Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS
Program Televisi memiliki kekuatan besar bagi kehidupan termasuk di Indonesia. Jangkauannya yang luas menjadikan TV sudah menjadi bagian hidup masyarakat, bahkan tak bisa dipungkiri bahwa TV mengambil peran bagi perkembangan suatu negara. Di Indonesia sendiri perkembangan media televisi dapat dilihat dari semakin banyaknya saluran/channel baik yang bertaraf nasional maupun lokal.

Banyaknya pilihan channel juga berbanding lurus dengan semakin beragamnya pilihan program, dari sinetron, berita, ajang pencarian bakat, musik, komedia, dan banyak lainnya termasuk Traveling atau petualangan. Khusus untuk Traveling, sejak dulu sudah ada program-program khusus ini, namun sekarang nampaknya semakin naik daun saja. Kemasan yang lebih menarik dengan tujuan wisata lokal yang lebih eksotis menjadikan Program TV petualangan semacam ini berhasil menyedot banyak perhatian pemirsa tv. Kondisi ini tak bisa dipungkiri berdampak positif pula bagi perkembangan pariwisata di Indonesia.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa tayangan program tv tentang Petualangan atau dunia Traveling yang terbilang legendaris bagi penikmat tayangan televisi, baik yang sudah tidak tayang lagi maupun yang masih eksis menghias layar kaca.


1. Jelajah – Trans TV
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Masih ingat dengan program yang tayang sore hari setiap weekend ini? Jika melihat logo acaranya yang berupa kompas dan tulisan JELAJAH, maka kalian pasti langsung bisa mengingatnya. Di tahun-tahun awal mengudaranya Trans Tv, program ini menjadi salah satu program travel show yang berhasil menarik perhatian. Namun sayangnya sekarang program ini sudah pensiun dari layar kaca.

Sesuai tajuknya, Jelajah lebih mengedepankan gaya petualangan berjelajah, dengan ruang lingkup liputan mulai dari gaya hidup, hobi, hingga misteri. Dikemas dalam bentuk story line, target penonton program Jelajah ini selain pecinta traveling ialah para penggiat alam.


2. Wara Wiri – Trans 7
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Wara Wiri... weh weh weh.... Begitulah jargon yang menjadi andalan program yang dibawa oleh Adul dan Komeng. Dua host ini berhasil membawakan program petualangan dengan gaya baru bertajuk Wara wiri. Terbayang sudah bagaimana kemasan travel show ini dibawakan oleh dua host yang notabenenya merupakan komedian tersebut. Nuansa komedi menjadi yang spontan khas mereka berdua menjadikan petualangan terasa sangat menarik.

Program Trans 7 yang tayang di sekitar tahun 2010-2011 di setiap weekend pada petang hari ini, memang menghadirkan gaya yang berbeda dari program traveling umumnya. Kedua host membawakan acara sesuai karakter mereka yang kuat yaitu komeng dengan keusilannya dan Adul dengan keluguannya. Mereka akan mengulas beragam tempat wisata, kuliner, budaya, belanja dan sejenisnya dengan pembawaan santai berbalut komedi. Karena itulah, acara ini berhasil memikat banyak penonton dimasanya. Tapi sayang, sekarang kita sudah tidak bisa lagi menyaksikan keseruan wara wiri mereka.


3. Alenia’s Journey Uncover Papua – Metro tv
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Berbeda dengan program petualangan lainnya, program bertajuk Alenia’s Journey Uncover Papua yang ditayangkan oleh stasiun Metro TV ini secara khusus menghadirkan video dokumenter yang dilakukan oleh pasangan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen menjelajahi alam papua.

Perjalanan mereka ini dilakukan bersama team Alenia Pictures dengan maksud memperkenalkan dan mengangkat beragam hal dari Papua yang selama ini tidak terangkat di media. Tak hayal, perjalanan mereka ini bukan hanya menuju lokasi-lokasi wisata, tetapi juga masuk ke pelosok yang seringkali harus melalui jalanan sulit.

Dokumenter yang dibawakan dengan sisi-sisi yang tak biasa ini menjadikan program Alenia’s Journey Uncover Papua ini menjadi salah satu alternatif tontonan seputar petualangan yang menarik. Bahkan setelah sukses selama 80 hari menjelajah Papua sepanjang 30.000 km di Alenia’s Journey Uncover Papus sesion 1, sekarang kembali berlanjut dengan sesion 2 nya yang juga masih mengangkat keunikan Papua namun jauh lebih mendalam lagi sehingga lebih menarik perhatian penonton setianya.


4. Ethnic Runaway – Trans Tv
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Satu lagi program tv petualangan yang terbilang berkonsep unik, Ethnic Runaway. Program ini tidak seperti program petualangan lain yang mengeksplore suatu tempat dengan cara biasa, namun Ethnic Runaway justru mengajak hostnya untuk tinggal dan bergaya hidup layaknya penduduk lokal. Menjadi menarik lagi, sesuai judulnya sehingga lokasi-lokasi yang didatangi ialah perkampungan atau suku terpencil yang masih sangat kental dengan kearifan lokal.

PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS
Host yang bercengkrama dengan anak-anak lokal (via vimeo.com)

Program ini terbilang cukup mendidik karena mengenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia secara lebih mendalam karena kehidupan keseharian warganya diikuti secara penuh. Gegar budaya yang dialami host yang merupakan selebritis ketika merasakan kehidupan yang sangat etnik tersebut menjadikan jalannya program semakin menarik saja. Hal ini seolah menjadi gambaran bagi penonton betapa kayanya bangsa ini akan nilai-nilai budaya.

Berjalan sekitar 2 tahun dari awal 2013, Ethnic Runaway yang tayang seminggu sekali di chanel Transtv ini akhirnya mengakhiri penayangannya di awal 2015 silam.


5. Jejak Petualang – Trans 7
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Dari semua program petualangan yang ada, mungkin Jejak Petualang pantas mendapat gelar yang paling eksis. Bagaimana tidak, program ini tetap bertahan hingga hari ini sejak penayangan perdananya di tahun 2002. Berarti Program Jejak petualang ini tak bosan menghiasi layar kaca Indonesia selama 14 tahun, umur yang sangat luar biasa bagi sebuah program tv.

Uniknya lagi, Jejak Petualang sejatinya sudah ada sebelum Trans 7 itu sendiri ada. Ya, Jejak Petualang pertama mengudara sejak Trans 7 belum bergabung dengan Trans corp yang saat itu masih bernama TV7.

Tidak hanya programnya, pembawa acaranya pun terbilang sangat fenomenal. Ya, siapa tak kenal Riyanni Djangkaru, wanita muda yang berhasil membawa program petualangan tersebut menjadi program unggulan. Wajahnya yang cantik dan menarik seolah menjadi daya pikat tersendiri, apalagi di awal-awal penanyangannya saat itu belum ada pemandu acara wanita yang membawa program dengan petualangan seekstrem itu. Dapat dikatakan, dialah pioner presenter wanita yang energik membawakan program petualangan namun tetap menjaga sisi feminimnya.

Diusianya yang begitu matang, Jejak Petualang tetap tak mau kehilangan eksistensinya. Saat ini, setiap senin hingga rabu sore, Jejak Petualang masih bisa disaksikan di layar tv. Gaya petualangannya juga masih konsisten mengajak penikmat setianya menyaksikan keindahan alam dan budaya dengan gaya backpacker.


6. Si Bolang : Bocah Petualang – Trans 7
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Siapa tak kenal dan akrab dengan program yang dianggap sebagai salah satu program paling mendidik ini. Bocah Petualang atau di singkat Si Bolang ini memang merupakan program anak dengan mengedepankan pengenalan terhadap Keberagaman Indonesia. Dikemas secara semidokumenter, program ini telah berhasil bertahan selama 10 tahun sejak penayangan perdana di tahun 2006.

Istilah Bolang sendiri akhirnya sangat melekat bagi masyarakat Indonesia, bahkan sudah seperti kosa kata baru yang ditujukan kepada kegiatan berpetulang diluar rumah. Begitulah kuatnya program ini yang akhirnya tidak hanya digemari anak-anak tetapi juga menyentuh segala umur. Bahkan di tahun awal penanyangannya, Bolang sempat meraih share 18 persen, angka fantastis untuk sebuah program anak dalam sejarah pertelevisian Indonesia.

Program yang masih setia tayang setiap Senin hingga Jumat di siang hari ini, secara khusus menayangkan kehidupan anak-anak di suatu daerah dengan satu anak sebagai aktor utama yang dipanggil Bolang. Mereka akan mengajak pemirsa berkeliling daerah mereka, megeksplore keindahannya, tradisi, adat budaya, permainan, makanan, dan hal-hal menarik lainnya dengan kemasan video dokumenter sehingga lebih terasa real. Mungkin itulah yang membuat program ini berhasil bertahan hingga satu dekade ditengah semakin terpuruknya program kids edutainment di negeri ini.


7. Indonesia Bagus – Net.
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Masuk dalam jajaran stasiun tv muda, nama Net justru berhasil menyedot perhatian banyak pemirsa tv. Salah satu programnya yang juga berhasil menyita perhatian ialah sebuah program petualangan bertajuk Indonesia Bagus.

Mulai tayang di pertengahan tahun 2013, Indonesia Bagus mengedepankan konsep petualangan dokumenter. Dibawakan oleh penduduk lokal dengan narasi yang juga menggunakan logat lokal, menjadikan program ini berbeda dengan kebanyakan program petualangan lainnya.

Nuansa yang disajikan juga berbeda dimana settingannya terasa lebih alami. Keindahan alam yang diekspose nampak lebih artistik berpadu dengan kearifan lokal yang kental diangkat. Kebudayaan, kehidupan sosial, kuliner, dan keberagaman lainnya juga tak tertinggal disampaikan dengan penelusuran langsung oleh pembawa ceritanya.

Fenomenalnya program Indonesia Bagus diusianya yang tergolong muda pun berhasil meraih penghargaan di tahun pertama penayangannya dan tahun berikutnya yaitu melalui Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia untuk Program TV Feature Budaya Terbaik 2014 dan Program TV Feature terbaik 2015.


8. My Trip My Adventure – Trans TV
PROGRAM TV LOKAL TENTANG PETUALANGAN YANG LEGENDARIS

Sebagai stasiun tv dengan mengusung konsep entertaiment, nampaknya Trans corp memang berjaya menghadirkan program outdoor atau petualangan. Tak cukup menggebrak dengan program-program yang disebut sebelumnya, satu lagi program yang berhasil memancing banyak peminat yaitu My Trip My Adventure (MTMA). Euforianya tak perlu dijelaskan lagi, karena sebagai sebuah program tv petualangan, MTMA bahkan tidak hanya sekedar eksis dilayar kaca tetapi berhasil menarik banyak orang terutama kawula muda di berbagai daerah membuat komunitas MTMA di masing-masing daerah mereka sendiri. Tak heran, sering kali ketika tayangannya, kru MTMA justru dibantu langsung oleh komunitas tersebut ketika berkunjung ke suatu daerah.

Kemasan yang berbeda dari kebanyakan program serupa nampak menjadi satu alasan kenapa MTMA masuk jajaran program fenomenal saat ini. Kru memilih lokasi-lokasi wisata alam yang eksotis dan bahkan mungkin belum dikenal luas oleh masyarakat. Pemanfaatan teknologi drone juga sangat maksimal digunakan sehingga gambaran lokasi wisata lebih menyeluruh dan nampak jauh lebih eksotis dibanding penggunaan kamera biasa dengan sudut pandang mata manusia. Pesona alam yang diekspose dengan sangat apik inilah yang membuat pemirsanya dibuat terpanah dan berdecak kagum. Semua kemasan itu semakin komplit saja dengan pembawa acaranya yang tampan, cantik, dan menarik.

Demam MTMA saat ini bahkan bisa dikatakan berhasil mendongkrak minat wisata oleh masyarakat Indonesia sendiri. Banyak pelaku wisata yang menjadikan MTMA sebagai referensi mereka dalam menentukan objek wisata tujuan. Gaya backpacker yang umum digunakan oleh team program yang tayang setiap pagi di Jumat, Sabtu, dan Minggu tersebut juga menjadi tren yang digunakan karena terasa lebih anak muda. Tak cukup disitu, saking fenomenalnya program ini, kini tengah diproduksi film bertajuk My Trip My Adventure The Movie.

SUMBER
0
6.3K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.