Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

opa.boyAvatar border
TS
opa.boy
Bukan Kelelahan, dr. Stefanus Meninggal karena Brugada Syndrom
Media sosial pagi ini heboh dengan kabar meninggalnya seorang dokter yang diketahui bernama dr. Stefanus Taofik. dr. Stefanus merupakan dokter yang praktik di RSPI Bintaro Jaya meninggal pada Selasa (27/6) diduga karena bekerja 3 hari nonstop di 3 rumah sakit berbeda.

Namun, informasi ini dibantah oleh dr. Arif H. M. Marsaban, SpAn-KAP, Ketua Program Studi SP2 dari Divisi Anestesia Ambulatori dan Bedah Umum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima kumparan (kumparan.com), dr. Arif menjelaskan dr. Stefanus tidak bekerja selama 3 hari nonstop seperti yang diberitakan sebelumnya, tetapi hanya bekerja 2x24 jam.

"Saya mau klarifikasi atas kasus meninggalnya TS (dr. Stefanus Taofik) di RSPI. Yang bersangkutan tidak jaga 5 hari berturutan, tapi memang 2x24 jam. Hanya saja saat itu di ICU tidak ada pasien dan tindakan operasi sehingga sebenarnya waktu istirahat cukup," kata dr. Arif dalam keterangan tertulisnya.

Meski hanya bekerja selama 2x24 jam dan memiliki waktu istirahat yang cukup, dr. Stefanus meninggal akibat penyakit Brugada Syndrome. Brugada Syndrome merupakan penyakit kelainan genetik pada pembuluh darah di koroner.

"Brugada Syndrome merupakan kelainan genetik pada pembuluh darah di koroner. Kelainan ini terbanyak (dialami) pada laki-laki dan sudden cardiac death seringkali terjadi pada saat tidur," paparnya.

https://m.kumparan.com/nadia-riso/bu...ugada-syndrome

Turut berduka
0
16.2K
128
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.