destop92Avatar border
TS
destop92
Ternyata 5 Pasukan Elit Asing Ini Pernah Berperang Melawan TNI


Bicara soal Tentara Nasional Indonesia (TNI) ternyata dunia mengakui bahwa TNI memiliki pasukan khusus/elite yang sangat hebat dan bukanlah pasukan khusus sembarangan.

Mengutip boombastis, mereka memiliki kemampuan yang cukup tangguh dan tidak perlu diragukan lagi.

Seperti halnya pasukan tentara Amerika yang sering berhadapan dan bertempur dengan pasukan asing, ternyata tentara Indonesia juga pernah bertempur berhadapan langsung dengan pasukan asing.

Berikut adalah 5 pasukan elit asing yang pernah berhadapan dengan pasukan elite Indonesia.

Tentara Gurkha


TNI Bertempur melawan Gurkha terjadi pada tahun 1963 lalu saat Indonesia terlibat konflik dengan Malaysia karena Presiden Soekarno mengajak untuk mengganyang Malaysia.

Akhirnya pasukan Malaysia kewalahan menghadapi gempuran pasukan tentara Indonesia. Akhirnya Malaysia meminta bantuan Inggris, saat itu pula Inggris langsung mengirim pasukan komando SAS dan pasukan Gurkha ke Malaysia.

Hingga saat itu pasukan TNI harus berhadapan dengan 3 pasukan asing sekaligus.

Pasukan Gurkha berasal dari Nepal namun bertempur untuk Inggris. Pasukan ini memiliki senjata khas yaitu pisau Kukri. Dengan pisaunya, mereka bergerak dengan cepat dan menggorok leher musuhnya.

Dalam pertempuran di Sakilkilo pada 10 Juli 1964, satu peleton Tentara Nasional Kalimantan Utara berhasil meraih kemenangan melawan 2 peleton Gurkha.

Dalam perang tersebut, 20 orang Gurkha tewas namun tidak ada satupun korban jatuh di pasukan Indonesia.


Royal Malay Regiment


Pada 29 Desember 1963, 35 KKO (Korps Komando Marinir) atau yang sekarang disebut dengan Korps Marinir menyerbu markas Kalabakan.

Dalam serangan tersebut, 8 prajurit RMR meninggal dan 19 lainnya mengalami luka-luka. Namun tak ada korban di pihak KKO.

Royal Malaya Regiment adalah satuan unit khusus milik negara tetangga kita, Malaysia. Satuan ini sering juga disebut sebagai Ranger, dan mereka mampu bertempur di medan yang sulit dan dengan misi yang berat.


SAS Inggris


Pada 23 April 1965, pasukan Kopassus dan SAS pernah berhadapan langsung dalam penyerangan di Plaman Mapu, Kalimantan Barat. Dalam pertempuran tersebut, 9 orang prajurit SAS tewas, dan Kopassus kehilangan 2 orang prajurit.

SAS atau (Special Air Service) adalah pasukan khusus dari Inggris. Mereka juga disebut-sebut sebagai pasukan paling elit di dunia dengan teknologinya yang canggih dan jauh berada di atas teknologi pasukan Kopassus milik Indonesia.


Korps Mariniers


Korps Mariniers adalah pasukan baret hitam milik Angkatan Laut Belanda. Ketika di Indonesia terjadi konflik Trikora, Belanda mengandalkan pasukan ini dalam pertempuran melawan TNI.

Saat itu, L.B Moerdani dengan pasukan naga yang di Irian Barat berhasil disergap oleh pasukan Belanda. Pasukan tersebut tidak dapat dideteksi karena kemampuan mereka bergerak dengan sangat senyap.

PGT atau Pasukan Gerak Tjepat juga pernah terlibat bentrok dengan satuan angkatan laut Belanda ini.


Korps Commandotroopen


Pasukan baret hijau ini juga merupakan milik Belanda. Dulu, pasukan elit Belanda ini bernama Korps Special Tropen. Namun, namanya kemudian diganti dari KST menjadi KCT.

Korps Commando Troopen ini juga pernah berhadapan langsung dengan TNI. Hal ini terjadi ketika TNI pada masa revolusi kemerdekaan dan adanya konflik RMS di Ambon. Pendirian Kopassus sendiri mengacu pada satuan asal Belanda ini.


sumber: arah.com


Deretan Kapal Perang Buatan Indonesia Bikin Negara Tetangga Ciut
Diubah oleh destop92 09-07-2017 06:43
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.