Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karikai04Avatar border
TS
karikai04
Survei Membuktikan, Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri Masih Tinggi
Quote:

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih dipercaya. Persepsi negatif masyarakat terhadap Polri perlahan luntur. Berdasarkan hasil survei dari Litbang Kompas, meningkatnya kepercayaan publik didasari pada kinerja Polri yang dinilai semakin membaik.

Nyaris separuh responden survei menyatakan bahwa Kinerja polri secara umum semakin baik dibanding tahun lalu, dengan rincian 46% semakin baik, 32,7% tetap baik, 10,5% tetap buruk, dan 10,3 % makin buruk. Sementara sisanya yakni 0,4% menjawab tidak tahu.

Selain kinerja umum Polri, survei yang dilaksanakan dalam rentang waktu 14-16 Juni 2017 tersebut juga juga meminta penilaian masyarakat terhadap proses kerja Polri.

Ada tiga variabel survei yakni dengan pertanyaan tertutup tentang independensi dan profesionalitas Polri termasuk di dalamnya persoalan penyuapan dan birokrasi penyelesaian laporan.

Sebanyak 63,9 % responden menilai Polri sudah profesional dalam menjalankan tugasnya. Sementara untuk tingkat independensi sebanyak 47,3% masyarakat yang menilainya demikian, 48,9% responden menjawab Polri belum independen, sementara 3,8% lainnya tidak tahu dan tidak menjawab.

Untuk diketahui, survei Litbang Kompas menggunakan metode jajak pendapat melalui telepon yang melibatkan 474 responden berusia minimal 17 tahun berbasis rumah tangga dipilih secara acak bertingkat di 14 kota besar di Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pontianak, Samarinda, Manado, Makassar, Ambon dan Denpasar.

Jumlah responden ditentukan secara proporsional di tiap kota. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen nirpencuplikan penelitian +- 4,5 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi.

Quote:

lembaga surveinya litbang kompas, tapi... kok ane ragu yah emoticon-Ngakak
0
3.7K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.