Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

destop92Avatar border
TS
destop92
Ini Alasan Jendela Pesawat Dibuka Saat Tinggal Landas & Mendarat


Bagi kamu yang sering bepergian dengan pesawat, pasti sudah tidak asing dengan permintaan awak pesawat untuk selalu membuka jendela pesawat tiap tinggal landas ataupun mendarat.

Duh, padahal kan silau. Begitu masuk pesawat ingin langsung tidur. Atau beberapa orang merasa tidak nyaman jika terlihat pemandangan di luar karena fobia ketinggian.

Nah, ini lho ternyata alasan penting, kenapa jendela pesawat harus selau dibuka saat tinggal landas dan mendarat, seperti dilansir Brigthside.

1. Kamu bisa cepat melihat jika situasi darurat

Proses lepas landas dan pendaratan terbilang fase-fase yang krusial dan rawan terjadi kecelakaan. Bukan hanya awak pesawat yang harus siaga, penumpang pun harus tetap waspada. Jendela yang terbuka akan membantu Anda mengetahui kondisi di luar, bahkan termasuk pada saat kondisi darurat.

2. Sinar dari luar menjadi sumber cahaya

Saat lepas landas dan pendaratan, sinar dari luar menjadi satu-satunya sumber cahaya di dalam kabin, karena lampu utama pasti dipadamkan. Lagipula dengan membiarkan jendela terbuka, mata kamu akan tetap terbiasa dengan cahaya matahari apabila terjadi situasi genting.

3. Memudahkan tim penyelamat melihat kondisi kabin

Saat pesawat gagal lepas landas ataupun mendarat tidak sempurna karena terjadi kesalahan, maka tim penyelamat dari petugas bandara akan segera mengevakuasi penumpang. Jendela yang tertutup akan menghalangi mereka melihat kondisi dalam kabin. Maka biarkanlah terbuka agar tim penyelamat bisa segera mengetahui dan dapat mengambil keputusan dengan cepat tentang langkah penyelamatan apa yang akan dilakukan.

4. Melindungi diri dari cedera

Bila hal yang tidak diinginkan benar-benar terjadi, pesawat kolaps dan terjadi kerusakan pada kabin pesawat, jendela yang terbuka ini justru akan menyelamatkan hidup kamu. Sebab bila jendela diturunkan, besar kemungkinan lapisan plastiknya mudah retak dan terlontar ke arah kamu. Jika sudah begitu, cedera pun tak bisa terhindarkan.



Jadi, tahan sedikit kantuk kamu. Toh setelah pesawat mapan berada di ketinggian yang aman kamu sudah boleh menutup jendela. Bagi kamu yang punya fobia pada ketinggian, mintalah pada petugas check in untuk memilihkan tempat duduk yang tidak tepat di samping jendela.

Selamat terbang!

SUMBER
Diubah oleh kaskus.support16 05-07-2017 01:32
0
3.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.