Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yoreumhanAvatar border
TS
yoreumhan
Yakin Agan Udah Makan Secara Sadar?


Padatnya aktivitas sehari-hari, kadang membuat Agan lupa untuk mengonsumsi makanan. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan makan secara sadar atau mindful eating dapat menimbulkan kesadaran lebih besar tentang bagaimana dan mengapa Agan makan. Kesadaran yang disempurnakan ini dapat mengurangi "makan tanpa berpikir" dan kemudian membantu manajemen berat badan. Selain itu, mindful eating bahkan bisa mendukung Agan menikmati pengalaman makan yang lebih tepat dan sempurna. Cek 6 tips ini biar Agan bisa makan dengan tingkat kesadaran yang oke:

1. Matikan atau diamkan gadget



Bahkan saat Aganmakan di rumah, ini bisa membantu untuk meminimalkan gangguan. Karena mulai dari teks, tweet, email dan pos tersebut akan tetap ada setelah Agan selesai makan. Maka dari itu, luangkan waktu untuk bersantai dan menikmati makanan Agan tanpa semua gangguan.

2. Ambil momen untuk membersihkan kepala



Hargai makanan yang ada di depan Agan. Karena, butuh banyak persiapan untuk menghasilkan makanan yang akan Agan makan. Oleh karena itu, perlambat kecepatan makan Agan dan berhenti sejenak untuk mengucap rasa syukur.

3. Gunakan indera yang Agan punya



Makan dengan sadar melibatkan semua 5 indera, jadi perhatikan penampilan, aroma, tekstur, rasa, dan suara makanan kamu. Jangan langsung telen aja Gan!

4. Memberi nama rasa



Waktu Agan mengonsumsi makanan atau cemilan, maka pertimbangkan 5 cita rasa dasar dan yang kamu alami. 5 selera dasar seperti gurih, pahit, manis, asin dan asam. Bahkan, kadang makanan bisa mengandung lebih dari satu rasa. Kalo udah gitu, Agan bisa ngga bedainnya?

5. Perhatikan teksturnya



Apakah makanan yang Agan gigit itu renyah, lembut, kering atau lembab? Dengan memperhatikan tekstur setiap gigitan yang Agan makan bisa membantu membuat pengalaman makan menjadi lebih disengaja. Mungkin Agan bakal menemukan kalo Agan lebih suka renyah dan kering dibandingkan dengan krim dan lembab.

6. Menurunkan set garpu



Di sela gigitan, tempatkan peralatan ke piring Agan untuk membantu memperlambat laju makan. Makan dengan penuh perhatian adalah sebuah pengalaman, inget Gan, makan bukanlah sebuah perlombaan. Kebiasaan ini juga bisa membantu mencegah terlalu banyak makan.


Mindful eating tidak selalu membutuhkan ruang yang sepi di rumah. Coba tips ini untuk berlatih makan secara sadar dimanapun, bahkan saat berpergian. Entah Agan lagi makan, menikmati camilan, atau memanjakan diri, tapi mengonsumsi makanan dengan penuh perhatian dapat membantu membuat pengalaman makan Agan lebih berkesan.
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Sumur Makan Harus Sadar
0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.