destop92Avatar border
TS
destop92
Inilah Fenomena Aneh yang Pernah Gegerkan Dunia


Diseluruh belahan dunia setiap tahunnya ada saja fenomena unik hingga di luar akal pikiran kita yang terjadi. Mulai dari laut yang berubah menjadi hitam, tornado api hingga salju yang turun di padang pasir tertua di dunia.

Kajian ilmu pengetahuan pun terus dilkukan untuk mengungkap fenomena aneh tersebut. Berikut Arah.com siapkan lima fenomena aneh bin ajaib yang terjadi di dunia ini.

Laut Hitam yang Beruap - Rumania


Hangatnya matahari, tanah lembab dapat beruap, apalagi sebuah danau, laut atau samudra jika udara di atasnya cukup dingin. “Dalam kasus terakhir, fenomena ini biasanya disebut kabut uap (jika terjadi di atas air tawar) atau asap laut (jika terjadi di atas air garam)”, menurut Saunders PM dari Woods Hole Oceanographic Institution.

Puting Beliung Air - Australia


Empat buah puting beliung air tornado tertangkap kamera terjadi di lepas pantai Australia pada Mei 2011. Fenomena alam yang sangat menarik ini membuat takjub penduduk setempat, beberapa di antaranya telah tinggal di kawasan itu selama lebih dari 45 tahun dan belum pernah melihat puting beliung air seperti ini. Keempat puting beliung air ini mencapai ketinggian hampir 700 meter.

Tornado Api – Brazil


Sebuah fenomena langka yang dikenal sebagai “tornado api” telah tertangkap kamera di Aracatuba, Brasil beberapa tahun yang lalu. Kombinasi mematikan suhu tinggi, angin kencang, dan kebakaran hutan menyebabkan pusaran api.

Salju di Gurun Pasir Tertua di Dunia


Salju di tanah kering Namib bukannya tidak pernah terdengar, tetapi merupakan peristiwa langka. Statistik menunjukkan bahwa salju menyelimuti Gurun Namib setiap sepuluh tahun. Pada bulan Juni tahun 2011 salju langka ini turun pada siang hari, dari jam 11 pagi sampai sore. Ahli meteorologi mengatakan suhu terendah tercatat oleh stasiun cuaca pada hari itu adalah -7, di kota Otjozondjupa. Setelah mengalami kondisi kering selama lebih dari 50 juta tahun, Gurun Namib dianggap oleh para ahli sebagai padang pasir tertua di dunia.

Crop Circle Raksasa di Dasar laut Amami Oshima - Jepang


Sebuah pola melingkar unik seperti “Crop Circle” ditemukan di laut Amami Oshima, selatan Jepang. Seorang fotografer lepas senior, Yoji Ookata, yang telah mendokumentasikan kehidupan bawah laut sejak 50 tahun lalu, mengatakan ini luar biasa. Lingkaran berpola ini diciptakan oleh seekor ikan gelembung (pufferfish) jantan dengan tujuan untuk memikat ikan gelembung betina dan sebagai tempat menyimpan telur-telur hasil perkembang biakan mereka.

Ini Aslinya
0
3.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.