Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4chan.orgAvatar border
TS
4chan.org
Inspiratif! Jadi Percaya Diri Karena 'Bantuan' Warna-warna Ini
Inspiratif! Jadi Percaya Diri Karena 'Bantuan' Warna-warna Ini


Sedang lesu dan ingin membangkitkan kepercayaan diri? Pakai sesuatu yang berunsur warna merah!

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology menemukan bahwa orang merasa lebih menarik secara fisik saat mereka mengenakan warna yang berapi-api.

Periset dari Jerman mengamati perilaku 180 mahasiswa yang terbagi dua kelompok. Satu kelompok pakai kemeja merah dan kelompok lainnya mengenakan kemeja biru. Mereka diletakkan di bilik-bilik kecil yang berisi cermin untuk mengamati pantulan mereka sendiri. Mereka juga melakukan satu percobaan di mana mereka mengambil foto diri mereka sendiri dan bukan melihat ke cermin.

Setelah itu, mereka diminta untuk mengisi sebuah survei. Dalam survei tersebut mereka ditanyai seputar tentang betapa menariknya mereka memandang diri mereka sendiri.

Mereka yang memakai warna merah menilai diri mereka lebih tinggi dalam daya tarik dibandingkan dengan yang lain. Mereka juga menilai diri mereka lebih menarik dalam hal daya tarik seksual.

Namun demikian, ternyata 'efek merah' ini tak selalu memberikan efek yang sama pada setiap orang. Beberapa orang yang cenderung lebih pemalu dan tidak suka menjadi pusat perhatian justru merasa kurang nyaman memakai pakaian warna merah. Meski persepsi itu bisa saja berkurang seiring berjalannya waktu.

Inspiratif! Jadi Percaya Diri Karena 'Bantuan' Warna-warna Ini


"Kami perlu menyelidiki apa dan bagaimana karakteristik kepribadian yang berbeda berinteraksi dengan efeknya," penulis studi Anne Berthold, seorang peneliti dari University of Zurich, mengatakan kepada PsyPost.
"Bisa saja efek percaya diri ini hilang saat seseorang memakai warna merah setiap hari," lanjutnya.

Berthold juga mengatakan bahwa mungkin yang dinilai orang bukanlah karakter seseorang yang pakai baju merah. Besar kemungkinan persepsi itu dampak dari pancaran warna merah yang menarik perhatian.

Selain itu, 180 peserta adalah ukuran sampel yang agak kecil. Sulit untuk mengetahui apakah ini bisa berlaku untuk populasi umum. Belum lagi jika bicara tentang jenis kelamin apa yang mengenakan pakaian merah tersebut.
Tetapi setidaknya penelitian ini sudah cukup membuktikan bahwa Anda bisa mengubah persepsi orang lain terhadap Anda dengan manipulasi warna.

Jadi, tak ada salahnya kok, memberi kesempatan untuk warna merah. Tapi hal yang pasti: warna apapun yang Anda kenakan, Anda dapat terlihat hebat jika Anda selalu percaya diri!

sumber: arah.com
0
1.3K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.