Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sandracarlissaAvatar border
TS
sandracarlissa
Kenapa Selalu Ada Lambang Negara di Kelas? Ini Jawabannya!
Hola hola gan! Agan pernah ga sih bertanya-tanya, kenapa sih harus selalu ada lambang negara di depan kelas? Ada yang masih ingat urutannya? Pasti di posisi paling atas terdapat lambang negara kita, yaitu Pancasila dan di bawahnya terdapat foto Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Nah, biar ga makin jadi penasaran berkepanjangan, yuk kita bahas satu-satu makna terpendamnya!

1. Penumbuh Rasa Nasionalisme

Apa sih arti Nasionalisme? Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Nah, udah cukup jelas ya fungsinya apa. Selain penumbuh jiwa patriotisme, ternyata juga sebagai pengingat jati diri kita sebagai warga Indonesia.

2. Pengingat Pedoman Bangsa

Nah faktor penting seorang manusia bisa hidup sejahtera itu adalah dengan pahamnya siapa dirinya dan paham apa yang dia pegang. Karena kita tinggal di Indonesia, maka paham yang dipegang pun pasti jawabannya Pancasila. Karena beragamnya budaya Indonesia, penting banget gan untuk selalu mengenalkan pentingnya hidup bersemboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Setuju?

3. Mengamalkan Setiap Butir Pancasila

Hayoo adakah diantara agan yang mengetahui secara dalam setiap butir Pancasila? Selain mengetahui lambangnya, penting banget menjaga keutuhan arti dari Pancasila itu sendiri gan! Meski suka ditulis kecil-kecil di bagian bawah gambar sang garuda, yuk sempatkan diri untuk membaca dan memahami butir Pancasila satu per satu!

Nah dari ketiga poin yang ane jabarkan di atas, menurut agan hal apa lagi yang kalian paling ingat dari suasana kelas selain lambang negara tadi? Ruangannya? Situasinya? Atau retak di salah satu sisi dindingnya? Berbicara mengenai ruang kelas, ternyata di tahun 2014 hanya 30% aja lho ruang kelas yang layak pakai se-Indonesia! Bisa kebayang dong ga kondusifnya proses belajar mengajar di sisa ruang kelas lainnya?

Untuk menjawab masalah ini, pastinya Indonesia butuh solusi jitu nih untuk mengurangi angka ketidaklayakkan di atas. Nah bagi agan yang punya standar khusus mengenai karakteristik ruang kelas terbaik versi agan, boleh banget tuh dijabarkan satu-satu kriteria kelas terbaik di kolom komentar! Kan sekarang banyak tuh ruang kelas baik dalam lingkup sekolah SD sampai bangku kuliah pun yang menyatakan kalau kelasnya punya fasilitas terbaik bahkan sampai ada yang berstandar internasional. Yuk mulai membenahi bangsa, dengan berani mengeluarkan aspirasi untuk membangun negeri!
0
8.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.