Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mochzainalftAvatar border
TS
mochzainalft
5 Langkah mengelola keuangan rumah tangga


Kalo ngomongin soal keungan rumah tangga emang ga gampang buat ngaturnya. Kadang pendapatan yang kita peroleh ga sebanding dengan pengeluaran yang harus kita lakukan. Budget minim tapi kebutuhan segudang.
Berikut ini beberapa langkah yang ane dapet dari berbagai sumber tentang gimana cara mengatur keuangan rumah tangga:

1. Proyeksikan Pendapatan Satu Bulan

Langkah pertama adalah proyeksikan pendapatan yang akan diperoleh dalam satu bulan ini. Lakukan ini jelang tanggal gajian. Pastinya kita sudah tahu berapa pendapatan tetap masing-masing dari pekerjaan. Tapi proyeksi ini maksudnya untuk menghitung berapa pendapatan yang datang dari: rumah yang dikontrakkan, dividen dari hasil investasi, uang lembur di kantor, duit dari pekerjaan sambilan, laba dari bisnis kecil-kecilan, dan lainnya dalam sebulan.

2. Alokasikan untuk Tabungan dan Investasi

Dari total pendapatan tersebut, lalu kita bisa hitung dan sisihkan sebesar 25%-30% untuk tabungan dan investasi. Kita bisa mengatur perbandingan antara tabungan dan investasi tersebut. Biasanya, tabungan untuk pengeluaran besar yang akan terjadi dalam jangka pendek. Misal: uang untuk anak yang baru akan masuk sekolah. Atau pelunasan DP rumah tinggal. Nah, sedangkan uang yang akan diinvestasikan adalah uang yang kira-kira tidak akan digunakan dalam setahun ke depan. Dari jumlah tersebut, baru dialokasikan ke beberapa macam investasi seperti emas, reksadana, saham, dan sebagainya.

3. Proyeksikan Pengeluaran Sebulan Berikutnya

Langkah ketiga adalah lakukan proyeksi pengeluaran 30 hari berikutnya. Mulai dari kewajiban-kewajiban yang sifatnya tetap: KPR, kredit kendaraan, kartu kredit, premi asuransi, dan lain sebagainya. Bila pengaturan keuangan rumah tangga kita cukup sehat, maka seharusnya pengeluaran untuk kewajiban-kewajiban gak akan lebih dari 30% dari total pendapatan. Kalo bingung misalnya gini, biasanya KPR ataupun Asuransi menyadiakan penawaran yang juga memberikan perkiraan buat penghitungan dana yang perlu di keluarkan untuk hal tersebut. Kalau dulu ane mau beli asuransi nyoba submit data dulu buat penawarannya. Karena cocok sama budget jadi ane beli. Coba aja cek di http://cigna.co.id/produk/proteksi/a...amily-eazicare

Baru ke pengeluaran rutin rumah tangga. Pada bulan-bulan tertentu akan muncul pengeluaran seperti: uang sekolah anak, uang kursus anak, uang buat liburan keluarga, dan segudang kepengeluaran lainnya.

4. Sisakan Untuk Dana Cadangan

Sisa yang tersimpan dari proyeksi pendapatan dan pengeluaran tersebut masuk ke dalam kategori dana cadangan. Dana ini wajib kita siapkan buat mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan mendesak, misalnya kalo terjadi kecelakaan, musibah, dan keperluan sekolah anak. Dana cadangan ini biasanya sebesar 6-12 kali pengeluaran bulanan. Untuk menyiapkan dana cadangan seringkali kita kesulitan karena kebutuhan itu tidak terlihat jelas dalam bentuk apa, berapa besarnya, dan kapan akan terjadi, sehingga dana tersebut malah terpakai buat kesenangan pribadi. Tapi jika kita bisa menahan diri dan disiplin, kita sendiri yang akan merasakan manfaat baik dari hal ini.

5. Tuliskan Rencana

Langkah paling akhir adalah menyusun hasil dari 4 langkah di atas ke dalam satu rencana sederhana. Rencana ini berbentuk tabel yang memuat: tanggal, pemasukan, pengeluaran, dan saldo. Tabel ini mirip dengan buku tabungan. Intinya adalah berbagai pemasukan dan pengeluaran yang sudah terbayang dalam langkah pertama dan ketiga dituangkan ke dalam tabel. Penyusunannya harus sesuai tanggal. Jadi tanggal muda menempati bagian tabel paling atas. Sedangkan yang paling dekat dengan pendapatan/gajian di bulan berikutnya disimpan di bagian paling bawah table. Coba langsung.

Kalo ente, gimana cara ente mengelola keuangan rumah tangga? Coba share gan!

Diubah oleh mochzainalft 29-06-2017 05:41
0
5.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.