Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya
Perkembangan teknologi telah membawa umat manusia kepada kecanggihan yang paling tinggi, salah satunya adalah berkembangnya ilmu-ilmu astronomi. Manusia mulai meneliti kehidupan yang ada di luar angksa, ditemukannya planet baru memunculkan ide untuk membuat kehidupan baru di planet tersebut. Tak terkecuali ilmuwan ternama Steven Hawking yang menyarankan manusia untuk segera berpindah ke planet lain.

Menurut Hawking, dalam 100 tahun ke depan, bumi tidak lagi bisa dihuni oleh umat manusia. Pemanasan global dan kerusakan atmosfer bumi menjadi salah satu pemicu dari kehancuran dunia. Menurut para ilmuwan, ada suatu tempat yang memungkinkan dapat dijadikan tempat tinggal sementara bagi umat manusia, yakni Planet Mars.

Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya
Hawking menjelaskan, sebelum menduduki Mars, umat manusia bisa singgah terlebih dahulu di bulan sebagai tempat tinggal sementara sebelum mencapai Mars. Namun ternyata banyak faktor yang harus manusia persiapkan sebelum benar-benar memutuskan untuk tinggal di Mars, salah satunya adalah situasi dan kondisi yang ada di planet tersebut yang tidak memungkinkan manusia untuk tinggal di planet tersebut.

Selain atmosfer yang dimiliki planet Mars yang tidak mampu menahan radiasi matahari, baru-baru ini para peneliti dari Universitas Edenburg menjelaskan bahwa tanah yang berada di Planet Mars memiliki senyawa kimia perklorat serta campuran klorin yang dapat membahayakan bahan organik seperti sel jika dipanaskan.

Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya
Dilansir dari laman Tempo, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Edenburg menunjukkan adanya radiasi UV, suhu rendah, serta tanpa oksigen ditambah dengan adanya senyawa perklorat semakin tidak memungkinkan manusia untuk hidup di planet tersebut. Para peneliti telah menguji bagaimana bakteri Bacillus Subtilis yang biasanya mengkontaminasi pesawat luar angkasa sebagai dummy tes apakah bisa bertahan bila radiasi UV digabungkan dengan peklorat. Hasil menunjukan bahwa bakteri tersebut meninggal setelah terkena radiasi UV, dan setelah terkena perklorat bakteri itu mati hanya dalam hitungan 30 detik saja. Akibat dari adanya radiasi UV dan peklorat, menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi terhadap bakteri tersebut.

Ternyata Planet Mars Tidak Layak Dihuni Manusia, Ini Penelitian Terbarunya
Pada akhirnya para peneliti menarik simpulan bahwa daratan Mars masih sangat berbahaya untuk di tinggali oleh manusia, hal ini diakibatkan adanya gabungan oksidan yang beracun; oksidan besi, radiasi UV, dan perklorat. Namun, menurut Jennifer Wadsworth, seorang penulis studi Astrobilogi sekaligus mahasiswa PhD Astrobilogi menuturkan bahwa kehidupan di Mars masih dapat ditemukan jika peneliti menggali lebih dalam lagi. Meski daratan Mars sudah dipastikan tidak dapat dihuni, tetapi masih ada potensi untuk meneliti di daratan yang lebih bawah lagi, hal tersebut memungkinkan level radiasinya relatif rendah.


Sejauh ini penelitan terhadap Planet Mars masih dilakukan. Jadi, kita tunggu saja ya kira-kira akan ada temuan apalagi ya terkait Planet Merah ini. Apakah suatu saat nanti kehidupan di Bumi akan pindah di Mars? Tapi terlepas dari itu, ada baiknya kita menjaga dan merawat bumi tercinta ini agar tidak binasa beberapa tahun ke depan.

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
4.7K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.