Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anakmudaindiaAvatar border
TS
anakmudaindia
Sebenarnya Hitungan 1 KWH Listrik Berapa Sih? Ini Penjelasannya
Spoiler for WELCOME:


Spoiler for Apa Sih KWH itu?:


Listrik saat ini tengah menjadi polemik, khususnya setelah munculnya isu kenaikan tarif listrik yang katanya dicabut oleh Pemerintah, padahal nyatanya, subsidi listrik tidak pernah dicabut, melainkan khusus untuk pelanggan listrik 900 va, subsidi hanya sekedar dialihkan sementara untuk membantu pembangunan pembangkit listrik di 10% wilayah terpencil di Indonesia yang sampai hari ini belum menerima aliran listrik sama sekali.

Terlepas dari berbagai macam polemik tersebut, mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum memahami, sebenarnya berapa sih hitungan tarif listrik dirumah kita setiap harinya?

Kali ini, kita akan sedikit mengulas tentang bagaimana gambaran tentang perhitungan listrik berdasarkan KWH. KWH merupakan singkatan dari Kilo Watt per Hour yaitu hitungan pemakaian Watt atau daya energi listrik dikali waktu penggunaan dalam jam, dimana KWH digunakan untuk menghitung jumlah pemakaian listrik.
Spoiler for Contoh Hitungan Tarif Listrik:


Pernahkah anda membayangkan, kira – kira berapa sih jumlah listrik yang kita gunakan setiap kali menggunakan elektronik di rumah? Nah, melalui perhitungan KwH ini, kita nantinya akan mengenal lebih jauh tentang pentingnya memahami perhitungan KWH ini untuk mengontrol penggunaan listrik dirumah kita. Tidak hanya membuat kita lebih bijak dalam menggunakan listrik, pemahaman tentang KWH ini juga nantinya akan memberikan kita sedikit gambaran dalam memilih elektronik – elektronik yang efektif dalam menghemat penggunaan listrik dirumah kita.

Secara umum, 1 KWH adalah tarif listrik yang diberlakukan oleh PLN setiap pemakaian 1000 watt setiap 1 jam. Rata-rata, tarif listrik yang diberlakukan oleh PLN setiap 1 KWH untuk para pelanggannya adalah di bawah Rp 1.500. Tarif 1 KWH untuk batas daya 1.300 VA adalah Rp. 1.467/1 KWH, artinya untuk menyalakan lampu LHE (Lampu Hemat Energi) selama 1 jam dengan daya 40 Watt sebanyak 25 buah kita hanya membayar sebesar Rp. 1.467 saja.

Tidak hanya lampu saja, melalui pemahaman KWH ini juga, kita juga mampu menghitung berapa watt yang kita habiskan setiap harinya untuk peralatan elektronik seperti TV, Kulkas, AC dan lain sebagainya. Kemudian kita juga bisa hitung, berapa perbandingan pengeluaran kita untuk listrik dibandingkan konsumsi kita untuk kebutuhan lainnya.
Spoiler for Hitungan KWH Berdasarkan Perangkat Elektronik:


Mengenai gimana pemahaman sederhana mengenai 1 KWH ini, Yuk kita simak dalam video berikut ini...

Quote:


Spoiler for REKOMENDASIKAN HOT THREAD DISINI:


Spoiler for Jangan Lupa:
0
19.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.