wingchun.masterAvatar border
TS
wingchun.master
Tiongkok Berminat Investasi di Danau Toba Capai USD10 Miliar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan Tiongkok berminat untuk investasi di Danau Toba, Sumatera Utara hingga USD10 miliar.

Beberapa rencana sudah diutarakan oleh investor Tiongkok berupa pembangunan infrastruktur seperti rail way, listrik, pariwisata, dan industri real estate di daerah tersebut.


"Dia mau bangun railroad dari Medan sampai Danau Toba, dia mau bangun infrastruktur. Saya pikir dia mau investasi kecil, dia bilang 'kami siap sampai USD10 miliar'," kata Luhut dalam Rakornas Satgas Illegal Fishing, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Baca: Menpar: Kita Butuh USD5 Juta dari Tiongkok

Luhut menjelaskan, minat investasi Tiongkok ini bercermin dengan proyek Kawasan Industri Morowali. Luhut mengatakan, Tiongkok berminat karena data-data ekonomi seperti Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia bagus.

Selain itu, pengambilan keputusan dalam suatu proyek saat ini juga tergolong cepat. Serta, balik modal investasi di Indonesia juga cepat.

"Mereka lihat showcase tadi di Morowali bagus, mereka lihat data-data ekonomi kita bagus. Kita punya PDB lebih dari USD1 triliun. Prediksi Indonesia akan menjadi negara empat atau lima ekonomi besar dunia dalam waktu 2030," imbuh dia.

Luhut pun menambahkan, terkait dengan minat investasi Tiongkok ini tidak akan menambah utang negara karena bersifat bussiness to bussines (B to B). "Itu B to B, tidak? menambah utang pemerintah," pungkas dia.r.

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro...i-usd10-miliar
0
1.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.