rhielwebAvatar border
TS
rhielweb
Mengenal AMP dan Kaskus rekanan pertama AMP di Indonesia gan!

emoticon-SalamanSelamat Datang Agan Sista di trit yang sederhana ini.emoticon-Salaman
===========================================================


Pada saat Agan berselancar dengan menggunakan smartphone tidak jarang Agan menemukan logo Petir pada hasil pencarian, itulah yang dinamakan dengan AMP (Accelerated Web Pages). Lalu apa sebenarnya maksud dan fungsi dari AMP tersebut?

AMP adalah halaman website yang di desain khusus agar halaman website tersebut mobile friendly, meskipun website tersebut sudah mobile friendly dengan AMP akan lebih diminimalkan lagi, maka load website tersebut akan lebih cepat. AMP adalah salah satu project google yang memberikan kenyamanan dan kecepatan berselancar di internet hingga 4x lebih cepat dan dapat menghemat penggunaan quota data Agan.




Dilansir dari website penyedia AMP https://www.ampproject.org/id/ada aturan wajib yang harus diikuti oleh developer dalam penggunaan AMP tersebut.

  • Mulai dengan tipe dokumen <!doctype html>.
  • Berisi tag <html ⚡> tingkat atas (<html amp> juga berterima).
  • Berisi tag <head> dan <body> (Keduanya opsional dalam HTML).
  • Berisi tag <link rel="canonical" href="$SOME_URL" /> dalam bagian kepala yang menunjuk pada versi HTML reguler dari dokumen AMP HTML atau menunjuk pada dirinya sendiri jika tidak ada versi HTML seperti itu.
  • Berisi tag <meta charset="utf-8"> sebagai anak pertama dari tag kepalanya.
  • Berisi tag <meta name="viewport" content="width=device-width,minimum-scale=1"> di dalam tag kepalanya. Juga disarankan untuk menyertakan initial-scale=1.
  • Berisi tag [removed][removed] sebagai elemen terakhir dalam kepalanya (ini mencakup dan memuat pustaka AMP JS).
  • Mulai dengan tipe dokumen <!doctype html>.
  • Berisi yang berikut dalam tag <head>-nya: <style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;-moz-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;-ms-animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both;animation:-amp-start 8s steps(1,end) 0s 1 normal both}@-webkit-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-moz-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-ms-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@-o-keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}@keyframes -amp-start{from{visibility:hidden}to{visibility:visible}}</style><noscript><style amp-boilerplate>body{-webkit-animation:none;-moz-animation:none;-ms-animation:none;animation:none}</style></noscript>

Pada aturan diatas adalah aturan jika Agan akan membuat halaman AMP secara programming manual, pada cms tertentu misalkan wordpress. Agan tinggal melakukan instalasi plugin AMP kemudian konfigurasikan sesuai dengan ketentuan plugin tersebut.

Biasanya, ada perubahan permalink pada halaman website yang memiliki AMP tersebut, contohnya website rhiel ID ini, kami coba mengintegrasikan dengan AMP jika dicoba melalui browser, maka permalinknya akan ada penambahan /amp atau bahkan tanpa /amp.

contohnya:
Kaskus
Apa itu AMP?

Dari artikel Lagi Baca- Baca Thread di KASKUS Gan? Kini Bisa Lebih Cepat Loh!/ website Kaskus sudah terintegrasi dengan AMP gan! Hebatnya lagi Kaskus menjadi rekanan pertama yang menggunakan AMP di Indonesia, sehingga Agan bisa lebih cepat mengakses informasi dari KASKUS.

Biasanya pada halaman yang sudah teritegrasi dengan AMP, terdapat tombol untuk merubah kembali tampilan mobile biasanya (original version). Ujicoba dilakukan pada website rhiel.id sendiri dan terbukti setelah menggunakan AMP loading halaman sangat cepat tanpa harus menunggu waktu loading yang lama, hanya sepersekian detik. Ada yang menanyakan, apakah support google adsense? Sudah tentu support dari saran google adsense sendiri, sangat diperlukan adanya perbaikan performansi loading website, dan iklan yang tampil pada versi AMP lebih efisien dan cepat.

Pada google webmaster (google search console) tersedia menu untuk pengecekan AMP, google akan menilai website Agan apakah sudah memenuhi aturan dan sudah terintegrasi dengan AMP? Jika belum silahkan gunakan engine AMP tersebut dan mulailah integrasikan dengan website Agan. Jika sudah, akan menjadi nilai tambah bagi Website Agan dalam ranking pencarian dalam google search.

Bagaimana? penasaran dengan AMP (Accelerated Web Pages)?

Selamat berekplorasi gan 🙂

_rhiel_

referensi : Kaskus , Amp Project, Rhiel ID

===========================================================

Terima kasih udah sudi nyimpang ke thread ane
Monggo jika mau menambahkan emoticon-Big Grin

Aritkel Ini juga dapat agan temukan di

Apa itu AMP?

Cek juga trit ane yang lain gan emoticon-Smilie

Mengenal Omnibox nya Google Chrome dan ketahui kelebihannya
Penggunaan Ezcast Untuk Laptop
Mau jadi pilot drone? Cek artikel ini
Antivirus Ransomware
Mau Tahu Loker Terpopuler di Tahun ini? Cek Dimari Gan!

emoticon-Salaman
Diubah oleh rhielweb 27-06-2017 06:08
0
4.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.