Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dnpiAvatar border
TS
dnpi
[SHARE] Pengalaman SBMPTN 2017
Halo gan! Jadi, saya baru saja mengikuti SBMPTN 2017 dan alhamdulillah saya keterima. Ayo kita bagi pengalaman di thread ini. Kalau pengalaman saya kayak gini gan.

Bahan Belajar
Zenius
Wangsit Education
KhanAcademy

Pengakuan

Di sekolah, gue termasuk orang-orang yang dianggap pintar. Ngomong-ngomong.. ada kemungkinan lo sekarang nganggep gue sombong, tapi tolong baca lagi judul dari bagian ini. Yup, judulnya PENGAKUAN, jadi buang jauh-jauh kesalahpahaman lo. Sebenernya sih, asumsi bahwa gue itu pintar SALAH BESAR. Gue sama sekali gak pintar. Dari SMP, gue selalu mengandalkan sistem menghafal dan kebut semalam. Iyalah gue bisa jawab pertanyaan di ulangan, toh gue udah hafal rumus, makna kata-kata, dll. Ulangan di sekolah gak kaya soal SBMPTN, SAT, atau test lainnya yang membutuhkan imajinasi lo dan konsep-konsep penting. Lo dituntut untuk berpikir, gak cuma nulis apa arti dari liberal, ciri-ciri kepiting, atau hafalin jawaban soal buku cetak. Matematika dan Fisikanya juga gak hanya menguji kemampuan lo di satu bab kayak tes blok di sekolah, tapi langsung menguji beberapa bab. Karena sistem gue yang menghafal, waktu gue mulai belajar pake Zenius, gue merasa gue adalah teri di planet yang gede ini, gue bukan apa-apa, ditambah lagi waktu gue liat soal yang ada di buku Wangsit..... fix, gue lebih kecil dari teri. Seketika gue nyesel terlalu sering main game dan bersantai ria.

Awal Kelas Tiga hingga Pengumuman SNMPTN

Di awal kelas tiga, gue masih giat belajar. Gue gadang sampe tengah malem dan kadang subuh. Lama-kelamaan gue males. Waktu itu gue sibuk dengan tugas dan ulangan yang hampir tiap hari. Gue cape. Iya, gue tau kok, kesibukan sekolah di kota kecil kaya Cianjur gak sebanding sama sekolah bagus di kota besar seperti Jakarta. Gue juga gak berjuang sendirian, di saat gue males, pesain gue yang jumlahnya hampir satu juga lagi mati-matian belajar. Tapi ya, gue waktu itu masih belum disiplin dan menganggap serius perjuangan gue, ditambah lagi gue distracted dengan pacaran (coughs).

Nah, pas semester 2, gue udah gak begitu sibuk. Gue sempetin belajar tiap istirahat. Baca E-book Biologi di laptop, kadang dengerin Zenius (kadang doang soalnya di sekolah berisik), kerjain soal dari buku-buku SBMPTN, terus diskusi pelajaran sama temen gue yang mau ikut SBMPTN. Di rumah juga gue belajar, tapi ga pernah sampe larut malam lagi. Di semester ini gue daftar SNMPTN, PTN pilihan gue ITB dengan jurusan Rekayasa Kehutanan.. sebenernya ada satu lagi, tapi gue lupa gue pilih jurusan apa. (slapped)

Hari demi hari gue jalanin rutinitas gue yang kaya di atas, terus Ujian Nasional deh. Di UN, gue milih Kimia sebagai peminatan gue. Alasannya? Biologi gue belum terlalu kuat dan gue orangnya pelupa. Fisika? Gue SAMA SEKALI gak bisa.. bisanya Kimia. Menjelang hari-H, gue mindahin fokus gue ke persiapan untuk UN.

Setelah UN, sekolah gue ngadain studytour. Gue gatau harus ikut apa gak. SBMPTN sekitar 1 bulan lagi, lah masa gue malah nyantai dan ketawa-ketawa? Waktu yang gue punya tinggal 24x30 jam lagi, yaampun! Gak peduli seberapa peduli gue sama SBMPTN, gue akhirnya tetep ikut. Gue udah terlanjur bayar, dan orang tua gue kasian ngeliat gue belajar terus.

Gue buka pengumuman SNMPTN di bis studytour.. dan hasilnya gue gak keterima. Gue diem-diem nangis di sebelah sahabat gue, tapi kayaknya tetep ketahuan sih sama orang. Rasanya ditolak universitas sakit banget. Buat lo yang belum ngerasain mungkin akan bilang gue lebay, terserah lo bilang apa, nanti juga lo rasain sendiri. Kalo lo memang biasa aja, ya gak semua orang sama.

Sepulang studytour, gue cuma baca buku Detik-detik UN, itu juga gak tiap hari. Kadang gue nonton Biologi di KhanAcademy. Antara nekat sama gak sih, soalnya cara belajar yang efektif bagi gue memang gitu. Kalo gue terlalu stres ato push myself too much, yang ada nilai gue hancur. Entah itu karena gue lupa apa yang gue pelajari lah, ceroboh lah, banyak alasannya.

SBMPTN 2017

Gue dapet lokasi ujian di IPB. Urutan pilihan gue kayak gini:

ITB - Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (Program Sains)
UGM - Biologi
UB - Biologi

Yup! Tebakan lo bener banget. Gue suka banget Biologi. Sebenernya gue juga suka Astronomi dan sempet ngebet pengen Astronomi, tapi banyak pihak yang gak setuju (dan sejujurnya, gue berterima kasih hehe. Gue jadi nemuin passion gue. Aneh ya, gue ga bisa Fisika tapi pengen masuk Astronomi. Bagi pencinta Fisika, plis jangan tampar gue). Oh ya, orang tua gue pengen gue masuk ITB, makanya gue taruh ITB di pilihan satu. Mereka gamau gue keluar Jawa karena terlalu jauh. Gue sebenernya belum begitu tau gue mau masuk PTN yang mana, dan gue sempat kepikiran untuk gap year karena hal itu.

Beberapa hari sebelum hari-H, gue sibuk cari informasi tentang nilai mati. Katanya sih, kalo lo gak isi sama sekali suatu pelajaran ato dapet minus, lo otomatis gak lulus. Gue sama sekali gak belajar Fisika dan gue juga gak mendalami Matematika karena waktu yang udah mepet, jadi gue kuatin di Biologi sama Kimia. Gue udah bertekad untuk ngosongin Fisika dari jauh-jauh hari. (Buat para pencinta Fisika, maafin gue ya. Sekarang gue lagi belajar Fisika kok.)

Sehari sebelum SBMPTN, gue gak bisa tidur. Padahal gue sama papa harus berangkat ke Bogor jam tiga subuh. TAPI GUE BETUL-BETUL GAK BISA TIDUR. Gue masuk kamar sekitar jam sembilan, dan gue hanya menutup mata gue tanpa terlelap sampai jam dua belas malam. Pas bangun gue ngantuk banget. Di mobil gue nguap berkali-kali, tapi gue malah baca materi Biologi dari HP, bukannya tidur. By the way, sebelum tidur malem gue gak terlalu banyak belajar, gue cuma baca Detik-detik Kimia dan Biologi.

Gue sampai di IPB jam setengah enam dan kondisinya masih sepi. Gue lupa mulai tes jam berapa, dan gue ikut CBT. Pas tes mau mulai, pesertanya banyak banget. Awal gue masuk ruangan, gue gemetaran, tapi udah gitu agak biasa aja. Pengawasnya baik. Tes yang pertama kali gue ikutin adalah TKD Saintek. Fisika gue kosongin, Biologi rasanya gue lancar tapi ada yang ragu, Kimia gue lancar dan sempat cek dua kali (gue punya waktu lebih karena gak kerjain Fisika) walau agak kesusahan di materi Hidrokarbon, gue gak bisa MIPAnya jadi cuma isi dua soal dan salah satu. Total soal yang gue isi adalah 23 soal.

Tes yang kedua adalah TKPA. Gue lancar di TPA, soal Bahasa Indonesia sama Inggris banyaknya tentang tulisan jadi gue pake feeling. Gue lemah di situ, dan parahnya gue gak sempet cek ulang jawaban gue karena waktu tinggal beberapa detik lagi. Total soal yang gue isi adalah 56 soal.

UTUL dan Pengumuman SBMPTN

Seminggu setelah SBMPTN, gue ikutan tes UTUL di Universitas Pancasila. Pas masuk ruangan, gue lama banget nyari kursi gue. Di belakang kursi ditempelin nama dan nomor peserta gitu kalo gak salah, duduknya harus sesuai itu. Gue bisa banyak di Kimia, TPA juga bisa tapi gak keburu ngebuletin 15 soal yang gue yakin bener (sobs), Indonesia gak begitu, Inggris lumayan, Biologi banyak yang gue isi dan banyak juga yang salah, Fisika seperti biasa gue kosongin. Gue gak tau total soal yang gue kerjain berapa.

Eh, pas gue udah sampe rumah, di LINE ada yang ngomongin spasi di buletan nama. Jadi, ada satu baris lingkaran yang gaada abjadnya, gue gak tau deh itu spasi apa bukan. Gue sebenernya sempat curiga sih, terus gue liat kayaknya itu cuma buat ngesejajarin barisan lingkaran untuk nama sama barisan lingkaran sebelah kanan (yang ada tanggal lahir, dll.), gue assure diri gue dengan finding tersebut. Pas balik, orang tua gue nanya gue bisa apa gak. Gue gak berani bilang Biologi banyak yang salah, jadi gue cuma cerita tentang spasi itu dan bilang kalo gue ceroboh. Terus orang tua gue agak kecewa gitu, dan gue obviously jadi ngedown. Gue makin takut gak lulus SBMPTN dan bikin orang tua gue lebih kecewa lagi. Kalo sampe gak lulus lagi, gue udah daftar UTMI IPB yang diadakan beberapa hari setelah pengumuman SBMPTN.

Satu bulan gue nunggu pengumuman SBMPTN dan UTUL, rasanya lama banget. Pas hari-H, gue deg-degan. Tangan gue dingin. Tadinya gue mau minta tolong temen buat cek hasilnya, tapi gak jadi karena gue penasaran, dan hasilnya gue lulus SBMPTN dan UTUL. Yang langsung terlintas di benak gue pas gue liat hasil pengumuman: Gue gak ngecewain orang tua gue!!

Oya, gue bikin blog dan gue juga post pengalaman ini di sana. Di versi blog, gue tulis saran dan jawaban gue terhadap FAQ yang banyak beredar di internet mengenai SBMPTN. Kalo agan-agan tertarik, cek SBMPTN 2017: Pengalaman dan Saran Alumni emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Embarrassment semangat ganemoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star
0
24.8K
4
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.