Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fulbrightAvatar border
TS
fulbright
Efek Samping Amoxicillin bagi Kesehatan Tubuh
Amoxicillin merupakan salah satu dari banyaknya jenis obat antibiotic yang termasuk ke dalam golongan penicillin yang memiliki manfaat bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit. Akan tetapi Amoxicillin ternyata juga memiliki beberapa efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Masih orang yang belum tahu dan bahkan sama sekali tidak memperhatikan tentang efek samping Amoxicillin terutama jika digunakan dalam dosis yang terlalu berlebihan atau terlalu sering mengkonsumsi Amoxicillin.

Efek Samping Amoxicillin bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa efek samping Amoxicillin bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui jika terlalu sering mengkonsumsinya atau terlalu banyak dikonsumsi:

Susah Tidur
Susah tidur menjadi satu dari banyaknya efek samping Amoxicillin yang paling terlihat jelas. Sedangkan susah tidur atau kita sering menyebutnya dengan insomnia jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh, dan ketika seseorang bisa tidur maka mereka akan cepat sekali terbangun. Dan jika sudah begitu, waktu tidur normal mereka sudah jelas berkurang.

Cepat merasa Lelah

Penggunaan Amoxicillin akan menyebabkan seseorang akan cepat merasa lelah meskipun mereka tidak terlalu banyak beraktifitas atau tidak dalam keadaan yang sibuk. Kondisi akan menyebabkan tubuh terasa seperti lemah sekali, dan ini bisa jadi pertanda bahwa orang tersebut kesehatannya sedang mengalami gangguan. Efek samping Amoxicillin yang seperti ini sangat jarang sekali terjadi, tapi kemungkinan akan terjadi dalam kondisi tertentu.

Mudah mengalami Perdarahan

Bukan berarti setelah mengkonsumsi Amoxicillin lantas akan langsung terjadi pendarahan, akan tetapi dengan terlalu sering mengkonsumsi Amoxicillin tanpa resep dari dokter maka tubuh akan resiko mengalami pendarahan akan sangat besar sekali ketika terjadi sesuatu pada tubuh orang tersebut, misalkan ketika terjadi goresan pada permukaan kulit, yang seharusnya tidak sampai berdarah bisa terjadi pendarahan, dan lain-lain.

Sariawan

Sariawan ternyata juga menjadi salah satu akibat dari terlalu banyaknya mengkonsumsi Amoxicillin meskipun kasus ini tidak begitu sering terjadi, akan tetapi efek berkurangnya vitamin C di dalam tubuh menjadi bukti bahwa potensi seseorang mengalami panas dalam akan semakin besar jika terlalu banyak mengkonsumsi Amoxicillin.

Mual

Mual-mual yang disertai muntah kerapkali dialami oleh wanita yang mengkonsumsi Amoxicillin secara berlebihan (teralu lama mengkonsumsi Amoxicillin ). Mual-mual termasuk resiko yang tergolong ringan dan tidak begitu berdampak pada kesehatan tubuh seseorang, akan tetapi rasa mual ini jelas sekali akan sangat mengganggu.

Diare

Lebih berat lagi setelah mual biasanya seseorang yang mengkonsumsi Amoxicillin akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Penyakit diare ini biasanya muncul beriringan dengan efek samping Amoxicillin seperti mual dan muntah tadi. Walaupun masih tetap tergolong ringan akan tetapi tetap saja kita sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Kerusakan Hati

Untuk efek samping Amoxicillin yang lebih berat lagi adalah terjadinya kerusakan hati. Kerusakan yang dialami oleh organ hari ini biasanya akan terjadi pada mereka yang menggunakan Amoxicillin dalam jangka waktu yang panjang dan ini biasanya sama sekali tidak disadari oleh seseorang. Dan sering terjadi pada mereka yang gemar mengkombinasi obat Amoxicillin dengan obat lainnya seperti obat yang mengandung asam klavunalat.

Itulah beberapa efek samping Amoxicillin yang perlu kita ketahui dan perlu kita perhatikan baik-baik agar suatu saat nanti kita tidak lagi gegabah dalam penggunaan obat Amoxicillin. Efek samping Amoxicillin yang sudah disebutkan diatas tadi adalah kasus efek samping yang sudah pernah terjadi dan beberapa diantaranya justru sangat sering terjadi pada seseorang.

https://www.harianpost.co.id/22533/efek-samping-amoxicillin-bagi-kesehatan-tubuh/

sekalian mau nanya nih sama yang ngerti..

apa bedanya obat generik dan obat paten? katanya obat generik sama aja khasiatnya dengan obat paten..

katanya lagi, obat paten mahal karena banyak dokter yg merangkap sales obat dan merk paten obat yg mahal..

tapi ane secara pribadi kok agak kurang percaya ya, obat jantung pakai bpjs di apotek harganya cuma 43ribu..

sedangkan kalau obat paten ane beli sekitar 890ribu sampai 1,3juta per 2 minggu..

melihat perbandingan harga yg begitu jauh, apakah benar obat generik sama khasiatnya dengan obat paten gan?

kok kaya ga masuk akal ya, please bantu gan, makasih ya yg mau jawab
0
13.7K
61
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.