vuskderachAvatar border
TS
vuskderach
Saya Prihatin Cara Masyarkat Menyikapi Keberagaman Budaya Dan Keyakinan


JAKARTA, ZONAPOLITIK.COM - Reza Rahardian : Saya Prihatin Cara Masyarkat Menyikapi Keberagaman Budaya Dan Keyakinan, Mega Bintang Aktor Indonesia Reza Rahardian kali ini menghadiri acara Diaspora Indonesia di The Main Hall, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2017). Mega Bintang Film "Habibie dan Ainun" itu menjadi salah satu dari tiga pembicara tentang toleransi yang sekarang ini sedang panas dikalangan masyarakat Indonesia. Tiga lainnya adalah Gubernur DKI Jakarta versi hitung cepat terpilih Anies Baswedan, Imam Shamsi Ali dari New York dan Romo Markus dari Vatikan, seperti yang dikutp dari suara.com.

Reza Rahardian Matulessy sempat membahas terkait masalah toleransi beragama, isu yang bertambah `panas` di Indonesia semenjak masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2018. Reza Rahardian mengaku sangat prihatin dengan cara masyarakat Indonesia menyikapi keberagaman budaya dan keyakinan.

"Oh kalau mengucapkan selamat Hari Raya Natal ataupun Hari Raya Waisak kepada seorang yang berbeda agam itu bisa seolah-olah salah. Itu membuat saya malu. Saya tidak merasa memperjualkan [Baca menggadaikan] agama saya. Saya sendiri tidak merasa keimanan saya kemudian tergoyah lantaran ucapan hal seperti itu," tutur Reza Rahardian Matulessy yang akrab disapa Reza.

Bagi Reza Rahardian, ucapan selamat bagi hari raya umat non-muslim merupakan cara kita sebagai manusia hidup rukun antarumat beragama dan bernegara. Dan juga secara tidak langsung kita memperlihatkan sebuah karakter bangsa Indonesia yang majemuk dan toleran dengan karakter dan pemikiran yang sudah semakin maju ini.

"Saya sendiri tinggal dalam keluarga yang majemuk. Saya bersyukur tinggal dalam keluarga yang toleran keberagamaan. Itu merupakan salah satu contoh kecil bahwa kita bisa hidup berdampingan dengan cara kita memperlihatkan toleransi kepada orang yang berbeda keyakinan atau golongan manapun," lanjut Reza Rahardian Matulessy yang akrab disapa Reza.

Selain Reza Rahadian Matulessy, acara kongres keempat Diaspora Indonesia yang dihadiri oleh berbagai tokoh tokoh penting , Kongres tersebut juga dihadiri sejumlah artis-artis Tanah Air yang menjadi sebagai pembicara kongres tersebut, yakni Penyanyi Anggun Cipta Sasmi sebagai supermentor dan Talenta Muda Berbakat Maudy Ayunda.

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama yang juga sempat berpidato selama lebih kurang tiga puluh menit, juga menceritakan pengalamannya kembali ke Indonesia, sebagai salah satu tempat yang menjadi kenangan masa kecilnya dikala berada di Indonesia. Kongres Diaspora kali ini dihadiri oleh 9000 orang dari berbagai negara yakni 55 negara, seperti yang dikutip Suara.com



0
2.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.