis di Malaysia Termasuk Salah Satu yang Paling Sering Mengadakan Promo Tiket Murah ke Jepang
Contoh promo dari sebuah maskapai, via blog.airpaz

Karenanya, berangkat dari Kualalumpur Malaysia biasanya akan jauh lebih murah dibanding berangkat dari Jakarta (atau kota lainnya di Indonesia) ke Jepang. Konsekuensinya, kalian harus membeli tiket ekstra untuk pergi dari Indonesia ke Malaysia.

- Jelilah dalam Memilih Kota Tujuan Wisata di Jepang, karena Itu Berpengaruh pada Anggaran.

Oasis 21, salah satu bangunan dengan arsitektur keren di Nagoya, via hirogiggs.exblog

Tiket pesawat menuju ke Bandara Haneda biasanya lebih ekonomis dibanding tiket menuju ke Bandara Narita; dan tiket ke Nagoya biasanya punya harga yang lebih ramah dibanding tiket ke Tokyo dan Osaka.

Hanya saja, biasanya budget airlines menuju Haneda akan mendarat menjelang tengah malam; dan Nagoya memiliki jarak tempuh yang cukup lumayan jika diakses dari kota tujuan wisata populer lainnya seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Yokohama.

Jadi pertimbangkan dengan baik kota tujuan wisata yang diinginkan dan jangan hanya mengincar tarif yang kelihatannya murah, namun ternyata mahal dari segi transportasi dari dan menuju kesana.

Tips Wahid:
Untuk wisata hemat, anggarkan maksimal 2,5 juta untuk tiket pesawat pulang-pergi ke Jepang (atau kira-kira 3 juta jika berangkat bukan dari Indonesia). Dan jangan mengincar musim keberangkatan tertentu karena terkadang kemewahan untuk pergi sesuai musim yang diinginkan hanya dimiliki oleh mereka yang punya budget ekstra.


2. Akomodasi Murah Meriah Banyak Bertebaran di Jepang Untuk Mereka yang Punya Jiwa Petualang

Setelah urusan tiket selesai, saatnya mengurus pos anggaran kedua yang kerap membuat budget wisata membengkak: akomodasi. Yaps, akomodasi termasuk salah satu masalah yang tricky. Bagi mereka yang hobi bertualang, masalah akomodasi mungkin bukan masalah besar karena tidur di tempat publik hanya dengan bermodalkan kantong tidur pun tak masalah.

Namun, mengingat nggak semua orang siap untuk tidur beratapkan bintang, berikut ini beberapa trik untuk menghemat biaya akomodasi tanpa harus membuat kalian 100% menggembel di Jepang. Tentu saja, faktor “kenyamanan” dan “anggaran” selalu berjalan seiring sejalan.

Jika ingin keamanan maksimal, maka anggaran pun harus maksimal. Sebaliknya, jika menginginkan anggaran yang minimal, maka mimpi untuk tidur di kasur super empuk dalam kamar hotel berbintang pun sebaiknya diserahkan pada mereka yang punya anggaran unlimited.

- Hari pertama, jangan sungkan atau gengsi untuk menginap di bandara.

Tidur di bandara Haneda, via lutfi-fadil

Jika kalian mendarat di Jepang saat malam hari, terutama jika mendarat sesaat menjelang tengah malam, jangan buang-buang uang untuk menginap di hotel. Lebih baik menginap saja di bandara dan kalian dapat menghemat beberapa ribu yen! Beberapa bandara di Jepang cukup terbuka pada wisatawan asing yang ingin menginap disana, yang dibuktikan dengan semakin mudahnya wisatawan untuk menginap di bandara tanpa harus berurusan dengan petugas.

Fasilitas di beberapa bandara pun sangat ramah terhadap budget traveller , dan justru seperti mengundang untuk dijamahi. Beberapa spot di Bandara Haneda, misalnya, telah dilapisi dengan karpet yang cukup empuk sehingga bisa ditiduri oleh wisatawan.

Kursi tunggunya pun tidak dilengkapi dengan pegangan tangan, jadi wisatawan dapat merebahkan badan secara maksimal di atas kursi. Kansai International Airport juga terkenal sebagai bandara yang ramah pada wisatawan asing. Jika diperlukan, kalian dapat meminjam selimut secara cuma-cuma saat menginap di bandara lho.

- Hari selanjutnya, pulihkan tenaga dengan menginap di akomodasi yang nyaman tapi hemat

Salah satu youth hostel di Jepang, via mahoutokoro.wikia

Kalau belum terbiasa dengan kenyamanan ala kadarnya, menginap di bandara mungkin akan membuat badan kalian pegal-pegal. Supaya badan nggak nge-drop, di hari kedua menginaplah di penginapan yang cukup nyaman, tapi harganya pun aman untuk ukuran kantong.

Carilah hostel khusus untuk backpacker, atau dormitori. Disarankan untuk mencari penginapan dengan rate maksimal 3000 yen (setara dengan Rp.330.000 untuk kurs 1 yen = 110 rupiah).

- Hari lainnya, bangkitkan semangat berpetualang dengan menjajal aneka jenis penginapan lain yang mungkin kurang biasa, tapi super hemat

Gambaran bilik di sebuah manga kissa, via ungatsensenom.blogspot

Jangan hanya terpaku pada hotel dan hostel saja. Di Jepang banyak lho beragam jenis tempat menginap lainnya yang mungkin kurang biasa, tapi harganya super miring. Misalnya saja manga kissa atau kissaten.

Tempat ini sejatinya merupakan sebuah perpustakaan manga, dan wisatawan hanya perlu membayar durasi waktu yang mereka habiskan disana. Biayanya kadang per-30 menit (bervariasi antara 100-300 yen), per-3 jam (700-100 yen), per-5 hingga 8 jam (1500-2500 yen).

Yang bikin mupeng, manga kissa ini kerap dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik seperti internet (sehingga manga kissa kadang sulit dibedakan dengan warnet biasa), kamar mandi, air minum gratis, CD/DVD gratis, vending machine, printer, televisi, konsol game, dan spot untuk menginap! Spot menginap pun biasanya privat, berupa bilik dengan komputer yang terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

Jika dibandingkan dengan dormitori biasa yang privasinya kurang, manga kissa ini sulit ditolak bagi mereka yang punya anggaran super terbatas namun enggan tidur di taman kota dan berselimut udara malam.

Dan, psst, terkadang love hotel menawarkan rate super miring untuk istirahat short time lho. Dimana lagi kalian dapat menikmati kamar privat dengan fasilitas super lengkap dengan harga yang tak jauh berbeda dengan hostel jika bukan di love hotel.

- Mengaku punya banyak teman? Kenapa tidak menghubungi mereka untuk melepas kangen sambil menginap bersama (dan menghemat biaya akomodasi)

Couchsurfing di Jepang, via 20yearshence

Banyak mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Jepang. Begitu juga dengan warga Indonesia yang mencari sesuap nasi dan segenggam berlian di negara tersebut. Jika teman kalian ada yang kuliah maupun bekerja di Jepang, coba deh untuk menghubungi mereka. Siapa tahu mereka tidak keberatan jika kalian berkunjung dan menginap untuk 1-2 malam. Bayangkan, berapa ribu yen yang bisa kalian hemat dengan tips ini!

Namun jika kalian tak memiliki teman yang berdomisili di Jepang, kalian bisa mengikuti program couchsurfing dan sejenisnya. Kalian bisa menjalin pertemanan dengan orang Jepang dan menginap secara gratis dirumahnya.

- Ingin berpindah dari satu kota ke kota lain? Lupakan shinkansen dan beralihlah ke bus malam.

Tidur di bus malam menghemat biaya akomodasi, via bittersweetbyte

Biasanya, shinkansen menjadi favorit bagi mereka yang akan pergi dari satu kota ke kota lain, misalnya dari Tokyo ke Kyoto. Namun jika kalian beralih menggunakan bus malam, ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Pertama, penghematan anggaran karena selisih harga tiket shinkansen dan bus malam cukup jauh. Dan yang kedua, kalian sekaligus menghemat biaya akomodasi karena bisa tidur selama di perjalanan.

- Saat Kantong Semakin Menipis, Restoran Fast Food 24 Jam pun Bisa Jadi Tempat Menginap.

Tidur di restoran cepat saji, via runawayguide

Oke, menginap di restoran fast food 24 jam mungkin bukan pilihan akomodasi yang mainstream. Tapi jika karena satu dan lain hal budget wisata menipis, jangan gengsi untuk mempertimbangkan opsi ini.

Cukup dengan membeli paket makan yang paling murah, kalian sudah punya hak untuk duduk manis di dalam resto dan pelayan resto takkan heran jika kalian lantas tidur disana karena –diluar dugaan- cukup banyak budget traveller yang melakukan hal tersebut.

Tips Wahid:
Jangan hanya terpaku pada akomodasi mainstream. Jika budget memang super tipis, jangan ragu untuk menjajal akomodasi unik di Jepang.

LANJUTAN
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
2.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.