Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sisca1234Avatar border
TS
sisca1234
Kisah Inspiratif: Menghargai Berkah
Pada zaman dahulu, di Tiongkok propinsi Hangzhou terdapat sebuah desa yang memiliki tanah yang subur. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di desa itu adalah bertani, sehingga mereka pun hidup makmur. Di desa itu terdapat seorang saudagar kaya yang bernama Han sen, dia memiliki puluhan hektar tanah persawahan. Oleh karena keuletan dan kebaikannya, ia dikarunia hasil sawah yang berlimpah ruah. Walau kaya, Han sen tidak pernah lupa daratan. Ia tetap hidup bersahaja dan sangat mematuhi semua nasehat yang diberikan ayah dan ibunya.


Tetapi amat disayangkan, Han sen memiliki seorang istri yang boros yang bernama Mei su. Mungkin telah menjadi kepribadian keluarga istrinya, setiap makan nasi pasti tidak habis dan sisa nasi di piring dibuang begitu saja. Nasehat Han sen selama 2 tahun tidak pernah dihiraukan oleh istrinya, dia hanya beralasan bahwa di gudang beras mereka masih banyak cadangan beras. Lagi pula, nasi yang dibuangnya cuma sedikit saja.


Para leluhur mengatakan “Tuhan tak akan memberikan berkah kepada umat yang tidak dapat menghargainya.”


Tidak selamanya langit itu cerah. Pada suatu ketika sawah Han sen diserang hama wereng yang mengakibatkan tanaman padinya rusak semua. Empat kali penanaman dilakukan dan semuanya gagal panen akibat hama wereng yang mengganas. Persediaan beras di gudang pun mulai habis. Han sen sekeluarga mulai menghemat dengan memakan bubur setiap hari, kecuali Mei Su yang tidak tahan makan bubur selama 2 minggu. Melihat suaminya yang telah bangkrut, ia pun memiliki rencana untuk meninggalkan suaminya. Segala alasan mulai dijadikan sebagai bahan untuk bertengkar agar berpisah. Bahkan terakhir Mei su mulai mencari masalah dengan kedua orangtua Han sen.


Pada suatu pagi, ketika Mei Su telah siap-siap untuk meninggalkan rumah, Han sen mengajaknya untuk mengunjungi tanah persawahan mereka sejenak. Karena ada sesuatu yang akan diperlihatkan Han sen kepada istrinya sebelum mereka berpisah. Ditengah-tengah area persawahan milik Han sen itu terdapat sebuah peternakan ayam yang luas sekali. Ribuan ekor ayam di ternak disana untuk diambil dagingnya dan sebagian lagi diambil telurnya.


Mei su : “Peternakan siapakah ini?”


Han sen : “Peternakan ini berasal dari nasi yang kamu buang selama 2 tahun, istriku.”


Mei su : “Bagaimana mungkin? Nasi yang kubuang sedikit saja setiap hari. Bagaimana bisa menjadi peternakan ayam seluas ini?”


Han sen : “Pada mulanya saya membeli 4 ekor ayam betina dan 1 ekor ayam jantan. Kemudian ke 5 ekor ayam itu saya perlihara di belakang rumah kita dengan diberi sisa nasi yang kamu buang tiap hari. Kemudian ayam itu bertelur dan menetaskan anak ayam, sehingga ayam kita bertambah terus. Sebagian ayam kujual untuk membeli makanan mereka dan sebagian nasi yang kamu buang secara rutin kuberikan pada ayam kita. Demikianlah usaha peternakan ini saya kelola dan berkembang terus sampai hari ini.”


Melihat suaminya ternyata tidak bangkrut, Mei Su ingin kembali kepada suaminya lagi. Han sen bersedia menerima istrinya kembali, tapi dengan satu syarat, yaitu
BILA SE-EMBER AIR SETELAH DI SIRAM KELUAR DARI RUMAH DAPAT DIKUMPULKAN KEMBALI, barulah Han sen dapat menerima istrinya kembali. Mungkinkah? Bersalahkah Han sen yang tidak bersedia menerima istrinya kembali?


Sobat Souja,


Suami-istri yang baik adalah orang yang selalu bersama kita, baik dalam kesusahan maupun dalam kesenangan. Siapapun yang tetap setia bersama kita, walaupun ketika susah, HARGAILAH dan hormatilah dia sepanjang masa. Bagaimana jika orang yang hanya bersedia bersama kita di saat senang saja? Pantaskah ia dihargai dan dihormati?

Sumber : https://soulofjakarta.com/index.php?...21&id=MTMwMDQ= (soulofjakarta.com)
0
652
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.