Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Empat Proyek Migas Jadi Prioritas



PEMERINTAH memutuskan empat proyek blok minyak dan gas bumi (migas) masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal itu disebabkan keempat proyek itu menghasilkan gas dengan kapasitas besar yang akan memenuhi kebutuhan energi masa depan.



Keempat proyek tersebut adalah kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Tangguh Train 3 milik British Petroleum (BP) Berau Ltd, pengembangan Blok Masela yang dioperatori Inpex Corporation, proyek lapangan gas laut dalam (Indonesia deepwater development/IDD) milik Chevron, dan lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu.



"Jambaran Tiung Biru, IDD, Tangguh, Masela, semua gas. Ini masa depan energi kita yang kelihatannya banyak gas ketimbang minyak. Karena itu, kita harus efisien, pakai teknologi yang tepat," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, di Jakarta, kemarin. Dengan masuk daftar PSN, keempat proyek itu diharapkan dapat menambah pundi-pundi devisa negara. Keempat proyek juga dipastikan akan dapat memenuhi kebutuhan gas domestik tanpa perlu mengimpor.



"Nanti proyek ini bisa memenuhi kebutuhan 10-20 tahun," kata dia. Karena masuk prioritas, Arcandra melanjutkan pemerintah akan berupaya agar pengembangan dapat dilakukan secepat mungkin terutama terkait dengan penggunaan teknologi.



Terlebih, dengan masuk PSN, pembangunan keempat proyek itu akan diatur di dalam peraturan presiden (perpres) sehingga bisa mendapatkan kemudahan seperti pembebasan lahan serta kemudahan perizinan. Sebelumnya, ada tiga proyek migas nasional yang juga masuk proyek strategis nasional, yakni Kilang Bontang, Kilang Tuban, dan Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Kilang Cilacap. (Ant/E-4)






Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...tas/2017-07-05

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Koster dan Mantra Bersaing di Bali

- Pepe Pindah ke Besiktas Setelah 10 Tahun Bela Real

- Era Sembunyi dari Pajak Berakhir

0
532
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.5KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.