Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribratanewsAvatar border
TS
tribratanews
Sutradara Anto Galon Bantah Diskreditkan Umat Islam lewat Video Viral


Tribratanews.polri.go.id – Film pendek pemenang “Police Movie Festival” ke-4 berjudul ‘Kau Adalah Aku yang Lain’ karya sineas asal Semarang, Anto Galon menuai kontroversi karena dinilai memojokkan umat Islam.

Sejak dipublikasikan via youtube pada 21 Juni lalu, film tersebut telah dilihat 3.389 kali dan mendapatkan 48 komentar. Sebagian besar komentar menghujat film tersebut karena dinilai mendiskreditkan Islam. Sang sineas, Anto Galon menegaskan tak ada niat memojokkan umat Islam dalam karyanya. “Kalau saya dihujat ya mungkin yang menghujat itu salah satu orang yang bersumbu pendek,” katanya Senin (26/6).

Dalam satu adegan digambarkan perdebatan antara seorang polisi dan beberapa anggota jamaah pengajian yang menjaga jalan. Saat itu, sebuah ambulan permisi akan lewat karena membawa pasien kritis. Kebetulan sang pasien berasal dari nonmuslim.

Polisi meminta diberi jalan karena ini menyangkut nyawa orang. ”Seharusnya polisi menjaga warga yang sedang beribadah. Jangan malah mengganggu. Dosa kamu!” kata sang anggota jamaah yang disapa “Mbah”.

”Pak, saya lebih baik berdosa membantah omongan Bapak daripada saya berdosa membiarkan orang mati di sini,” jawab polisi. Beberapa jamaah lain pun mendukung agar ambulan tersebut melintas. Singkat cerita akhirnya ambulans diizinkan melintas dan pasien pun tertolong jiwanya.

Saat ini, Anto mengaku mendapatkan banyak kritikan, hujatan bahkan ancaman via media sosial miliknya.

“Banyak yang inbox ke saya kalau saya kafir dilaknat Allah. Bahkan tugas-tugas malaikat pun seakan akan mereka wakili, dosa dan pahala sudah ada tugasnya yang mencatat. Jadi kita jangan jadi malaikat yang seakan akan boleh menghakimi,” keluhnya.

Dalam karyanya, Anto ingin menggambarkan bahwa manusia itu ada yang bersifat layaknya tokoh pewayangan seperti Bima, Arjuna, Duryudana, Rahwana, Rama, Sengkuni dan lain-lain. “Saya juga menyadari bahwa film saya tidak mungkin memuaskan semua pihak, kalau ada pihak-pihak yang marah mungkin karena kesentil dengan film ini,” ucapnya.

Menurut pria yang juga pernah membintangi beberapa film ini, pada dasarnya film “Kau Adalah Aku yang Lain” bercerita tentang bagaimana Islam menghargai kehidupan bagi siapapun.

“Penafsiran akan film berbeda beda, akan ada yang pro dan kontra, seperti juga dengan kelompok-kelompok yang tersinggung, ada juga kawan-kawan muslim yang menghargai ide yang ingin disampaikan film ini,” tegasnya.

Editor : Umi Fadilah
Publish : Hernawan Saputra
Sumber : Gatra.com

Sumber berita di atas didapat dari Portal Berita Resmi POLRI Tribratanews.polri.go.id
0
16.5K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.