Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

miftah.bertanyaAvatar border
TS
miftah.bertanya
Apakah Makanan yang Jatuh Belum 5 Menit Masih Aman Dimakan ?
Welcome to My Thread gan!




Pasti agan – agan pernah mengalami hal ini, agan lagi enak makan, lalu tiba – tiba jatoh, dan orang disekitar agan (biasanya orang tua) akan bilang “ cepet ambil, mumpung belum 5 menit!”. Ya, hal sudah sudah turun temurun di Indonesia gan, dan akhirnya sudah jadi kebiasaan di negara kita. Namun, ternyata hal seperti tidak terjadi di negara kita saja gan, di negara – negara bagian barat juga punya anggapan yang sejenis. Bedanya kalau dibarat itu ataurannya 5 detik bukan 5 menit. Namun, mau 5 detik, mau 5 menit, apakah makanan jatuh masih aman untuk di makan?

Menurut penelitian para professor, jangankan 5 detik gan, makanan baru jatuh 1 detik pun sudah langsung didatangi kuman – kuman gan. Namun, professor lain menyebutkan bahwa kuman pada makanan yang jatuh baru akan bertambah setelah 5 detik. Misal, saat baru jatuh, jumlah kuman yang menempel makanan adalah 100 kuman, asalkan belum 5 detik jumlah tersebut tidak akan bertambah. Tetapi, jika tidak segera diambil jumlah kuman akan bertambah 10 kali lipat setiap menitnya gan. Buset kan gan, kira – kira total kuman ada berapa ya kalau sudah 5 menit ? XD.

Namun, bagaimanapun juga tentunya ada faktor yang menentukan berapa banyaknya kuman yang menempel pada makanan jatuh. Yang pertama adalah kelembapan makanannya. Makin basah makannnya, maka makin banyak kuman yang akan menempel. Lalu faktor yang kedua adalah tingkat kebersihan pada permukaan dimana makanan kita jatuh. Contohnya pada permukaan karpet, kuman yang menempel akan lebih sedikit dari permukaan lantai, ya tetapi balik lagi ke tingkat kebersihan karpet dan lantai tersebut. Jadi, kalau makanan kita jatuh ke permukaan yang bersih, masih amanlah untuk dimakan, hhmmm, jawabannya belum tentu juga gan.

Sekilas info kuman sebenarnya ada dimana – mana gan. Di air, tanah, udara, PC, keyboard PC, mouse PC, bahkan pada smartphone kita gan. Bahkan jumlah kuman dan bakteri di tubuh kita pun sebenarnya banyak gan. Tetapi jangan khawatir gan, tidak semua kuman dan bakteri itu bahaya gan. Adad yang berguna juga gan contohnya E.Coli dapat membantu pencernaan. Selain itu tubuh kita mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik gan. Asalkan tubuh kita fit dan sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan melindungi kita dari ancaman kuman dan bakteri yang jahat. Sisanya? Berdo’a sebelum makan gan agar lancar makannya dan tidak jatuh emoticon-Big Grin.

Bagi Bata ya gan, inget bata emoticon-Bata (S) bukan cendol emoticon-Cendol (S)


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.