Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrifaiAvatar border
TS
mrifai
Kotak Hitam Helikopter Basarnas Ditemukan
Kotak Hitam Helikopter Basarnas Ditemukan



Jakarta, CNN Indonesia -- Kotak hitam pesawat helikopter Badan SAR Nasional (Basarnas) yang jatuh di kawasan perbukitan di Desa Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung, telah ditemukan.

Kasi Operasi Peralatan dan Komunikasi Basarnas, Agus Tamim, mengatakan kotak hitam helikopter sudah ditemukan tim pada Minggu (2/7) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

"Kotak hitam tersebut baru dibawa turun pada Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB," kata Agus di Temanggung, Senin (3/7).

Ia mengatakan kotak hitam tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak berwenang untuk diperiksa.

"Melalui kotak hitam tersebut bisa diketahui data rekaman pembicaraan pilot dan data cuaca," ujarnya.

Ia juga mengatakan untuk mengevakuasi bangkai pesawat akan dilakukan pemotongan agar bisa dangkut.

Berdasarkan pantauan di Desa Canggal, warga dilarang mendekat ke lokasi reruntuhan pesawat. Jalan menuju ke lokasi dijaga oleh aparat Polres Temanggung dan Kodim 0706 Temanggung.

Masyarakat hanya bisa menyaksikan lokasi jatuhnya pesawat dari kejauhan di beberapa titik di Desa Canggal.
Sebagian serpihan bangkai pesawat kini damankan di Posko Evakuasi di Desa Canggal.

Helikopter milik Basarnas jatuh menabrak tebing ketika tengah memantau letusan kawah Sileri kawasan pegunungan Dieng, Banjarnegara, yang mengeluarkan letusan fratik atau letusan gas pada Minggu (2/7) siang. (stu)

sumber

Kotak Hitam Heli Basarnas yang Jatuh di Temanggung Ditemukan



SEMARANG, KOMPAS.com – Kotak hitam atau black box dari helikopter HR 3602 milik Basarnas yang jatuh di Temangggung, Minggu (2/7/2017), sudah ditemukan. Kotak hitam akan dibuka untuk mengetahui penyebab terjadinya insiden kecelakaan itu.

“Black box sudah diamankan Basarnas,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Senin (3/7/2017).

Kotak hitam itu nantinya akan dibuka oleh ahlinya. Menurut Condro, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang nantinya akan mengumumkan hasil temuannya.

Delapan jenazah penumpang heli itu sudah diangkat. Empat orang adalah pilot dan kru pilot heli sedangkan sisanya personel dari Kantor Basarnas Semarang.

“Malam ini, tim bekerja, DVI lakukan identifikasi. Besok mudah-mudahan sudah selesai, termasuk mengumpulkan data dari jenazah,” kata Condro.

Helikopter HR 3602 jatuh di menabrak tebing Gunung Butak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Heli berwarna oranye tersebut sebelumnya disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Heli tersebut lalu diinstruksikan bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi korban letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

sumber

Sulitnya Evakuasi Kotak Hitam Helikopter Basarnas



VIVA.co.id – Kotak hitam helikopter Dauphin milik Basarnas Jawa Tengah yang menabrak tebing di Gunung Butak, Kabupaten Temanggung, telah ditemukan. Kotak hitam berhasil ditemukan tim penyelamat gabungan sekira pukul 01. 00 WIB, Senin dini hari, 3 Juli 2017.
"Kami sudah temukan kotak hitam malam ini juga. Pukul 01.00 WIB kami jemput kotak hitam itu," kata Kepala Seksi Operasi dan Komunikasi Basarnas Pusat, Agus Tamim di Posko Utama Basarnas di Desa Canggal, Candiroto, Temanggung.

Agus menyebut, proses evakuasi terhadap kotak hitam helikopter Dhaupin HR-3602 tersebut berlangsung cukup sulit. Mengingat badan pesawat yang sebagian hancur di sisi jurang Gunung Butak.

"Ditemukan susah sekali karena sebagian badan helikopter berada di jurang. Salah ngambil, anggota kami jatuhnya ke jurang. Alhamdulillah kotak hitam dapat dan kotak hitam selamat, " jelasnya.
Ia menyebut, posisi kotak hitam tersebut masih berada di badan pesawat dan masih utuh. Meskipun kondisi helikopter berada di pinggir jurang dan nyaris hancur.

Kotak hitam yang umumnya disebut Black Box biasa ditempatkan dalam kabin pesawat terbang untuk mengetahui percakapan awak atau pun kru selama di udara. Teknologi tersebut juga akrab dengan istilah teknologi Call Data Recorder atau CDR.

"Besok pagi (hari ini) kita serahkan ke Badan SAR dan beliau nanti dengan KNKT. Kami amankan dulu, " ujarnya.
Saat ini kotak hitam telah dibawa ke Posko Utama SAR di Desa Canggah. Meski kotak hitam telah ditemukan, namun lokasi kejadian pesawat masih dijaga oleh tim gabungan, baik dari TNI, Kepolisian, tim SAR.

"Tim masih standby mengamankan lokasi, karena nanti barang-barang yang belum bisa kami ambil malam ini. Jadi operasi kami setop dulu. Besok (hari ini) kami naik lagi untuk membantu mengevakuasi barang-barang yang ada di sana," beber dia. (ase)

sumber

semoga lekas menemukan penyebabnya untuk ditangani dan antisipasi kedepannya emoticon-Cool
Diubah oleh mrifai 03-07-2017 03:48
0
14.2K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.