Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

destop92Avatar border
TS
destop92
5 Destinasi Liburan Bersejarah Yang ada di Semarang


Arah- Kota Semarang bisa menjadi pilihan tujuan wisata Anda untuk mengisi liburan bersama keluarga. Di sana terdapat cukup banyak lokasi wisata bersejarah yang unik dan menarik, yang bisa menambah pengetahuan anak-anak akan sejarah dan budaya negerinya. Berikut ini 5 lokasi wisata bersejarah terpopuler di Semarang yang bisa Anda singgahi.

1. Lawang Sewu


Objek wisata Lawang Sewu dahulu merupakan bekas kantor perusahaan kereta api milik pemerintah kolonial. Bangunan yang terletak di kompleks Tugu Muda tersebut dibangun sejak tahun 1903 sampai dengan 1907.

Saat Jepang berkuasa, bangunan tersebut dijadikan sebagai tempat peristirahatan para tentara mereka. Namun setelah kemerdekaan, Lawang Sewu sempat digunakan sebagai kantor DKRI (Jawatan Kereta Api Indonesia), kantor KODAM IV Diponegoro, dan Dinas Perhubungan Jawa Tengah. Kini, bangunan berdesain arsitektur unik dengan ratusan pintu tersebut sudah dipercantik menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Semarang

2. Kelenteng Sam Poo Kong


Terletak di Jalan Simongan Nomor 129, Kelenteng Sam Poo Kong tidak hanya menjadi lokasi ziarah para pemeluk agama Konghucu, tetapi juga menjadi salah satu lokasi wisata favorit umat agama lain. Umumnya, para wisatawan senang berkunjung ke kelenteng ini karena desain bangunannya yang begitu indah dan megah.

Kelenteng Sam Poo Kong dibangun pada tahun 1724. Bangunan dipersembahkan oleh masyarakat Tionghoa sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho, yang sudah dianggap sebagai leluhur mereka. Menurut cerita, dahulu lokasi tersebut merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berlindung Laksamana Cheng Ho saat kapalnya terdampar di Semarang. Namun sejak dibangun pertama kali, bangunan tersebut sudah mengalami perubahan beberapa kali. Kini, Kelenteng Sam Poo Kong sudah menjelma menjadi sebuah bangunan besar dan artistik yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

3. Gereja Blenduk


Saat mengunjungi Kota Lama Semarang, Anda tentu akan menemukan cukup banyak bangunan kuno peninggalan Belanda. Namun, salah satu bangunan yang cukup menyita perhatian wisatawan adalah Gereja Blenduk.

GBIP Immanuel atau Gereja Blenduk dibangun pertama kali pada tahun 1753 dengan model bangunan rumah panggung. Setelah itu, gereja tersebut mengalami perubahan beberapa kali. Sementara itu, bentuk bangunan yang ada saat ini merupakan renovasi terakhir yang dilakukan HPA De Wilde pada tahun 1894.

4. Masjid Layur


Kawasan pesisir utara Semarang sejak zaman dahulu memang sudah dikenal sebagai jalur perdagangan yang cukup ramai. Tidak hanya dari Nusantara, sebagian pedagang bahkan datang dari Semenanjung Melayu dan Timur Tengah. Salah satu saksi sejarah kejayaan kawasan tersebut adalah Masjid Layur atau yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Menara.

Masjid yang terletak di tepi Kali Semarang ini dibangun pada tahun 1743. Masjid tersebut dibuat dengan memadukan gaya arsitektur khas Jawa, Timur Tengah, dan Melayu. Masjid Layur, kini menjadi salah satu masjid tertua di Semarang yang masih berdiri kokoh dan banyak dikunjungi wisatawan.

5. Museum Ranggawarsita


Museum yang terletak di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor 1 Semarang ini dibangun sejak tahun 1975 dan diresmikan pada tahun 1989. Di dalam bangunan berbentuk joglo tersebut, Anda dan keluarga dapat menyaksikan berbagai jenis koleksi bersejarah mulai dari zaman purbakala sampai pasca-kemerdekaan. Dengan mengunjungi lokasi wisata ini, anak-anak bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu.

sumber: arah.com
Diubah oleh Kaskus Support 03 07-07-2017 06:34
0
16.8K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.