andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Solar Egg, Sauna Berbentuk Telur Raksasa di Swedia

Via riksbyggen.se



Kiruna adalah kota paling utara di Swedia yang letaknya dekat dengan lingkaran Arktik. Di kota ini, kita dapat mengunjungi salah satu tempat sauna yang unik yang dinamai Solar Egg. Sesuai namanya, Solar Egg merupakan fasilitas sauna yang berbentuk telur keemasan dan berdiri di Luossabacke, Kiruna.

Solar Egg merupakan karya dari seniman Bigert & Bergstrom. Kisah pembuatan Solar Egg ini terkait dengan rencana perpindahan lokasi Kota Kiruna.
Spoiler for Solar Egg:

Kota Kiruna kaya dengan hasil alam berupa bijih besi, yang merupakan salah satu sumber pendapatan terpenting Swedia. Namun karena pertambangan bijih besi yang terus dilakukan, dan menyebabkan deformasi tanah, demi keamanan maka Kota Kiruna harus dipindahkan sejauh 3,2 km ke arah timur dari lokasi saat ini.
Spoiler for Kiruna dalam map:

Perpindahan tersebut tentunya membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit. Hal ini pun tak ayal memicu perdebatan. Kemudian muncul inisiatif untuk membuat sebuah tempat di mana warga setempat dan pengunjung kota dapat berdiskusi terkait masa depan Kiruna.

Akhirnya, Bigert & Bergstrom mendesain Solar Egg, sebuah bangunan dengan bagian dalam dibuat seperti sauna. Orang-orang bisa datang kemari untuk saling bertemu, menuangkan pikiran tentang Kota Kiruna sambil sauna.
Spoiler for :

Kehadiran sauna Solar Egg ini pun dianggap tepat karena lokasi Kiruna yang suhunya dingin, maka di dalam telur raksasa mereka bisa mencari kehangatan. Sauna unik ini berukuran 588x567x455 cm. Bagian interiornya, terbuat dari batu, kayu, kuningan, dan kaca, lengkap dengan LED dan panel surya sehingga disebut ramah lingkungan. Suhu di bagian dalam dapat mencapai 75-85 derajat Celcius. ​
Spoiler for :

Bagian dalamnya bernuansa kayu dengan tempat duduk yang muat untuk 7 sampai 8 orang. Di bagian tengahnya dipasang penghangat sauna yang berbentuk seperti jantung. Untuk operasionalnya, Solar Egg menggunakan tenaga matahari, terdapat 69 panel stainless steel dan lapisan titanium berwarna emas.
Spoiler for :

Dengan bentuknya yang unik dan instagramable, tak hanya warga lokal tapi juga turis tertarik datang ke sana. Sejumlah operator tur pun telah memasukkan Solar Egg dalam itinerarywisata midnight sun alias fenomena matahari tengah malam di kawasan Kiruna.
Spoiler for :

Kita bisa merasakan sensasi jalan-jalan di tengah malam, namun mentari masih bersinar dan langit pun terang. Tak lupa pula foto-foto dengan latar telur raksasa yang tak biasa itu.
Spoiler for :

Akan tetapi, Solar Egg rencananya hanya akan dipasang di Kiruna hingga September 2017. Selanjutnya akan dipindahkan ke spot dengan pemandangan indah lainnya di kawasan Arktik.


Baca juga:
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto, Jepang
7 Penjara di Dunia yang Mewah dan Nyaman

Diubah oleh andrianusho 22-06-2017 05:03
0
19.3K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.