imasisdtAvatar border
TS
imasisdt
6 Pekerjaan yang Cocok Bagi Si Introvert
Sobat, seperti yang kita ketahui, manusia itu memiliki berbagai macam sifat, dan dari sifat-sifat itulah akan mencerminkan kepribadiannya. Menurut sang dokter psikologi dari Swiss, Carl Jung, terdapat 3 jenis kepribadian umum pada manusia, salah satu diantaranya adalah Introvert (Introversion), yakni kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.


Jika Sobat Souja tergolong introvert yang lebih nyaman menyendiri dan hanya bergaul dengan teman-teman dekat, terkadang memiliki profesi yang mengharuskan kamu untuk sering bertemu orang baru dan menambah kenalan bisa jadi melelahkan. Tapi jangan khawatir, profesi-profesi berikut ini bisa dijajal oleh para introvert sejati yang hanya ingin bekerja dengan tenang di meja kerja sendiri tanpa harus terlalu banyak berbasa-basi dengan orang lain. Apa saja?


Desain grafis
Orang yang bekerja sebagai desain grafis akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan laptop atau komputer dan media lainnya demi menghasilkan gambar, logo, animasi, film dan lainnya. Profesi ini tidak menuntutmu untuk bersosialisasi dengan banyak orang, akan tetapi menuntut fokus karena profesi ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi ketika membuat gambar ataupun proyek yang diminta oleh klien.


Analis Data
Profesi ini tidak menuntut kamu bertemu dengan banyak orang karena hanya akan berkutat dengan data. Mungkin ada satu atau dua kali kamu berinteraksi saat harus mempresentasikan hasil analisis kepada timmu.


Programmer
Para programmer memposisikan komputer sebagai soulmate. Tak heran, mereka kerap kali melupakan dunia nyata karena terlalu larut dalam coding. Biasanya, interaksi hanya dilakukan melalui chatting apps atau email.


Social Media Manager
Profesi lain yang cocok bagi kamu si introvert adalah memanage media sosial karena meskipun pekerjaan ini mengharuskan berkomunikasi dengan banyak orang, komunikasinya dilakukan secara tidak langsung dan tanpa ada tatap muka. Kamu bisa melakukannya hanya dari meja kerja seorang diri. Waktumu akan lebih banyak dihabiskan dengan Twitter, Facebook, Instagram dan media sosial lainnya demi mengenalkan atau memasarkan perusahaan.


Seniman
Menjadi seniman seperti pelukis atau musisi bisa menjadi pilihan Anda yang si introvert, terutama bila kamu punya bakat. Seorang pelukis, bisa menghabiskan waktu yang panjang hingga berbulan-bulan bekerja seorang diri untuk menghasilkan karyanya. Begitu pun dengan musisi, meski sering kali harus bekerja sama dengan musisi lainnya, interaksinya biasanya adalah saat bermusik sehingga tak perlu takut harus terjebak dalam obrolan basa-basi.


Penulis
Orang yang introvert biasanya punya pikiran dan imajinasi yang sangat sibuk, yang mendesak untuk dikeluarkan dalam bentuk tulisan. Inilah kenapa profesi penulis sering jadi pilihan orang-orang introvert, baik penulis fiksi hingga penulis nonfiksi seperti menjadi jurnalis di dunia massa. Kelebihan lainnya, menurut penelitian, orang yang introverts mengekspresikan dirinya jauh lebih baik lewat tulisan dibandingkan secara lisan. Cocok sekali, bukan?

Sumber : https://soulofjakarta.com/index.php?...=5&id=ODIwNg== (soulofjakarta.com)
0
8.7K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.