BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Blusukan ke persawahan terasering, Obama beli beras merah

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (keenam dari kiri) berjalan bersama keluarga saat berkunjung ke objek wisata Jatiluwih, Tabanan, Bali, Minggu (25/6).
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengisi liburan hari ke-3 di Bali dengan mengunjungi persawahan terasering Jatiluwih di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali. Persawahan terasering ini merupakan warisan budaya dunia.

Kompas.com menulis, tiba sekitar 15.30, Obama yang mengenakan kaos warna biru ketat dan celana panjang hitam bersama istrinya Michele langsung berjalan menyusuri areal persawahan melalui jalur yang sudah disiapkan. "Tadi sempat tracking di sawah, ada jalur khususnya," ujar Manager Operasional Objek Wisata Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa.

Sejumlah aparat keamanan dari Polri dan TNI serta pengawal pribadi Obama tampak menjaga tempat itu. Sekitar 1,5 jam berada di lokasi itu, Obama sempat bercakap-cakap dan berfoto dengan para petani.

Jatiluwih merupakan areal persawahan seluas 305 hektar yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2012. Salah satu produksi unggulan di Jatiluwih adalah beras merah.

Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan, terutama dari Eropa dan Amerika.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (ketiga kiri) berbincang dengan keluarga saat berkunjung ke objek wisata Jatiluwih, Tabanan, Bali, Minggu (25/6).
Sutirtayasa bercerita, saat akan meninggalkan tempat itu, Obama meminta asistennya untuk membawa pulang oleh-oleh beras merah. "Tadi bawa teh beras merah untuk oleh-oleh beberapa bungkus," ujarnya.

Selain membawa beras merah, rombongan juga terlihat membawa beberapa brosur mengenai obyek wisata Jatiluwih itu.

Tokoh adat Subak sekaligus penasihat dari Kelompok Ekowisata Suranadi, Desa Jatiluwih, I Gede Suweden merasa bangga dengan kunjungan mantan orang nomor satu Amerika Serikat yang pernah mencicipi hidup di Jakarta itu.

Menurut Suweden, kedatangan Obama ke Desa Jatiluwih untuk melihat sistem pengairan Subak ini boleh dikatakan sebagai momen baik. Sore itu sejumlah petani memang sedang melakukan sejumlah aktivitas seperti membajak sawah hingga panen padi.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (ketiga kiri) berjalan bersama keluarga saat berkunjung ke objek wisata Jatiluwih, Tabanan, Bali, Minggu (25/6).
Ia berharap kunjungan Obama dan rombongan ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke tempat itu.

Sebelum mengunjungi Jatiluwih, Obama dan rombongan juga mengunjungi Agung Rai Museum Of Art (Arma) di Desa Pengosekan, Ubud, GIanyar, Bali, Sabtu (24/6/2017). Selain menikmati karya seni yang menjadi koleksi museum itu, Obama bersama rombongan menyempatkan diri berdoa bersama di Pura Dalem yang tak jauh dari museum.

Pemilik museum Arma, Agung Rai, menggambarkan saat Obama berdoa, dia mengambil sikap seperti yang biasa dilakukan orang Bali saat memanjatkan doa.

Obama mengambil posisi duduk dengan kedua tangan ditangkupkan. Kemudian dia diberi bunga sebagaimana lazimnya umat Hindu yang berdoa di pura.

Selain berdoa di Pura Dalem, Obama tertarik untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Bali khususnya di Ubud.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kedua kanan) berbincang dengan pengelola Museum Arma di Ubud, Bali, Sabtu (24/6).
Liburan Obama di Bali ini merupakan bagian dari rangkaian liburannya ke Indonesia. Selepas dari Bali, Obama dijadwalkan bakal berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah mulai 28 hingga 30 Juni. Menurut Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto, di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Obama dijadwalkan bakal mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Candi Borobudur.

Dari Yogyakarta, Obama dijadwalkan bakal singgah di Jakarta untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo pada 30 Juni. Rencananya, Obama bakal diterima Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Selanjutnya, pada 1 Juli, Obama bakal berpidato di Kongres Diaspora Indonesia keempat pada 1 Juli.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...li-beras-merah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Awal rekonsiliasi Jokowi dan GNPF MUI?

- Mereka mangkat dalam tugas Operasi Ramadniya 2017

- Gagal terima berkah Idulfitri karena aturan remisi

- Serangan gagal di pusat kiblat umat Muslim dunia

anasabila
tien212700
tien212700 dan anasabila memberi reputasi
2
9.4K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread731Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.