antariksadAvatar border
TS
antariksad
Bikin Merinding, Ini Kisah Seram Dibalik Lagu Nina Bobo
Hallooo Gan!
Welcome to my thread!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



"Nina bobo...oh Nina bobo. Kalau tidak bobo digigit nyamuk..."

Lagu tersebut mungkin udah ngga asing lagi buat kita. Lagu itu sering dinyanyikan sebagai pengantar tidur untuk anak. Namun banyak misteri dalam lagu tersebut. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, siapakah Nina yang disebutkan dalam lagu itu? Dilansir dari berbagai sumber, nama Nina dalam lagu disebut sebagai anak keturunan Belanda. Salah satu versi menyebutkan nama asli Nina adalah Nina Van Mijk. Gadis itu merupakan keturunan keluarga komposer musik klasik terkenal di Belanda yang tinggal di Indonesia.

Suatu malam saat hujan turun, Nina menjerit histeris, disusul beberapa suara pot bunga jatuh dan pecah dengan sendirinya. Kegaduhan itu membuat orang tuanya masuk ke kamar Nina. Tapi pintu kamar terkunci dari dalam sebelum akhirnya berhasil dibuka ayahnya dengan paksa. Berhasil masuk, ayah dan ibu Nina berusaha memeluk sang putrinya namun Nina menjerit histeris. Nina bahkan mengumpat dengan bahasanya sendiri.

Rambutnya lurus pirang Nina berubah layu dan berantakan, tatapan matanya berubah hitam legam membuat kedua orangtaunya di cekam rasa ngeri. “Kau Bukan Nina! Kau adalah roh jahat bersemayam dalam tubuh putriku! Pergi! Pergi!” teriak ibu Nina histeris. Sang ayah memutuskan untuk memasung Nina sementara sambil mencari jalan keluar dari masalah yang menimpanya.

Hari demi hari kondisi Nina makin memburuk. Kondisi tersebut membuat ayahnya frustasi dan memilih pulang ke Belanda meninggalkan anak dan istrinya. Hujan kembali turun di satu malam. Suasana yang mirip ketika pertama kali Nina berteriak histeris. Tapi kali ini beda. Di dalam kamar, Nina tampak begitu tenang.

Sang ibunda yang sangat kasihan ini sedikit merasa lega karena ngga lagi melihat putrinya histeris. Ia mencoba melihat anaknya yang tengah duduk di tempat tidurnya. Sang ibu memberanikan diri masuk ke dalam kamar anaknya dan bertanya apakah anaknya lapar. “Nina tidak lapar bu. Tapi boleh Nina minta sesuatu?," jawab Nina pada ibunya.

"Nina sangat mengantuk bu. Nina akan tidur pulas bila ibu mau menyanyikan sesuatu," imbuh Nina. Ibunya pun menyanyikan lagu seperti yang dikenal sekarang ini. Nina pun tidur dengan pulas dalam pangkuan ibunya. Namun Nina tak lagi bergerak, hembusan hangat nafasnya tak lagi tampak, detak nadinya tak lagi jalan, aliran darahnya berhenti. Ia benar-benar tidur untuk selamanya.

Konon menurut mitos yang beredar ketika ada yang menyanyikan lagu Nina Bobo untuk anaknya, ketika sang buah hati telah terlelap lalu lalu kamu meninggalkan sang anak, saat itu Nina datang dan membuat anak akan tetap pulas hingga pagi hari.

Nah adalagi ceriya versi lainnya Gan!



Dalam versi lain disebutkan bahwa Nina adalah anak campuran Indonesia-Belanda yang lahir pada tahun 1871. Nama lengkapnya adalah Helenina Mustika Van Rodjnik. Ibunya adalah seorang penari Jawa dan ayahnya adalah seorang Belanda bernama Van Rodjnik. Saat Helenina masih sangat muda, dia sering tidak bisa tidur di malam hari, lalu ibunya selalu bernyanyi untuk membuat Nina tidur. Dia tidak bisa tidur sebelum sebelum ibunya bernyanyi untuknya. Kemudian Van Rodjnik memintanya untuk membuat lirik dengungan itu.

Di rumah Nina ada banyak nyamuk setiap malam, jadi ibunya membuat lirik seperti yang biasa kami dengar sekarang. Pada tahun 1875, Helenina benar-benar sakit. Dia demam tinggi, dan itu berkepanjangan. Jadi setiap malam, ibunya bernyanyi untuknya membuat Nina tidur.

Kemudian pada tahun 1878, Helenina meninggal saat masih berusia 6 tahun. Seminggu kemudian, Van Rodjnik menemukan istrinya menyanyikan Nina Bobo di kamar mandi. Istrinya mengatakan bahwa dia mendengar teriakan Helenina di sana. Setelah itu, dalam kesedihannya, ia sering menyanyikan lagu itu.

Pada tahun 1929, ibu Helenina meninggal dunia. Van Rodjnik tinggal sendirian di rumahnya. Beberapa hal mengerikan terjadi di rumah, seperti suara tangisan bayi. Suatu hari, di tengah malam, dia terbangun oleh seorang gadis yang menangis dan berkata,

"Papa ... kenapa kamu tidak menyanyi untuk Nina?"

Setelah kejadian itu, pikiran ayah Nina terganggu. Akhirnya, dia selalu menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam, sendirian di kamarnya, sampai dia meninggal dunia.

Ngeriiiii Gaaaaaaan!!!!
Siap-siap tidur sendiri malem ini
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...


Sumur: ninaaa bobo~ oh nina bobo~
0
4.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.