Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kakaknya.ahokAvatar border
TS
kakaknya.ahok
PLN proyeksi turun laba Rp 1,9 T
PLN proyeksi turun laba Rp 1,9 T

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memperkirakan bakal ada potensi penurunan laba perusahaan mencapai Rp1,9 triliun sampai Juni 2017.

Proyeksi penurunan laba tersebut berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk pengguna listrik berkapasitas 900 voltampere (VA) secara tiga tahap pada 1 Januari, 1 Maret, dan 1 Mei.

Alih-alih mendulang laba dengan mengerek tarif listrik, perusahaan listrik raksasa itu malah memproyeksikan penurunan laba.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menganggap proyeksi penurunan laba sebagai hal lumrah dalam dunia usaha. Dia berdalih sebuah bisnis tak melulu berhasil memetik keuntungan.

Sofyan enggan menjelaskan lebih rinci dari mana proyeksi penurunan laba tersebut, entah dari beban subsidi yang membengkak ditanggung perusahaan atau hanya karena masih mandeknya pencairan ganti subsidi dari pemerintah ke perusahaan pelat merah itu.
Lihat juga:
Menghitung Imbas Batalnya Kenaikan Tarif Listrik Pada Inflasi
Kendati demikian, Sofyan menyebut potensi penurunan laba tak mengganggu manajemen keuangan perusahaan. Pasalnya, kata dia, dalam kurun 12 bulan PLN tak melulu mengalami kerugian.

Penurunan laba menurutnya hanya terjadi beberapa bulan saja dan selebihnya PLN mampu mendulang untung. Sehingga secara kumulatif, kata Sofyan, perusahaannya tetap mampu mencatatkan keuntungan.

"Sekarang kami lagi minus Rp1,9 triliun tapi kalau rugi laba masih aman. Maksudnya, bulan ini bisa saja untung, dalam bulan depan rugi, bulan depannya lagi untung tapi kumulatifnya masih untung," ujar Sofyan di acara halalbihalal di kawasan Kuningan, Minggu (25/6).

Sofyan memprediksi, secara kumulatif Januari-Juni atau semester I 2017, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu masih berhasil bersandar di kategori memiliki kecukupan laba. Adapun nilai labanya diperkirakan tak jauh berbeda dengan catatan laba terakhirnya dan masih positif.
Lihat juga:
Pemerintah Tahan Harga Listrik Dan Elpiji Hingga Akhir Tahun
Berdasarkan laporan kinerja keuangan perusahaan di akhir 2016, laba perusahaan tercatat mencapai kisaran Rp10,5 triliun. Adapun realisasi laba pada tahun lalu terbilang menurun lantaran beban perusahaan yang meningkat sekitar 28,49 persen, sehingga beban perusahaan membengkak dari Rp21,41 triliun menjadi Rp27,51 triliun.

Meski kini ada proyeksi penurunan laba perusahaan, kata Sofyan, PLN masih melihat ada potensi peningkatan laba sampai akhir tahun dari pergerakan harga minyak mentah (Indonesia Crude Palm Oils/ICP) dan harga batu bara.

"Siapa tahu ICP turun, batu bara turun lagi. Kalau memang turun terus maka kami bisa impas lagi. Jadi, kami tidak melakukan penyesuaian bulanan," imbuh Sofyan.
Lihat juga:
PLN Ramal Penjualan Listrik Semester I Tumbuh 2,4 Persen
Pada rentang Januari-Mei 2017, rata-rata ICP tercatat mencapai kisran US$49,9 per barel atau meningkat sekitar 44,68 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yang hanya bertengger pada kisaran US$34,49 per barel. Adapun sampai akhir tahun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, pemerintah menargetkan ICP berada di kisaran US$45 per barel.

Sementara itu harga batu bara untuk kontrak pengiriman Juni 2017 di ICE Future Exchange tercatat mencapai US$73,85 per metrik ton, atau tergerus sekitar 0,81 persen dalam sepekan terakhir di Mei lalu.

Sofyan enggan menyinggun soal proyeksi beban keuangan perusahaan rentang enam bulan ke depan. Dia menyebut dalam jangka waktu enam bulan ke depan, pemerintah telah memutuskan untuk menahan tarif listrik berkapasitas 900 VA, sehingga tak akan ada kenaikan listrik sampai akhir tahun.

"Kalau kami lihat memang nampaknya kami bisa tahan sampai akhir tahun (dengan kebijakan pemerintah menahan tarif)," kata Sofyan.
http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20170625162642-92-224129/pln-proyeksi-turun-laba-rp19-triliun/

=======

Turun gan.....walaupun nastaik udah pake yang 2200 KV laba PLN proyeksi turun laba

emoticon-Turut Berduka
0
2.3K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.